Home Kredit Pengertian Kartu Kredit dan Manfaatnya

Pengertian Kartu Kredit dan Manfaatnya

by Lara Nifa
kartu kredit adalah

Apakah Anda salah satu pengguna kartu kredit? Kartu yang satu ini sendiri juga banyak digunakan oleh masyarakat disamping kartu debit. Perbedaan keduanya pun sangatlah banyak, yaitu dari sistem transaksi yang dijalankan. Apabila kartu debit akan langsung memotong saldo rekening, sedangkan credit card ini lebih ke sitem beli sekarang dan bayar nanti. Lalu, apa pengertian sebenarnya dan manfaat dari credit card? Simak ulasannya dalam artikel.

Pengertian Kartu Kredit

Credit card adalah sistem alat pembayaran yang bersifat modern, di mana pengguna tidak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk membayar. Sehingga cukup dengan credit card, maka konsumen dapat membayar barang atau jasa tanpa perlu memiliki uang cash. Bentuk dari kartu ini mirip seperti KTP atau SIM, sehingga tetap aman disimpan dalam dompet.

Tidak seperti kartu debit, credit card ini tidak akan memotong saldo rekening ketika transaksi. Namun, bank akan memberikan limit tiap bulannya yang dapat dipilih oleh konsumen. Limit ini adalah batasan transaksi yang harus konsumen perhatikan agar tidak over limit dan malah membuat credit card terblokir.

Biasanya bank akan memberikan limit credit card tergantung dari pendapatan dari konsumen. Untuk pembayarannya akan ditagih setiap bulan pada tanggal tertentu, di mana konsumen harus bisa melunasi semua transaksi beserta dengan biaya lainnya.

Manfaat Kartu Kredit

Credit card memang menjadi salah satu alat pembayaran yang paling banyak digunakan pada saat ini. Hal ini tidak lepas dari manfaat yang dirasakan oleh penggunanya. Bahkan ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati pemilik credit card. Berikut ini adalah manfaat dari credit card:

  • Bisa dipakai berbelanja online

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari penggunaan credit card ini adalah dapat dipakai untuk berbelanja online. Tidak seperti kartu debit yang hanya bisa digunakan untuk transaksi langsung, credit card memudahkan Anda untuk bisa berbelanja online. Anda pun dapat berbelanja di e-commerce Indonesia dan luar negeri.

  • Belanja sekarang bayar nanti

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sistem dari credit card ini adalah belanja sekarang dan dibayar nanti. Hal ini tentu saja akan menjadi keuntungan untuk Anda ketika membutuhkan barang atau jasa yang sangat diperlukan dan tidak memegang uang. Anda bisa membayar nanti ketika masa jatuh tempo setiap bulannya.

  • Bisa mencicil

Bila debit card harus membayar secara langsung dan tidak bisa dicicil, credit card ini memudahkan Anda untuk bisa mencicil setiap bulannya. Contoh paling mudah adalah ketika Anda ingin membeli barang yang sekiranya mahal dan uang yang dimiliki tidak cukup, maka dapat menggunakan credit card, lalu pembayarannya akan dilunasi dengan cara mencicil.

Sehingga ketika benar-benar membutuhkan barang atau jasa dan tidak memiliki uang yang cukup, Anda dapat menggunakan fasilitas credit card ini. Anda hanya perlu membayar cicilan saja setiap bulannya sesuai dengan tarif yang dikenakan.

  • Bisa digunakan di luar negeri

Ketika Anda sedang berada di luar negeri, penggunaan kartu kredit pun sangatlah disarankan. Credit card memberikan kemudahan ketika Anda berada di luar negeri, di mana kartu ini bisa dipakai untuk seluruh transaksi tanpa perlu menukarkan uang. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi untuk mencari money charger untuk bisa berbelanja di luar negeri.

  • Bisa membayar tagihan

Manfaat selanjutnya dari credit card ini adalah bisa membayar apapun dengan lebih cepat dan mudah. Anda pun bisa membayar tagihan apapun, seperti listrik, telepon, internet, pulsa dan lain sebagainya. Sehingga Anda pun tidak perlu khawatir lagi ketika masa pembayaran tagihan sudah dekat. Cukup menggunakan credit card, tagihan pun akan lunas.

Tips Menggunakan Credit Card agar Tidak Overlimit

pengertian kartu kredit

Dari manfaat yang diberikan, maka sudah bisa diambil kesimpulan bahwa credit card ini memberikan banyak sekali kemudahan. Tapi, jika Anda menggunakan berlebihan maka bisa saja credit card ini over limit dan menjadi beban. Sehingga, Anda perlu tahu tips menggunakan credit cart agar tidak overlimit berikut ini:

  • Gunakan sesuai dengan kebutuhan

Tips pertama adalah dengan menggunakan credit card ini sesuai dengan kebutuhan. Anda harus ingat bahwa credit card adalah utang yang harus Anda bayaran tepat waktu. Maka dari pada itu, agar tidak terjadi overlimit, lebih baik Anda benar-benar menggunakan untuk hal yang tidak terlalu penting.

  • Tetap pakai perencanaan

Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh pengguna credit card adalah tidak mempunyai rencana keuangan. Hal ini karena adanya kemudahan yang diberikan, sehingga penting sekali untuk Anda tetap memiliki perencanaan keuangan yang menggunakan credit card. Semisalnya, Anda hanya memakai kartu ini untuk membayar tagihan pasti tiap bulannya.

Itulah penjelasan singkat dari pengertian kartu kredit serta dengan manfaat dan tips untuk menggunakannya. Meski memiliki banyak manfaat, tapi tetap saja Anda harus dapat mengatur keuangan dengan baik, karena bila Anda memakai credit card secara berlebihan sudah pasti akan membebani keuangan Anda.

Related Posts