Home Tabungan Pengertian Kartu Debit dan Manfaatnya

Pengertian Kartu Debit dan Manfaatnya

by Lara Nifa
pengertian kartu debit

Anda pasti sering mendengar tentang kartu debit atau bahkan menggunakannya. Kartu yang satu ini akan diberikan apabila Anda membuka rekening. Sering kali kartu ini menjadi pengganti uang sebagai alat pembayaran. Sehingga, tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah banyak. Meski kita semua sudah memahami kegunaan utama dari kartu ini, tapi belum mengetahui lebih jauh tentang pengertian serta manfaatnya. Ikuti terus ulasannya di bawah ini, ya.

Pengertian Kartu Debit

Debit card adalah jenis kartu pembayaran secara elektronik dan hanya bisa diterbitkan oleh bank. Penggunaan dari kartu ini sendiri dibatasi sesuai dengan saldo yang adalah rekening bank yang menerbitkan credit card ini.

Hal ini tidak lepas dari prinsip utama debit card, di mana pihak bank akan langsung melakukan pemotongan saldo dalam rekening jika ada transaksi yang dilakukan. Sehingga ada baiknya, Anda memperhatikan sisa saldo yang ada ketika ingin melakukan transaksi. Karena jika saldo dalam rekening sudah tidak cukup, transaksi akan gagal.

Namun, perlu Anda ingat bahwa debit card ini memiliki biaya yang akan dikenakan. Sehingga perlu sekali Anda perhatikan besaran biaya administrasi yang akan dikenakan setiap bulan. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena setiap transaksi dan biaya tersebut akan tercatat dalam rekening. Jadi, Anda tetap bisa melihat jumlah pengeluaran dalam sebulan.

Manfaat Kartu Debit

kartu debit

Tidak dapat dipungkiri dengan adanya debit card ini banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh masyarkat. Apalagi dalam urusan perbankan yang semakin cepat dan mudah. Lalu apa saja manfaat yang didapatkan dari debit card ini? Berikut ini adalah manfaatnya:

  • Praktis dan mudah

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan debit card adalah sangat mudah serta praktis. Anda tidak perlu lagi mengantri ke kantor cabang untuk bisa mengambil uang, di mana mesin ATM sebagal alat pengambilan uang pun sudah tersebar luar.

Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat dengan mudah berbelanja di merchant manapun dengan menggunakan debit card ini. Anda juga tidak perlu lagi membawa cash dalam jumlah yang banyak,  karena bisa tarik tunai kapan saja dan di mana saja. Caranya pun sangatlah mudah dan cepat, sehingga Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk mengambil uang.

  • Tidak dikenakan biaya tahunan

Berbeda dari credit card yang memiliki biaya tahunan yang perlu dibayarkan dan jumlahnya pun terbilang tinggi. Debit card ini tidak akan dikenakan biaya tahunan dan berlaku selamanya. Anda pun tidak akan dikenakan biaya tambahan ketika ingin melakukan penarikan uang, terkecuali menggunakan mesin ATM dari bank lain.

  • Tidak ada cicilan yang akan dikenakan

Manfaat lain dari debit card adalah Anda tidak akan dikenakan biaya cicilan seperti pada credit card. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa transaksi menggunakan debit card akan secara otomatis memotong jumlah saldo yang ada di rekening milik Anda. Ini artinya, Anda berbelanja dengan membayar tunai, tapi tidak menggunakan uang.

Hal ini tentu akan sangat membantu Anda untuk terhindar dari hutang. Dengan menggunakan debit card, Anda juga akan berhati-hati dalam bertransaksi. Sehingga pengeluaran per bulan dapat terkontrol dan Anda tidak akan terbebani dengan cicilan seperti pada credit card.

  • Aman

Manfaat dari debit card selanjutnya adalah Anda mendapatkan perlindungan keamanan yang lebih baik. Walaupun sudah menggunakan sistem yang canggih, terkadang debit card masih bisa dibobol atau digunakan dalam penipuan.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat melakukan pelaporan baik ke pihak bank dan polisi secara lebih cepat. Bank pun akan bertindak dengan cepat saat adanya pelaporan sehingga masalah pun bisa terselesaikan dengan cepat.

  • Bisa transfer uang tunai

Debit card pada saat ini tidak hanya bisa untuk mentransfer dana dari rekening ke rekening saja. Seluruh bank di Indonesia memiliki mesin baru yang sering disebut Setor Tunai. Mesin yang satu ini bisa membantu Anda melakukan transfer tunai secara langsung dan hanya dengan menggunakan debit card.

Jadi Anda tidak perlu repot lagi ke kantor cabang untuk memasukan uang ke dalam rekening baru transfer. Cukup datang ke ATM setor tunai terdekat, membawa uang yang akan ditransfer dan lakukan transaksi, maka uang pun sudah sampai ke rekening tujuan dengan cepat. Selain menghemat waktu, transaksi ini tidak akan dikenakan biaya apapun.

  • Transaksi dalam jumlah besar

Tidak hanya itu saja, dengan debit card ini pun bisa membantu Anda untuk melakukan transaksi dalam jumlah besar lebih aman. Transaksi dengan menggunakan debit card ini memiliki maksimal hingga puluhan bahkan ratusan juta. Sehingga Anda pun bisa mengirimkan uang dengan lebih aman dan cepat.

Itulah penjelasan pengertian dari kartu debit beserta manfaatnya. Debit card sekarang ini memang lebih banyak dipilih karena lebih cepat dan mudah. Bahkan keamanan pun sangatlah tinggi, sehingga masyarakat tidak perlu takut lagi untuk bertransaksi.

Related Posts