Home Bisnis dan Usaha Pengertian Jasa Ekspedisi

Pengertian Jasa Ekspedisi

by Lara Nifa
pengertian jasa ekspedisi

Tidaklah asing jika mendengar kata Ekspedisi, karena selama pandemi ini banyak sekali konsumen yang menggunakan jasa ekspedisi, untuk mengirim atau menerima paket pesanannya. Pada awal tahun 2020 atau ketika awal pandemi, Ekspedisi sangat meningkat karena hampir semua lini E-commerce menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan produk yang mereka jual kepada masyarakat. 

Pada tahun 2021 pelayanan ekspedisi yang meningkat membuat banyak sekali tumbuhnya brand atau start-up ekspedisi baru yang menggandeng langsung E-commerce untuk mengembangkan bisnisnya. Secara Ekspedisi harfiah merupakan kegiatan jasa untuk mengirimkan barang atau produk ke lokasi tertentu yang dikehendaki oleh konsumen. Tujuan dari ekspedisi adalah mempermudah penjual untuk mengantarkan produk kepada konsumen dengan aman dan jarang sekali sampai produk yang dikirimkan mengalami kecacatan, bahkan sampai hilang, karena mayoritas ekspedisi sudah dilengkapi dengan garansi barang yang dikirimkan. 

Kurir suatu ekspedisi akan menjemput barang dari pihak penjual lalu akan dikirimkan ke gudang pengepulan ekspedisi, setelah di data dan dicek antara alamat pengirimnya sudah benar, maka selanjutnya pihak ekspedisi akan mengirimkan kepada konsumen sesuai alamat yang tertera. Layanan jasa ekspedisi memiliki beberapa layanan khusus untuk konsumen, apa saja layanan khususnya, uraiannya sebagai berikut:

Cash on delivery (COD)

Layanan cod merupakan layanan yang paling sering dipakai oleh konsumen, karena layanan cod ini bisa melakukan pembayaran ketika barang atau produk sampai di alamat tujuan.

Layanan One day Service (ONS)

Layanan selanjutnya adalah ons yang merupakan layanan Premium untuk konsumen lebih cepat menerima barang atau produk yang dibeli, Ons sendiri memiliki garansi sehari sampai. Tetapi layanan ini belum mencakup daerah-daerah yang memiliki akses sulit, sehingga harus menggunakan moda transportasi khusus, misalnya speedboat, mobil tracker, pesawat lokal.

Layanan Reguler

Layanan yang terakhir adalah layanan reguler dan layanan paling banyak digunakan konsumen yang tidak terburu-buru pesanan produknya datang, layanan ini bisa menghabiskan 3-4 hari kerja untuk sampai ke alamat konsumen.

Cara Kerja Jasa Ekspedisi secara Umum

Setiap perusahaan yang berkecimpung dalam jasa ekspedisi biasanya memiliki cara kerja yang wajib dilakukan, secara umum hampir semua perusahaan jasa ekspedisi menggunakan cara kerja yang sama. Akan tetapi beberapa ekspedisi memiliki cara khusus supaya memenuhi kepuasan konsumen dengan menggunakan ekspedisi suatu perusahaan tersebut. Prosedur- prosedur atau cara kerja ekspedisi untuk memuaskan konsumen secara umum diuraikan dibawah ini :

  1. Prosedur barang yang akan dikirim
    Layanan ini lebih mengutamakan keamanan barang yang akan dikirim ke konsumen. Barang-barang yang dikirim pastinya bukan barang yang bisa terkait pelanggaran hukum dan menyesuaikan standar pengiriman ekspedisi tersebut.
  2. Prosedur pengemasan barang (packing)
    Layanan ini lebih mengutamakan berat dan jenis barang atau produk yang dikirimkan penjual kepada konsumen. Barang yang akan dikemas biasanya memiliki prosedur yang berbeda beda, karena untuk menghindari kerusakan pada saat perjalanan menuju alamat tujuan konsumen. Biasanya barang yang harus menjalani prosedur khusus adalah jenis barang pecah belah, cairan makanan dan sejenisnya. Pada dasarnya hal ini dilakukan untuk prosedur khusus saja, tidak semua ekspedisi mau mengambil resiko untuk mengirim barang-barang tersebut.
  3. Prosedur pengiriman Dokumen penting
    Layanan pengiriman ini lebih mengutamakan ke dokumen penting dan dokumen yang bersifat administrasi, misalnya surat dari pemerintahan, surat bea cukai dan surat- surat penting lainnya. Prosedur yang dilakukan ekspedisi untuk dokumen penting biasanya akan sedikit tidak mudah, karena pihak ekspedisi akan bertanya secara detail dan tidak bisa langsung dikirim. Hal ini dilakukan untuk keamanan dokumen yang akan dikirimkan ke konsumen.
  4. Prosedur Transportasi yang digunakan
    layanan ini dimaksudkan untuk barang atau produk yang akan dikirimkan sesuai jenisnya, misalnya jika barang yang berat lebih dari 10kg biasanya akan menggunakan moda transportasi roda empat atau lebih, sedangkan barang-barang yang ringan akan menggunakan kendaraan roda dua saja.

Jenis-Jenis Perusahaan Ekspedisi

Layanan Ekspedisi

Melalui Pengiriman DaratPengiriman ekspedisi ini sudah tidak asing lagi, karena mayoritas pengiriman barang yang dilakukan perusahaan ekspedisi menggunakan jalur darat. Biasanya pengiriman ini tergolong paling cepat dan paling aman, karena tidak memakan waktu yang lama dan kepuasan konsumen terjamin. Akan tetapi barang yang dikirim ekspedisi melalui jalur darat memiliki jangkauan yang terbatas.

Layanan Ekspedisi Melalui Pengiriman Laut

Layanan ekspedisi ini biasanya untuk pengiriman barang keluar pulau, misalnya pengiriman barang dari pulau Jawa ke Pulau Kalimantan dan sebagainya. Pengiriman melalui jalur laut, bisa mencakup ke seluruh Indonesia dan tidak bisa dipastikan secepat pengiriman melalui udara ataupun darat. Biasanya pengiriman lewat jalur laut adalah barang-barang yang sangat berat, seperti kendaraan, logistik, kebutuhan pabrik-pabrik dan sebagainya.

Layanan Ekspedisi Melalui Pengiriman Udara

Layanan ekspedisi ini biasanya untuk konsumen yang ingin barang yang dibeli datang dengan cepat, seperti dokumen-dokumen penting, sample produk untuk perusahan. Hal ini dikarenakan jalur udara menjadi pilihan terbaik untuk konsumen, akan tetapi harga ongkos kirim juga sangat berbeda jauh dengan jalur darat maupun jalur laut dan juga barang yang dikirim sangat dibatasi, sesuai kapasitas maskapai penerbangan.

Nah, itulah penjelasan lengkap dan pengertian dari Ekspedisi, Anda bisa menggunakan perusahaan jasa ekspedisi seusia kebutuhan yang diinginkan, ya! 

Related Posts