Home Bisnis dan Usaha Pengertian Investasi Dan Jenis Investasi Bagi Pemula

Pengertian Investasi Dan Jenis Investasi Bagi Pemula

by Lara Nifa
investasi adalah

Investasi merupakan istilah yang tidak asing lagi. Investasi sendiri adalah upaya untuk menanamkan dana atau modal dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan atau yang disebut dengan return di masa depan. Sedangkan investasi menurut OJK yaitu penanaman modal dalam jangka panjang untuk pembelian suatu saham maupun surat berharga yang dapat memberikan keuntungan.

Banyak contoh dari investasi seperti, saham, deposito, obligasi, sukuk, menabung, asuransi serta reksa dana. Bentuk lain dari investasi dapat berupa seperti pembelian tanah, menjalankan suatu bisnis atau juga dapat menggunakan emas dan perhiasan.

Investasi dapat dilakukan untuk individu dan badan usaha contohnya seperti perusahaan. Secara sederhana pengertian investasi yaitu mengembangkan uang atau juga dapat menggunakan aset lain untuk memberikan investor tersebut keuntungan dalam mencapai tujuan tertentu.

Tujuan yang dimaksud seperti halnya dengan keinginan untuk membuka usaha, membangun rumah, menyekolahkan anak dan sebagainya.

Jenis investasi yang cocok untuk pemula

Sebagai orang yang masih awam , tidak sedikit yang beranggapan apabila melakukan investasi perlu menggunakan modal besar. Namun, ada banyak dari jenis investasi yang cocok untuk pemula dengan menggunakan modal yang tidak terlalu besar seperti 50 ribu.

pengertian investasi

Dengan modal kecil tersebut, Anda sudah dapat memulai investasi kapanpun. Semakin cepat Anda melakukan investasi maka keuntungan yang nantinya akan didapatkan juga menjadi lebih banyak. Ada beberapa produk berinvestasi yang populer contohnya seperti, reksadana, saham, emas hingga deposito.

Selain itu juga, jenis dari investasi yang cukup menguntungkan yaitu P2P Lending, Surat Berharga Negara, hingga Forex. Apabila Anda masih merasa ragu, berikut ini beberapa rekomendasi dari jenis investasi yang cocok, aman dan terpercaya untuk para pemula.

Deposito

Jenis investasi yang pertama yaitu deposito. Deposito adalah produk investasi berjangka dan keuntungannya dapat diperoleh dalam waktu tertentu, mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan. Keuntungan yang diperoleh dari deposito memiliki varian yang berbeda, tergantung pada kebijakan dari masing-masing bank. Keuntungan yang biasa diperoleh yaitu mulai dari 4-7 persen dalam 1 tahun dengan memiliki pajak sebesar 20 persen untuk deposito yang memiliki jumlah lebih dari 7 juta.

Investasi jenis deposito ini cukup populer serta banyak dipilih oleh para investor karena merupakan jenis investasi yang aman serta minim akan resiko. Selain itu deposito dibilang aman oleh sebab telah dijamin oleh LPS. Jika bank tempat Anda menyimpan deposito tersebut bangkrut Anda tidak perlu cemas, karena Anda akan mendapatkan dana deposito tersebut dengan utuh dari LPS.

Deposito cocok jika digunakan berinvestasi untuk jangka waktu pendek, contohnya digunakan untuk dana persalinan atau dana pendidikan anak , karena hal tersebut tidak memiliki jangka waktu yang terlalu lama.

Reksadana

Reksadana adalah suatu instrumen investasi cukup populer dan juga menjadi tren dikarenakan investor dapat melakukan investasi mereka hanya dengan modal yang rendah serta mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan dan dapat mencapai sebanyak 20 persen dalam 1 tahun.

Kemudian uang yang diinvestasikan tersebut akan dikelola manajer investasi profesional. Caranya yaitu dengan menyebar modal dari uang yang diinvestasikan tadi melalui pasar uang agar mendapatkan keuntungan. Walaupun keuntungan yang akan didapatkan cukup besar, namun hal tersebut tergantung pada harga instrumen investasi pada pasar uang. Apabila sedang mengalami penurunan, maka modal yang telah disetor sebelumnya dapat berkurang.

Pada saat ini telah tersedia banyak investasi reksadana online bagi pemula yang dapat dipilih serta dikelola dengan cara yang mudah. Apabila ingin memperoleh return besar, maka dapat menggunakan reksadana saham dimana memiliki risiko yang sedikit lebih tinggi. Kemudian pastikan untuk memilih manajer investasi yang terbaik dengan cara melihat track record manajer tersebut.

Saham

Investasi jenis saham juga dapat menjadi sebuah pilihan dalam berinvestasi dengan baik karena dapat memberikan keuntungan yang besar. Beberapa orang kaya di dunia juga dapat hidup dengan mewah melalui keuntungan dari berinvestasi saham.

Akan tetapi, sebelum hendak memulai berinvestasi saham, pastikan jika telah mempelajari investasi tersebut dengan benar. Jangan sampai Anda berinvestasi saham dengan cara meminjam uang sampai ratusan juta, akan tetapi tidak dapat melakukan pengelolaan yang benar dan dapat mengalami kerugian besar.

Umumnya, para investor pemula akan tergiur oleh keuntungan berinvestasi saham karena memiliki nilai yang tinggi. Oleh karena itulah mereka mengambil tindakan yang terburu-buru dan menginvestasikan semua modal yang dipinjam tanpa melakukan sebuah riset secara detail terlebih dahulu.

Sebelum memasuki pasar saham, pastika terlebih dahulu untuk melakukan sebuah riset mengenai saham serta aturan untuk berinvestasi agar mendapatkan keuntungan. Hal tersebut penting untuk dilakukan dikarenakan saham adalah investasi yang mempunyai resiko tinggi serta penuh spekulasi. Kita dapat memilih jenis dalam investasi saham bagi para pemula yang telah banyak ditawarkan.

Related Posts