Home Perencanaan Pengertian DPLK Adalah dan Daftar Lembaga yang Menyediakan Layanan Tersebut

Pengertian DPLK Adalah dan Daftar Lembaga yang Menyediakan Layanan Tersebut

by Lara Nifa

Bagi kebanyakan orang, perencanaan di hari tua adalah salah satu hal penting. Terlebih lagi dengan adanya perencanaan di hari tua, maka kesejahteraan akan selalu didapatkan. DPLK adalah salah satu program yang dapat Anda ikuti, di mana jaminan di hari tua yang satu ini sangat membantu Anda agar mendapatkan jaminan pensiun. 

Dengan memiliki kepastian akan jaminan pada hari tua, maka sudah pasti akan memberikan rasa aman pada diri Anda. Tidak hanya itu saja, Anda pun juga bisa mendapatkan jaminan kesehatan ketika sudah pensiun. Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan, maka tidak dapat dipungkiri bahwa dana untuk hari tua sangatlah penting untuk direncanakan. 

Pengertian DPLK 

DPLK adalah lembaga yang didirikan oleh asuransi jiwa atau bank untuk memberikan dana jaminan hari tua untuk masyarakat umum. Seperti yang Anda ketahui bahwa seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan maupun instansi pemerintah akan mendapatkan jaminan hari tua. Di mana hal inilah yang mendasari didirikannya lembaga khusus untuk mengatur dana untuk orang yang sudah tidak produktif bekerja lagi. 

Lembaga ini sendiri menyediakan fasilitas bagi perorangan yang bisa diikuti oleh siapa saja, baik karyawan atau pekerja mandiri. Dengan bergabung ke lembaga yang satu ini sendiri, maka kesejahteraan masyarakat dapat merata. Sistemnya sendiri dibangun untuk bisa membantu masyarakat mempunyai rencana di hari tua yang sangatlah penting agar di masa depan tidak ada lagi warga yang kesulitan. 

Manfaat DPLK bagi Masyarakat dan Perusahaan 

Ilustrasi Manfaat DPLK

Adapun beberapa manfaat yang akan diperoleh dari bergabung dengan lembaga dana untuk pensiun ini. Di mana manfaat ini juga akan diterima tidak hanya oleh masyarakat akan tetapi juga perusahaan. Berikut ini adalah manfaatnya: 

  • Mendapatkan tunjangan di hari tua 

Dengan memiliki dana pensiun ini, maka karyawan akan mendapatkan tunjangan di hari tua. Di mana hal ini menjadi salah satu hal yang akan membantu masyarakat mendapatkan kesejahteraan. 

  • Mengurangi pajak penghasilan 

Manfaat selanjutnya dari bergabung dengan lembaga ini adalah mengurangi pajak penghasilan baik untuk karyawan dan juga perusahaan. 

  • Iuran fleksibel 

Dengan bergabung di lembaga ini sendiri maka iuran yang harus dibayarkan oleh pekerja dapat dibagi bersama dengan perusahaan. Di mana perusahaan sendiri juga dapat memberikan iuran yang fleksibel terhadap karyawan. Hal ini tentu saja sangatlah menguntungkan bagi kedua belah pihak. 

Dengan melihat manfaat dari bergabung dengan lembaga ini, maka karyawan baik perusahaan akan mudah untuk merencanakan kesejahteraan. Perusahaan juga akan dimudahkan karena lembaga dana untuk pensiun ini akan mengurus semua keperluan karyawan dalam mendapatkan hak mereka. 

Untuk syarat bergabung sendiri tidak terlalu sulit, di mana yang paling utama adalah Anda seorang pekerja baik sebagai karyawan, profesi, pekerja perseorangan atau wiraswasta yang memang sudah berpenghasilan.  

Daftar Lembaga Keuangan yang Menyediakan DPLK

Untuk bisa mendaftar di lembaga dana pensiun ini, maka Anda harus mengetahui lemaga mana saja yang memang menyediakan fasilitas tersebut. Berikut ini adalah nama-nama lembaga yang menyediakan fasilitas pemberian tunjangan di hari tua untuk Anda: 

  • Bank 

Lembaga pertama yang menyediakan program perencanaan hari tua adalah bank negeri maupun swasta. Seperti Bank Muamalat Indonesia, Bank BNI, Bank Maspion, Bank Rakyat Indonesia dan masih banyak lagi. Anda mungkin dapat bertanya di tempat bank tempat Anda menyimpan uang, apakah menyediakan program jaminan hari tua. 

  • Asuransi Jiwa 

Adapun beberapa lembaga asuransi jiwa yang juga menyediakan program yang satu ini. Beberapa diantaranya adalah Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, Bumiputera, Panin Life, Winterthur Life Indonesia dan masih banyak lagi. Di mana banyak sekali program yang bisa dipilih dan tentu juga memiliki iuran yang mungkin bisa disesuaikan dengan pendapatan yang diperoleh. 

Tidak ada salahnya mulai mendaftar secepatnya agar ketika sudah tidak bekerja lagi, tabungan hari tua dapat digunakan dan Anda bisa hidup dengan lebih nyaman. Selain itu, Anda juga bisa akan merasa lebih giat dalam bekerja supaya tabungan pensiun ini akan siap ketika sudah Anda butuhkan. 

Namun, perlu diingat ketika ingin mendaftar dalam lembaga dana untuk pensiun ini. Di mana harus memilih program yang tepat dan juga sesuai dengan penghasilan yang didapatkan. Selain itu, waktu juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa mempersiapkan lebih cepat maka biaya yang akan dikeluarkan juga tidak besar. Karena program DPLK adalah untuk bisa mendapatkan manfaat penuh dari dana hari tua yang mengharuskan Anda untuk menabung. Sehingga ketika sudah tidak bekerja, masih akan menerima penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga akan membantu Anda untuk bisa menikmati hari tua dengan lebih indah. 

Related Posts