Home Tabungan Pengertian Deposito, Keuntungan dan Kekurangannya

Pengertian Deposito, Keuntungan dan Kekurangannya

by Lara Nifa
deposito BNI

Mencoba untuk memulai investasi tidak ada salahnya, apalagi di waktu sekarang yang memang semuanya harus serba dipersiapkan secara matang termasuk dalam masalah keuangan. Salah satu cara agar Anda dapat memiliki perencanaan finansial adalah dengan deposito BNI. Bank BNI menawarkan kemudahan bagi nasabah yang ingin mempunyai tabungan masa depan dengan mendepositokan dananya. 

Keuntungan Deposito BNI 

Sebenarnya apa saja keuntungan dari deposito di BNI ini? Sebelumnya, mungkin kita harus membahas apa itu deposito. Deposito sendiri adalah produk perbankan yang diperuntukan untuk nasabah yang ingin menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu. Berbeda dengan tabungan biasa yang dapat diambil kapan saja, jenis tabungan deposito ini tidak bisa diambil sebelum masa jatuh tempo. 

Adapun keuntungan yang dapat diperoleh nasabah ketika mendepositokan uang di bank BNI, berikut ini adalah keuntungannya:

  • Suku Bunga Tinggi 

Mendepositokan dana di Bank BNI sendiri akan memberikan keuntungan bagi Anda, di mana suku bunga yang ditetapkan olah bank ini terbilang tinggi. Bunga deposito BNI sendiri memang sudah diketahui paling tinggi diantara bank BUMN lainnya. Tentu saja ini menjadi salah satu pilihan bank yang tepat untuk Anda yang ingin menabung deposito. 

  • Terjamin keamanannya 

Deposito di bank BNI sendiri juga telah diawasi oleh Lembaga Pengawas Simpanan atau LPS, sehingga Anda tidak perlu khawatir dana akan hilang. Di mana ada baiknya untuk mematuhi peraturan dari LPS yang menyarankan masyarakat mendepositokan dana tidak lebih dari 2 milyar rupiah. 

  • Bisa deposito valuta asing 

Keuntungan lain dari produk deposito bank BNI ini adalah Anda bisa menyetorkan dana dalam bentuk valuta asing. Beberapa mata uang asing yang bisa dijadikan dana deposito adalah Dollar Australia, Dollar Amerika, Dollar Singapur, Euro, Yen, Poundsterling dan Dollar Hongkong. Untuk mata uang asing sendiri, bunga deposito BNI juga berbeda dari rupiah. 

  • Bunga deposito dapat dialihkan 

Tidak hanya itu saja, bunga deposito di BNI juga dapat dialihkan langsung ke rekening pokok seperti giro dan tabungan. Anda juga bisa menambahkan bunga tersebut langsung sebagai tambahan di deposito pokok. 

  • Jangka waktu dapat dipilih 

Bank BNI sendiri juga akan menawarkan berapa jangka waktu kepada nasabah. Di mana waktu paling minim adalah 1 bulan dan paling lama adalah 24 bulan. Perlu diperhatikan bahwa setiap jangka waktu memiliki angka bunga deposito yang berbeda-beda. Biasanya semakin lama waktu yang dipilih maka akan semakin besar juga bunga yang didapatkan. 

  • Proses cepat 

Ketika Anda ingin membuka deposito di BNI, maka proses yang ditetapkan pun sangatlah cepat. Cara buka deposito BNI sendiri tidak membutuhkan syarat yang berat, karena Anda hanya perlu mengikuti tahapan yang perlu dilakukan dan dipandu oleh petugas bank tersebut. 

Dari keuntungan tersebut, maka dapat dilihat bahwa deposito dapat menjadi salah satu pilihan investasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Untuk bunga deposito BNI sendiri berbeda-beda tergantung dari jumlah setoran awal dan juga jangka waktunya. 

Suku Bunga Deposito BNI 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa bunga deposito di bank BNI memiliki angka yang berbeda-beda, tergantung dari waktu, jumlah serta mata uang apa yang di depositokan. 

Untuk mata uang rupiah dan deposito dengan nominal dibawah 100 juta, minimal bunga deposito BNI yang didapatkan adalah mulai dari 4,25% hingga 5,5%. Sedangkan untuk jumlah deposito di atas 100 juta bisa mendapatkan bunga hingga 5,5%. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mendepositokan dana dalam bentuk mata uang asing, jika dibawah USD 200.000 maka bunga deposito yang akan diberikan bisa mencapai 5,5% tergantung dari berapa lama jangka waktu yang Anda pilih. Untuk nominal di atas angka tersebut, maka suku bunga bisa mencapai di atas 5%. 

Cara Membuka Deposito BNI 

bunga deposito BNI

Untuk cara buka deposito BNI ini sendiri tidaklah sulit, di mana Anda dapat melihat caranya sebagai berikut ini: 

  • Isi formulir 

Cara pertama untuk membuka deposito di Bank BNI adalah dengan mengisi formulir membuka deposito. Anda tinggal datang saja ke kantor BNI terdekat, di mana nantinya petugas akan memberikan arahan untuk mengisi formulir tersebut. 

  • Siapkan data yang diperlukan 

Cara buka deposito BNI yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan data yang diperlukan. BNI sendiri akan meminta Anda untuk menyerahkan data diri seperti KTP, SIM ataupun Paspor. Jika perlu Anda juga bisa menyerahkan legalitas badan usaha.

  • Setorkan dana 

Apabila kedua proses tersebut sudah selesai, maka nantinya Anda akan diminta untuk menyetorkan dana yang akan dijadikan setoran pokok deposito. Nominalnya sendiri beragam, tergantung dari kesediaan dana nasabah. 

Itulah penjelasan tentang deposito BNI beserta tentang bunga dan cara membukanya. Perlu diingat bahwa ketika Anda mendepositokan uang, maka Anda tidak bisa mengambil dana sebelum jatuh tempo. Jika Anda ingin mengambil dana sebelum jatuh tempo maka akan ada biaya penalti yang harus dibayarkan. 

Related Posts