Home Perencanaan Pengertian Deposito Berjangka, Manfaat Serta Tips Memilih Bank yang Tepat

Pengertian Deposito Berjangka, Manfaat Serta Tips Memilih Bank yang Tepat

by Lara Nifa

Pengertian deposito adalah rekening bank dengan bunga yang memiliki tanggal jatuh tempo dimana sistem penyetorannya nasabah baru hanya boleh menarik uangnya sesuai waktu yang telah disepakati bersama pihak bank. 

Suku bunga yang ditawarkan juga lebih tinggi dibandingkan tabungan pada umumnya dan untuk memperoleh besaran bunga yang ditetapkan, dana yang Anda miliki harus tetap berada di rekening tersebut hingga jatuh tempo. Jadi, semakin lama uang tersebut berada di deposito, maka semakin tinggi pembayaran bunga yang akan Anda terima.

Apa itu deposito berjangka

Deposito berjangka merupakan jenis deposito yang memiliki jangka waktu tertentu dan bisa Anda dapat menentukannya sendiri, waktu yang ditawarkan adalah  3, 6, 12, sampai 24 bulan. Tipe deposito ini juga tidak dapat diambil hingga jatuh tempo sesuai kesepakatan. Seperti jenis simpanan umumnya, deposito berjangka memiliki nominal untuk setoran awal.

Di mana kebijakan dari nominal setoran adalah minimal deposito tentunya berbeda-beda di setiap bank. Tetapi, simpanan deposito pada umumnya mulai dari Rp 8.000.000. Dimana angka tersebut biasanya berlaku bagi semua jenis tabungan deposito, tidak terkecuali untuk deposito berjangka.

Kenapa Harus Deposito Berjangka?

Untuk menentukan investasi memang tidak boleh sembarangan. Karena bergantung tujuan serta kebutuhan yang nanti akan Anda lakukan di masa mendatang. Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila ingin berinvestasi lewat deposito berjangka.

Deposito berjangka merupakan pilihan yang tepat bagi Anda dan nasabah lain yang memang ingin berinvestasi dengan resiko rendah, namun memiliki suku bunga yang tinggi. Bahkan bunga deposito bisa dikatakan lebih besar dari tabungan pada umumnya.

Manfaat Penting dari Deposito Berjangka

Deposito merupakan produk simpanan dengan sistem berjangka dimana penyetoran serta pengembaliannya memang disesuaikan dengan waktu yang telah disepakati bersama antara pihak bank dan nasabah. 

Nah, berikut ini beberapa manfaat penting deposito yang mungkin dapat jadi pertimbangan bagi Anda sebelum menggunakan produk perbankan tersebut.

  1. Deposito aman dan dijamin LPS

Tidak hanya aman dari tindak kejahatan, menyimpan uang berupa deposito dapat memberikan garansi yang lebih baik. Karena simpanan juga telah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir apabila terjadi masalah dikemudian hari, seperti bank dimana Anda menabung mengalami kebangkrutan. Simpanan yang Anda miliki akan tetap aman, karena telah dijamin oleh LPS.

  1. Resiko rendah

Tidak hanya pada masalah keamanan saja, namun juga resiko yang dimiliki oleh deposito termasuk rendah. Mengapa? Karena deposito tidak terpengaruh dengan pergerakan pasar, sistem pengelolaannya telah ditetapkan sebagaimana mestinya oleh perbankan dan tidak akan mengalami perubahan.

  1. Deposito memiliki pendapatan per tenor

Keuntungan selanjutnya adalah bahwa ada pendapatan per tenor, hal ini telah disepakati oleh kedua belah pihak antara Anda (nasabah) dengan bank. Memang benar apabila memiliki simpanan di deposito, Anda tidak dapat menariknya sesuka hati.

Karena di dalam kesepakatan telah ditentukan bila Anda dapat menarik dana tersebut pada saat tertentu saja. Namun, menguntungkannya adalah Anda berhak mendapatkan tambahan tetap yang disebabkan adanya bunga setiap tenornya. 

  1. Investasi lebih mudah

Jika Anda mempunya dana tidak berupa mata uang rupiah, misalnya dollar atau lainnya. Anda tetap bisa berinvestasi. Bahkan beberapa Bank telah memiliki fasilitas bagi nasabah yang ingin berinvestasi menggunakan deposito berjangka menggunakan mata uang asing dari negara manapun.

  1. Manfaat suku bunga

Suku bunga deposito dikenal yang paling kompetitif bila dibandingkan dengan produk tabungan lainnya. Deposito bisa memberikan suku bunga sebanyak 3 (tiga) kali lipat daripada tabungan. Tentunya Anda dapat memanfaatkan hal tersebut agar dana di dalam rekening makin bertambah.

Syarat Membuka Deposito Berjangka  

Apabila Anda tertarik untuk berinvestasi pada produk berupa deposito ini, maka Anda wajib mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut :

  • Membuka rekening deposito berjangka.
  • Menunjukkan identitas diri, seperti KTP/SIM/Paspor
  • Menyetorkan sejumlah uang sebagai modal awal.

Tips Memilih Bank Deposito Terbaik

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda tidak salah dalam memilih bank untuk membuka tabungan deposito. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan :

  • Pilihlah bank dengan reputasi yang baik. Hal ini sangatlah penting karena ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi pastikan apabila bank yang Anda pilih memenuhi standar serta menjamin keamanan.
  • Sesuaikan jangka waktu dari deposito dengan kebutuhan. 
  • Bandingkan suku bunga yang Anda dapatkan antara bank yang satu dengan lainnya.
  • Pertimbangkan pula besar biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah dan kebijakan pajak.
  • Perhatikan fasilitas serta fitur yang ditawarkan oleh pihak bank, misalnya deposito dengan sistem perpanjangan deposito otomatis (ARO) yang memudahkan ketika akan transaksi.

Demikianlah pengertian tentang deposito berjangka beserta manfaat, syarat, dan tips bagi Anda sebelum memutuskan untuk membuka rekening deposito pada bank incaran.

Related Posts