Home Featured Pengertian dari Self Reward dan Manfaatnya Untuk Diri Sendiri

Pengertian dari Self Reward dan Manfaatnya Untuk Diri Sendiri

by Lara Nifa

Self reward adalah suatu bentuk dari pujian atau penghargaan yang diberikan oleh seseorang kepada dirinya sendiri. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan motivasi dan rasa percaya diri pada diri sendiri.

 

Self reward bisa berupa sesuatu yang sederhana, seperti memberikan senyuman kepada diri sendiri setelah menyelesaikan suatu tugas yang sulit, atau memberikan cinderamata kecil kepada diri sendiri setelah mencapai tujuan yang telah ditentukan.

 

Pemberian self reward merupakan suatu cara yang efektif untuk memotivasi diri sendiri dan meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, self reward juga bisa membantu kamu untuk terus berusaha dan bekerja keras demi mencapai tujuan yang kamu inginkan.

 

Namun, perlu diingat bahwa self reward tidak boleh dilakukan secara berlebihan atau terlalu sering. Hal ini bisa menyebabkan seseorang tergantung pada reward tersebut dan mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan tanpa adanya reward.

 

Oleh karena itu, penting untuk menetapkan batasan yang tepat dalam melakukan self reward agar tidak mengganggu keseimbangan dan keberlangsungan hidup seseorang.

Manfaat dari Self Reward Buat Kamu

Self reward atau memberikan hadiah pada diri sendiri merupakan salah satu cara untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan sesuatu atau mencapai tujuan. Self reward tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi, tetapi juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja.

 

Bagi kamu yang sering merasa tertekan atau kewalahan dalam menyelesaikan tugas, self reward dapat menjadi solusi yang tepat untuk memotivasi diri. Selain itu, self reward juga dapat membantu kamu merasa lebih baik tentang diri sendiri dan merasa lebih terpenuhi secara emosional.

 

Namun, penting untuk diingat bahwa self reward tidak selalu harus berupa hadiah material. Kamu juga bisa memberikan hadiah berupa waktu bersantai, mengajak teman atau keluarga untuk berlibur, atau melakukan kegiatan yang kamu sukai.

 

Jadi, jangan ragu untuk memberikan hadiah pada diri sendiri setiap kali kamu merasa telah mencapai sesuatu atau menyelesaikan tugas yang berat. Selain meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi, self reward juga dapat membantu kamu merasa lebih terpenuhi dan bahagia.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari self reward bagi diri sendiri:

1. Meningkatkan motivasi

Memberi hadiah kepada diri sendiri setelah menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan tertentu dapat membantumu meningkatkan motivasi untuk terus berusaha dan bekerja keras.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Self reward juga dapat membantumu meningkatkan rasa percaya diri. Ketika kamu merasa bahwa usahamu dihargai dan diberi apresiasi, maka kamu akan merasa lebih percaya diri dan yakin terhadap kemampuanmu.

3. Menghargai diri sendiri

Selain itu, self reward juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghargai diri sendiri atas usaha yang telah kamu lakukan. Dengan memberi hadiah kepada diri sendiri, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu pantas untuk diberi apresiasi dan penghargaan.

4. Lebih teratur

Self reward dapat membantumu merasa lebih teratur dan terorganisir. Dengan memberikan hadiah atau pujian kepada diri sendiri setelah mencapai tujuan, kamu akan merasa lebih terdorong untuk terus bekerja keras dan mencapai tujuan-tujuan baru.

Bentuk Self Reward Buat Kamu

Self reward bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memberi hadiah kepada diri sendiri dengan sesuatu yang kecil seperti makan di restoran favorit, hingga memberi hadiah kepada diri sendiri dengan sesuatu yang lebih besar seperti pergi berlibur ke tempat yang kamu sukai.

 

Berikut ini adalah beberapa bentuk self reward yang bisa kamu lakukan:

1. Makan makanan kesukaanmu

Setelah menyelesaikan suatu prestasi, kamu bisa makan makanan kesukaanmu sebagai self reward. Misalnya, jika kamu suka makan es krim, kamu bisa membeli es krim kegemaranmu setelah menyelesaikan tugas yang berat.

2. Membeli hadiah kecil untuk diri sendiri

Self reward juga bisa berupa hadiah kecil untuk diri sendiri. Misalnya, jika kamu suka baca buku, kamu bisa membeli buku terbaru yang sedang kamu incar setelah menyelesaikan suatu prestasi.

3. Liburan ke tempat yang sudah lama kamu ingin kunjungi

Self reward juga bisa berupa liburan ke tempat yang sudah lama kamu ingin kunjungi. Misalnya, jika kamu sudah lama ingin berkunjung ke Bali, kamu bisa mempersiapkan liburan ke Bali setelah menyelesaikan suatu prestasi.

4. Membeli barang yang sudah lama kamu incar

Self reward juga bisa berupa membeli barang yang sudah lama kamu incar. Misalnya, jika kamu sudah lama ingin membeli smartphone terbaru, kamu bisa membelinya setelah menyelesaikan suatu prestasi.

 

Jadi, jangan ragu untuk memberi hadiah kepada diri sendiri setiap kali kamu merasa bahwa kamu telah mencapai sesuatu yang penting atau meraih prestasi tertentu. Happy self rewarding!

 

Related Posts