Home Perencanaan Pengertian Dana Pensiun Beserta Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Dana Pensiun Beserta Fungsi dan Manfaatnya

by Lara Nifa
ilustrasi dana pensiun

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan swasta atau instansi pemerintah sudah pasti dibatasi oleh umur, dimana saat sudah tidak bekerja ini disebut dengan pensiun. Ketika Anda sudah tidak bekerja karena memang umur atau suatu hal, maka perusahaan atau instansi wajib memberikan dana pensiun. Sebenarnya apa pengertian dana pensiun dan apa saja fungsi serta manfaatnya. 

Pengertian Dana Pensiun 

Dana pensiun adalah hak seseorang dalam mendapatkan sejumlah dana ketika sudah tidak bekerja lagi dan telah mengabdi bertahun-tahun pada sebuah instansi atau perusahaan.

Biasanya pensiun sendiri dibatasi oleh umur, tapi ada beberapa kasus yang mengharuskan seseorang tidak bisa bekerja lagi seperti sakit atau sudah meninggal. 

Pemberian dana pensiun sendiri telah diatur dalam Undang Undang No. 11 tahun 1992. Di mana memang sudah menjadi hak seseorang yang sudah bekerja selama kurun waktu tertentu dan sudah diharuskan berhenti.

Hal ini sendiri sangatlah penting, karena sudah diatur dalam peraturan pemerintah maka sudah jelas bahwa dana pensiun harus diberikan oleh perusahaan atau instansi. 

Dana pensiun sendiri biasanya berbentuk uang yang jumlahnya tergantung dari perusahaan atau instansi terkait. Dimana biasanya perhitungannya disesuaikan dengan gaji perbulan.

Tentu saja, dengan adanya dana pensiun maka pekerja akan menerima manfaat yang cukup banyak. Tapi, sebelum masuk ke dalam manfaatnya, maka ada baiknya melihat fungsinya terlebih dahulu. 

Fungsi dari Dana Pensiun 

Dana yang diberikan ketika masa pensiun memang diberikan karena memiliki fungsi tersendiri. Berikut ini adalah beberapa fungsi dana pensiun yang harus diketahui: 

  • Asuransi 

Fungsi pertama dari dana pensiun adalah sebagai asuransi. Fungsi ini akan berlaku apabila pekerja pensiun belum pada saatnya atau meninggal.

Pemberiannya ini sendiri diberikan apabila pekerja sudah bertanggung jawab atas beban bersama dari dana pensiun. 

  • Tabungan 

Fungsi selanjutnya dari dana pensiun adalah tabungan yang merupakan konstribusi dari peserta untuk si peserta itu sendiri.

Di mana biasanya pekerja akan memberikan sumbangan ke perusahaan agar ditabungkan dan nantinya akan diberikan pada si pekerja itu sendiri pada masa pensiun. 

  • Hasil pensiun 

Dari kontribusi pekerja yang bekerja dari bulan pertama hingga pensiun, maka dana pensiun akan dihitung sesuai dengen ketentuan yang berlaku.

Dana pensiun ini sendiri akan diberikan setelah pekerja sudah tidak produktif lagi. Di mana jumlah yang diberikan akan digabungkan menjadi dari bulan pertama bekerja hingga selesai masa bekerja. 

Dari fungsi dana pensiun di atas maka dapat disimpulkan bahwa dana pensiun sangat penting sekali untuk didapatkan pekerja.

Hal ini sebagai apresiasi akhir karena pengabdian pekerja yang menjadi bagian kemajuan dari sebuah perusahaan maupun instansi pemerintah. 

Manfaat Dana Pensiun 

ilustrasi manfaat dana pensiun

Setelah mengetahui fungsinya, maka selanjutnya adalah membahas manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh pekerja dari dana pensiun. Berikut ini adalah manfaatnya: 

  • Apresiasi 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di mana dana pensiun memang memberikan apresiasi kepada pekerja.

Pengabdiannya untuk bekerja demi kemajuan perusahaan atau instansi ini akan terbayarkan dengan adanya dana pensiun tersebut. 

  • Tetap menikmati hasil kerja keras

Manfaat selanjutnya adalah agar pekerja atau karyawan tetap menikmati hasil kerja keras yang telah dilakukan bertahun-tahun pada usia pensiun.

Sehingga karyawan akan tetap bisa menikmati masa istirahatnya tanpa takut akan tidak ada pemasukan. Tidak hanya itu saja, jaminan seperti kesehatan dan juga pendidikan bagi anak pun akan terus berjalan. 

  • Rasa aman 

Seperti pada poin sebelumnya bahwa dengan adanya dana pensiun ini, maka karyawan yang sudah selesai masa baktinya akan merasa selalu aman karena adanya pendapatan yang masih diperoleh.

Walaupun beberapa perusahaan membayarkan dana satu kali dan beberapa memberikan setiap bulan, tentu saja ini akan membantu karyawan yang sudah pensiun. 

  • Giat bekerja 

Manfaat lain dari adanya dana pensiun ini sendiri akan sangat membantu karyawan untuk selalu termotivasi ketika sedang bekerja.

Karena adanya dana pensiun yang didapatkan, maka karyawan memahami untuk mendapatkan ini bekerja dengan giat adalah kewajiban yang harus dijalankan. 

  • Mendukung program pemerintah 

Sedangkan manfaat yang didapatkan perusahaan akan pemberian dana pensiun ini adalah turut mendukung program pemerintah.

Menjaga kesejahteraan rakyat adalah salah satu tugas pemerintah dan Negara, di mana dengan adanya dana  ini maka kesejahteraan tersebut akan tercapai. 

Dengan mendukung program agar masyarakat sejahtera hingga masa tua, tentu akan berakibat pada kemajuan ekonomi serta pembangunan.

Dari sini maka rakyat akan selalu bekerja dengan keras dan juga turut membantu perekonomian Negara agar selalu bergerak. 

Mengenal pengertian dana pensiun dan fungsi serta manfaatnya sendiri memang sangatlah penting. Di mana dengan adanya dana ini, maka karyawan yang bekerja akan memiliki kestabilan perekonomian karyawan itu sendiri.

Related Posts