Home Belanja Pengertian CVV Adalah dan Fungsinya

Pengertian CVV Adalah dan Fungsinya

by Lara Nifa
cvv adalah

CVV adalah salah satu bagian dari kartu kredit yang sangatlah penting. Ketika Anda berbelanja menggunakan kartu kredit, maka Anda akan menggesekan kartu ini pada mesin pembayaran yang disebut dengan EDC. Tentu ini berlaku bagi Anda yang melakukan transaksi secara offline, lalu bagaimana jika transaksi online? CVV inilah yang akan digunakan. Dalam artikel ini akan dibahas apa itu CVV beserta dengan fungsinya. 

Pengertian CVV Adalah

CVV merupakan singkatan dari Card Verification Value, di mana CVV ini adalah 3 digit angka terakhir yang ada pada sebuah kartu kredit dan terletak di bagian belakang. Sedangkan untuk bagian depan kartu kredit sendiri adalah identitas dari kartu tersebut, jadi jangan samapi Anda salah mengenali keduanya. 

CVV ini biasanya terdapat di kartu kredit dengan logo VISA, sedangkan untuk kartu kredit dengan logo mastercard adalah CVC. Keduanya pun sama saja, yaitu digunakan bagi Anda untuk yang berbelanja online. 

Sejarah dan Fungsi CVV

pengertian cvv

Lalu ap fungsi dari CVV ini? Pada dasarnya CVV sendiri untuk memberikan keamanan lebih pada pengguna kartu kredit ketika mereka ingin berbelanja online. Mastercard sendiri sudah memberlakukan aturan keamanan ini semenjak tahun 1997, sedangkan untuk Visa menerapkan aturan ini pada tahun 2001. Kemudian pada tahun 2003, CVV dan CVC menerapkan aturan ini sudah diseragamkan untuk memperketat keamanan pengguna saat bertransaksi online. 

Adanya CVV ini memberikan keamanan yang lebih kepada pengguna untuk bertransaksi online dalam jumlah yang besar. Hal ini sendiri sangatlah penting, karena mau bagaimana pun bertransaksi online mempunyai banyak kelemahan, belum lagi adanya hacker yang sering mencari cara untuk membobol kartu kredit. Apabila Anda berbelanja online dengan kartu kredit dan tidak menyertakan CVV ini, jangan heran jika transaksi Anda akan ditolak bahkan bisa terblokir. 

Tips Agar Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit Aman

Walaupun sudah ada sistem keamanan CVV ini, tapi bukan berarti Anda tidak waspada. Penting sekali bagi Anda untuk tetap mengetahui tips agar transaksi online tetap aman dengan menggunakan kartu kredit ini. Berikut ini adalah tipsnya: 

  • Jaga kode CVV

Perlu Anda ketahui, bahwa kode CVV ini adalah rahasia sehingga tidak ada boleh memberikannya kepada siapapun. Anda dapat menutupi kode CVV ini dengan menggunakan selotip. Tidak hanya itu saja, Anda ada baiknya tidak menyimpan kode CVV ini dalam bentuk catatan apapun. Karena bisa saja ada orang yang menemukannya dan menggunakan kode tersebut. 

  • Terapkan PIN

Untuk bisa menjaga keamanan kartu kredit dengan lebih jauh lagi, Anda dapat menerapkan keamanan ganda dengan menggunakan PIN. Penggunaan PIN ini sendiri sangatlah efektif, karena setiap melakukan transaksi berarti harus ada konfirmasi PIN yang harus dilakukan. Tanpa adanya PIN maka transaksi tidak akan diproses. 

  • Jangan asal konfirmasi

Selanjutnya agar kartu kredit tetap aman, lebih baik Anda tidak asal konfirmasi terhadap apapun yang membutuhan CVV. Lebih baik Anda melihat terlebih dahulu ketentuan sebelum memberikan kode CVV. Hal ini sering sekali diremehkan oleh pengguna kartu kredit, sehingga banyak yang mengeluhkan kartu kredit dibobol. Padahal ini adalah kesalahan yang dilakukan pengguna sendiri. 

  • Hati-hati menggunakan media sosial

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah berhati-hati dengan media sosial. Mengapa? Banyak sekali pengguna media sosial yang sembrono memposting kartu kredit dan akhirnya kode CVV dapat dilihat siapa pun. Tentu saja ini adalah hal yang sangat berbahaya. Jadi, lebih baik Anda berhati-hati ketika memposting foto di media sosial. 

  • Waspada nomor yang tidak dikenal

Selanjutnya Anda pun perlu hati-hati jika ada nomor yang tidak dikenal menelpon dan meminta kode CVV. Para penipu yang membawa nama bank tempat Anda membuat kartu kredit. Hal ini sering kali terjadi dan kebanyakan pengguna tidak menyadari bahwa mereka sedang ditipu. Anda lebih baik mengetahui nomor customer service dari bank agar tidak mudah tertipu dengan panggilan seperti ini. 

  • Selalu cek pengeluaran kartu kredit

Agar Anda tetap aman dalam melakukan transaksi secara online dengan menggunakan kartu kredit, lebih baik Anda rutin untuk mengecek pengeluaran dalam satu bulan. Hal ini sendiri sangatlah membantu sekali agar Anda bisa mengetahui pengeluaran yang terjadi dalam satu bulan. Anda pun bisa mencocokan dengan data atau struk setiap transaksi, agar Anda dapat mengenali mana pengeluaran yang benar dan bukan. 

Dari penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan jika CVV adalah kode rahasia yang diperlukan untuk bertransaksi online. Di mana kode ini tentu saja tidak boleh diberikan kepada siapapun. Dengan menjaga kerahasiaan kode CVV, maka Anda bisa lebih aman dalam berbelanja. Sangat disarankan agar Anda tidak menyimpan kode CVV ini di aplikasi, browser atau apapun agar tidak dibobol. 

Related Posts