Home Bisnis dan Usaha Pengertian Bakar Duit Dalam Kaidah Marketing

Pengertian Bakar Duit Dalam Kaidah Marketing

by Lara Nifa

Bila membicarakan mengenai startup atau sebuah perusahaan perintis, biasanya tidak jauh dengan istilah bakar duit, sebab memang perusahaan-perusahaan seperti itulah yang akan sering melakukan strategi marketing yang satu ini guna mempromosikan produk atau jasanya.

Karena  membangun bisnis baru bisa diharapkan lebih terjangkau memungkinkan banyak kustomisasi dan semuanya menyesuaikan dengan keinginan dan budget yang sudah disiapkan. Pengembangan perusahaan baru juga dapat dilakukan oleh siapa saja dari semua kalangan. Oleh karena itu, bahasan yang sering muncul atau digunakan saat proses pengembangan bisnis baru adalah dengan menerapkan strategi “bakar duit”.

Apa yang strategi ‘bakar duit’?

Bakar duit adalah sebuah strategi kerap kali dilakukan oleh owner perusahaan digital yang ada di Indonesia. Bakar duit sendiri merupakan istilah yang identik dengan perusahaan baru, dimana mereka akan merintis serta memulai bisnis atau usahanya.

Sebutan bakar duit sendiri mempunya maksud, yakni dimana perusahaan akan banyak mengeluarkan sejumlah dana tetapi tidak memperoleh keuntungan. Tetapi, memang langkah seperti itu sangat dibutuhkan ketika Anda akan memulai bisnis baru supaya dapat segera mengakselerasi usaha dan menjadi lebih cepat berkembang.

Walau harus melakukan begitu banyak promosi secara besar-besaran, seperti misalnya cashback, diskon, gratis pengiriman dan lainnya. Semua itu memang menjadi pilihan tersendiri dan sebuah strategi agar masyarakat menjadi tertarik menggunakan jasa atau membeli produk dari bisnis Anda. Selain itu, konsumen juga akan lebih nyaman dan aman saat bertransaksi.

Alasan sebuah perusahaan  melaksanakan strategi bakar duit

Semua keputusan yang dibuat pastinya memiliki alasan guna mendukung kegiatan tersebut. Begitu pula ketika melaksanakan strategi bakar duit. Berikut adalah alasan-alasan yang kerap diberikan pihak perusahaan, mengapa mereka harus  melancarkan bakar duit  supaya bisa  mendapatkan konsumen : 

  • Supaya dapat bertahan

Strategi bakar duit ini memang dilakukan secara segaja, biasanya yang melakukannya adalah perusahaan-perusahaan baru. Tujuannya adalah untuk keberlangsungan industri yang telah dikembangkan dalam jangka waktu panjang.

  • Untuk mematikan pesaing

Dengan adanya istilah bakar duit, tentu menjadi strategi tersendiri dalam menghadapi para pesaing. Ada begitu banyak cara dalam menjalankan strategi bakar duit ini, seperti gratis pengiriman, harga promo atau diskon hingga cashback.

  • Memperluas jangkauan

Selain dua hal diatas, bakar duit juga salah satu cara bagi startup melebarkan sayap guna menjangkau pasar yang lebih luas. Jadi, tidak hanya melakukan promo satu atau dua area saja, namun dapat kebanyak area dan memperkenalkan ke lebih banyak calon pelanggan.

  • Menarik minat

Saat ketertarikan masyarakat mulai terlihat antusias, maka biasanya permintaan pasar juga akan meningkat dengan pesat. Saat hal ini terjadi, nantinya muncul komunitas dari pelanggan setia produk atau jasa bisnis yang Anda miliki.

  • Menarik minat investor

Semakin unik sebuah portofolio milik perusahaan startup yang baru dikembangkan, hal tersebut akan membuat investor semakin tertarik. Hal ini tentu akan mempermudah bisnis Anda dalam mendapatkan dana atau modal dari  investor untuk  mengembangkan bisnis.

Manfaat dari strateri bakar duit

Perusahaan startup dapat membuat serta melakukan promosi dengan menggunakan strategi bakar duit, pastinya memiliki manfaat untuk perusahaan. Berikut ini adalah manfaat yang bisa diperoleh perusahaan, yaitu :

Memperoleh perhatian pasar

Strategi membakar uang ini memiliki keuntungan bagi perusahaan, salah satunya dapat menarik perhatian (market attention). Oleh karena itu, bahkan sekarang, bakar duit menawarkan banyak pilihan paket all-inclusive yang murah dengan harga diskon.

Saat ini, cara ini masih dianggap sebagai cara paling efektif untuk meyakinkan  pelanggan agar mendekati Anda. Umumnya, perusahaan akan mencadangkan atau mengalokasikan anggaran untuk menjalankan strategi pembakaran uang. 

Pelaksanaannya haruslah sesuai dengan target dan waktu yang ditentukan, juga dalam hal menarik konsumen.Ketika target pasar tercapai dan dapat dikelola, strategi ini perlahan-lahan dihapus dan kemudian dihentikan. Namun, strategi ini dapat dihentikan ketika perusahaan dapat mendominasi pasar dan keuntungan lebih mudah didapat.

Mendapatkan konsumen yang loyal

Strategi bakar duit ini bermanfaat untuk menarik pelanggan  setia. Tentunya, sebagai pelanggan, ada kalanya suka membandingkan perusahaan A dengan perusahaan B, kira-kira yang mana dari keduanya menawarkan fungsi yang  paling mudah dan nyaman. 

Biasanya, pelanggan pertama-tama mencari promosi yang sedang berlangsung, contohnya free shipping, flash sale pada produk tertentu sampai mendapatkan barang bagus dengan harga yang diinginkan. Faktanya, strategi membakar uang ini diprogram untuk retensi pelanggan, itulah sebabnya anggaran yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat digambarkan sebagai biaya akuisisi pelanggan.

Misalnya, ketika sebuah perusahaan ojek online menetapkan harga tetap sebesar 15 ribu untuk sekali jalan dalam radius 110 kilometer. Dengan adanya promosi ini masyarakat akan lebih tertarik menggunakan ojek online dibandingkan dengan ojek sederhana yang harganya relatif lebih mahal. Efek dari promosi ini adalah perusahaan ojek online memiliki pelanggan yang loyal.

Karena pelanggan bergantung pada promosi yang diberikan.  Meskipun strategi bakar duit ini memiliki konotasi negatif, namun sebenarnya dapat membawa keuntungan bagi perusahaan.Sekarang penggunaan strategi ini selalu kontroversial. Namun nyatanya, hal tersebut cukup berdampak positif bagi startup untuk tetap bertahan dan berkembang.

Related Posts