Home Administrasi Pengertian Audit Adalah dan Perannya Dalam Keuangan Perusahaan

Pengertian Audit Adalah dan Perannya Dalam Keuangan Perusahaan

by Lara Nifa
Audit adalah

Audit adalah salah satu kegiatan krusial yang harus dijalankan oleh sebuah perusahaan atau bisnis. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kepemilikan seluruh data perusahaan adalah hal yang sangat penting dan perlu diatur. Data yang harus diatur adalah seperti data penjualan, stock produk, finansial yang dipunyai oleh pemilik perusahaan dan lain sebagainya.

Data-data ini harus disusun secara urut dan akurat, sehingga tidak ada kesalahan dalam pengambilan keputusan. Untuk menghindari kesalahan fatal inilah maka diperlukan audit. Lalu, sebenarnya apa itu audit dan peranannya dalam keuangan perusahaan? Ikuti terus ulasannya dalam artikel ini.

Pengertian Audit Adalah

Sebelum masuk kedalam peranan audit dalam keuangan perusahaan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian audit. Secara umum, audit ialah kegiatan evaluasi yang dilakukan kepada sebuah perusahaan atau organisasi, di mulai dari sistem perusahaan, proses hingga produk yang dihasilkan.

Kegiatan audit ini biasanya akan dilakukan oleh seorang professional dan disebut dengan auditor. Mereka akan melakukan audit secara kompenten dan juga objektif serta tidak memihak. Auditor akan memastikan bahwa data yang diverifikasi sudah sesuai dengan standar, regulasi serta praktek yang diberlakukan. Di dalam dunia bisnis, audit biasanya dikenal sebagai laporan keuangan dalam sebuah perusahaan yang didasari pada prinsip akutansi yang resmi.

Untuk memahami lebih jauh, maka Anda juga perlu mengetahui pengertian audit dari para ahli berikut ini:

  • Alvin A. Arens dan Randal J. Elder

Dari kedua ahli ini, audit memiliki pengertian sebuah tindakan pengumpulan dan pertimbangan bukti akan sebuah informasi untuk bisa menentukan serta melaporkan tingkat kesamaan antara informasi dengan ukuran yang ditetapkan. Audit pun juga harus dilaksanakan oleh seorang yang sudah berpengalaman dan tanpa paksaan.

  • Sukrisno Agoes

Menurut ahli ini, audit ialah sebuah pemeriksaan yang bisa dilakukan dengan kritis serta teratur. Diperiksa oleh pihak yang independen terhadap data keuangan serta dokumen pembukuan dan bukti penunjangnya yang disusun oleh pihak dari menajemen. Tujuannya sendiri untuk memberikan pendapat terhadap laporan keseimbangan akan data keuangan tersebut.

  • Arens dan Loebbecke

Sedangkan menurut Aren dan Loebbeceke, audit merupakan sebuah proses untuk menumpulan dan melakukan evaluasi bahan bukti terhadap informasi, dapat diukur mengenai sebuah entitas ekonomi dan hanya dapat dilaksanakan oleh orang yang sudah memiliki pengalaman serta independen, agar memutuskan dan melaporkan kebenaran akan informasi tersebut.

  • Konrath

Dari Konrath, ia mengatakan bahwa audit merupakan sebuah proses sistematis untuk memperoleh dan mengevalusi bukti mengenai asersi tentang seluruh kegiatan dan kejadian ekonomi secara objektif. Proses ini untuk meyakinkan akan tingkat keterkaitan antara asersti tadi dengan kriteria yang ditetapkan dan nantinya hasil yang didapatkan akan diinformasikan kepada orang-orang yang berkepentingan.

  • William F. Meiser Jr

Sedangkan menurut ahli yang satu ini, audit merupakan proses sistematis untuk mengevaluasi bukti-bukti dari sebuah tindakan serta peristiwa ekonomi. Di mana proses ini untuk memastikan tingka kesesuaian diantara penugasan serta kriteria yang sudah ditentuka, hasilnya nanti akan dikomunikasikan ke pihak yang berkepentingan.

  • Mulyadi

Auditing adalah sebuah proses sistematis untuk memperoleh serta mengevaluasi bukti dengan penilaian objektif terhadap sebuah kegiatan ekonomi dalam entitas. Tujuannya adalah untuk menetapkan kesamaan antara laporan serta kriteria yang sudah ditentukan. Hasilnya pemeriksaan pun akan diberikan kepada pengguna atau pemilik yang bersangkutan.

Itulah pengertian dari audit yang disampaikan oleh para ahli. Dari seluruh pengertian tersebut, maka sudah dapat disimpulkan bahwa audit adalah proses evaluasi terhadap data yang ada dalam sebuah perusahaan, di mana yang melakukan evaluasi adalah seseorang yang mampu menilai secara objektif dan tidak boleh dipaksa.

Peranan dari Audit dalam Keuangan Perusahaan

pengertian Audit adalah

Dari pengertiannya pun sudah dapat diketahui bahwa audit berperan sangat penting terhadap keuangan perusahaan. Lalu apa saja peranan dari audit ini dalam keuangan di perusahaan? Berikut ini adalah peranannya:

  • Audit untuk perusahaan

Peranan dari audit yang pertama adalah membantu perusahaan untuk bisa meningkatkan kredibilitas akan laporan keuangan yang sudah dibuat agar dapat dipercaya oleh pihak luar seperti pemerintah, kreditur, pemegang saham dan lain sebagainya.

Ada audit sendiri akan sangat membantu perusahaan terhindar dari fraud, sehingga pemerintah pun bisa mempercayai surat perpajakan yang dikirimkan. Tidak hanya itu saja, audit juga akan membuka jalan untuk menerima dana dari luar dan perusahaan pun bisa mengungkapkan kesalahan pencatatan data keuangan sebelumnya.

  • Audit untuk karyawan dan kreditur

Peranan lain dari audit adalah untuk membantu mengambil keputusan terhadap kredit serta permasalahan seperti upah karyawan. Dalam sebuah perusahaan terkadang ada sengketa akan gaji serta tunjangan kepada karyawan, di mana dengan adanya audit ini maka akan sangat membantu untuk mengambil keputusan yang objektif agar permasalahan teratasi.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa audit adalah kegiatan yang sangat penting sekali untuk dilakukan agar bisa mengambil keputusan yang tepat untuk kebaikan perusahaan, karyawan, kreditur, pemegang saham bahkan pemerintah.

Related Posts