Home Perencanaan Pengertian Asuransi beserta Fungsi dan Jenisnya yang Perlu Diketahui

Pengertian Asuransi beserta Fungsi dan Jenisnya yang Perlu Diketahui

by Greg Pascal
pengertian asuransi

Pastinya kita pernah mendengar kata asuransi, bagi sebagian orang asuransi sering dikaitkan dengan risiko. Lantas, apa sebenarnya pengertian asuransi dan fungsinya untuk apa? Yuk, ketahui penjelasan lebih lengkapnya dalam uraian dibawah ini.

Manfaat asuransi bagi kehidupan cukup penting karena selalu ada risiko yang mengintai, seperti pencurian, sakit, kecelakaan, kehilangan harta dan bencana alam. Maka manfaatnya bisa dirasakan apabila sudah terdaftar sebagai peserta asuransi.

Apa itu Asuransi?

Asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar untuk penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan bentuk mengganti ataupun mengurangi kerugian akibat risiko.

Prinsip asuransi memiliki elemen dasar seperti premi, polis dan klaim asuransi. Premi adalah kewajiban yang harus dibayar oleh peserta kepada pihak asuransi sebagai jasa pengalihan risiko, sementara polis adalah dokumen legal yang menjadi kontrak tertulis antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi.

Klaim asuransi adalah permohonan yang diajukan peserta kepada perusahaan asuransi untuk melakukan pembayaran ganti rugi atas risiko, tentunya berdasarkan ketentuan polis asuransi yang dibuat sebelumnya.

Fungsi Asuransi

Ada beberapa fungsi dan manfaat asuransi bagi kehidupan, salah satunya bagi perusahaan keberaan asuransi ini cukup penting, karena bisa membantu mengurangi risiko yang terjadi di masa depan. Adapun fungsi lainnya sebagai berikut:

1. Mengurangi Petensi Risiko

Perusahaan asuransi pada dasarnya akan memberikan rekomendasi produk asuransi hang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berkaitan dengan usaha anda dalam mengurangi risiko yang mungkin terjadi.

2. Membagi Risiko Kerugian

Memiliki asuransi memungkinkan dalam meminimalisir potensi kerugian, dan dapat dibagi kepada pihak lainnya. Namun dalam pembayaran premi harus seimbang dengan risiko yang akan ditanggung oleh asuransi.

3. Penghimpun Dana untuk Risiko

Perusahaan asuransi akan mengambil peran dalam penghimpun dana dari masyarakat yang nantinya bisa dikeluarkan sebagai bentuk imbalan. Dana dari masyarakat tersebut akan diinvestasikan dalam ragam lini usaha agar lebih produktif.

Itulah fungsi asuransi yang bisa dirasakan manfaatnya oleh peserta yang terdaftar di perusahaan asuransi. Lantas, seperti apa jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia?

pengertian asuransi

Baca Artikel Selanjutnya :

Jenis-Jenis Asuransi

Apabila anda ingin mendapatkan asuransi, terlebih dahulu ketahui jenis-jenis asuransi, agar bisa memilih asuransi yang cocok untuk masa depan anda. Adapun jenis-jenisnya sebagai berikut:

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan bisa digunakan untuk hal yang berhubungan dengan risiko penyakit, tentunya bisa terjadi pada siapapun. Mengingat biaya kesehatan yang terus meningkatkan, dan cukup penting untuk menjamin kesehatan. Maka tidak heran, jenis asuransi yang ini banyak diminati oleh masyarakat.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa biasanya digunakan untuk melindungi risiko meninggal dunia bagi pencari nafkah utama di dalam keluarga. Maka untuk melindungi diri anda terhadap risiko yang mungkin terjadi, tidak ada salahnya memiliki asuransi ini.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan bisa digunakan untuk mengurangi risiko terhadap biaya pendidikan yang semakin tinggi, maka tidak ada salahnya mulai menabung untuk asuransi pendidikan, sehingga pendidikan anda bisa terjamin hingga lulus nanti.

4. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan dapat memungkinkan menanggulangi risiko terhadap kerusakan yang tidak terduga seperti risiko kecelakaan atau pencurian kendaraan anda. Maka untuk melindungi kendaraan dari hal-hal yang tidak diinginkan bisa menggunakan asuransi ini.

5. Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan dapat melindungi diri dari risiko finansial kecelakaan. Apabila kendaraan motor anda perlu perbaikan, maka anda juga membutuhkan biaya medis untuk risiko yang mungkin ada, sehingga asuransi ini cukup penting untuk kehidupan anda. 

6. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan biasanya dijual bersamaan dengan tiket perjalanan yang anda beli seperti tiket kereta, tiket kapal maupun tiket pesawat. Terdapat pilihan asuransi perjalanan untuk proteksi delay atau kerusakan pada bagasi dan sebagainya.

7. Asuransi Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer, maka perlu ada asuransi yang bisa memproteksi setiap kemungkinan risiko yang terjadi. Maka dari itu, asuransi rumah bisa menjamin kerusakan pada rumah seperti kebakaran, pencurian dan lain sebagainya.

Pilihan jenis asuransi setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan menjadi jenis asuransi yang perlu dimiliki, atau bahkan asuransi pendidikan untuk masa depan pendidikan anda lebih terjamin.

Asuransi dapat mengurangi kerugian yang muncul dari sebuah peristiwa, baik dalam skala kecil maupun besar, sehingga asuransi menjadi bagian dari perencanaan keuangan yang penting bagi sebagian orang untuk jangka panjang, namun ada iuran yang harus dibayarkan sebagai bentuk imbalan.

Hal ini berdasarkan pengertian asuransi itu sendiri yang mana pihak tertanggung harus membayarkan iuran atau premi, demi mendapatkan penggantian atas risiko kerugian, kehilangan atau kerusakan, yang diakibatkan peristiwa tidak terduga.

Demikian pembahasan mengenai asuransi, fungsi asuransi dan jenis asuransi yang bisa anda pilih untuk menjamin masa depan atau mengurangi risiko terhadap kerugian. Semoga bermanfaat.

Related Posts