Home Bisnis dan Usaha Pengertian Agribisnis Adalah dan Perbedaannya dengan Agrobisnis

Pengertian Agribisnis Adalah dan Perbedaannya dengan Agrobisnis

by Lara Nifa
agribisnis adalah

Agribisnis adalah salah satu kata yang sering dibandingkan dengan agrobisnis. Keduanya sendiri sering dipertanyakan apakah ada perbedaanya, karena ada beberapa instansi yang menyebut agribisnis atau agrobisnis. 

Apalagi bagi para lulusan SMA yang terkadang juga menemukan jurusan agrobisnis dan agribisnis, di mana ini membuat mereka merasa bingung. Lalu apa sebenarnya perbedaan keduanya dan pengertian dari agribisnis? 

Pengertian dari Agribisnis Adalah

Sebelum mengetahui perbedaannya, maka ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari agribisnis ini. Secara garis besar, agribisnis merupakan sebuah bisnis yang memiliki basis pertanian dan juga bidang lain yang mendukung bisnis ini baik itu dari produksi hingga distribusi sehingga bisa mendapatkan keuntungan. 

Adapun beberapa pendapat lain yang menyatakan bahwa agrobisnis merupakan kelompok industry yang bekerja atau pun layanan yang dibutuhkan di dalam bidang pertanian agar bisa menjalankan usaha yang berhubungan dengan bidang ini, sehingga bisa mendapatkan sebuah keuntungan dari setiap penjualan hasil pertanian.

Untuk bisa mengerti lebih dalam tentang agribisnis, maka Anda pun harus mengetahui pengertian kata ini dari para ahli. Berikut ini adalah pengertian agribisnis menurut ahli: 

  • E. Paul Roy

Pengertian agribisnis dari E. Paul Roy merupakan sebuah proses koordinasi dari berbagai sub sistem, seperti penyediaan penginputan pertanian, produksi dalam pertanian, pengolahan dari hasil pertanian hingga pemasarannya. 

  • W. David Downey dan Steven P. Erickson 

Sedangkan menurut kedua dari ahli ini, agribisnis merupakan sebuah kegiatan atau pun aktivitas yang mempunyai hubungan dengan komoditi pertanian. Dalam pengertian yang lebih luas, di mana seluruh komiditi ni berhbungan dengan produksi, pengolahan, pemasukan dan pengeluaran dalam produksi, pemasaran dari hasil produksi hingga kelembagaan yang akan menunjang kegiatan. 

  • John H. Davis dan Ray A. Goldberd

Untuk kedua ahli ini menyatakan bahwa agrobisnis merupakan jumlah dari keseluruhan operasi yang melibatkan pembuatan dan distribusi dalam pemasokan pertanian, operasi produksi pertanian dari penyimpanan, proses hingga ke distribusi komuditas jasil pertanian sampai ke barang-barang yang juga dibuat dari hasil pertanian ini sendiri. 

  • G. L Cramer dan C. W Jansen 

Menurut G. L Cramer dan C. W Janes bahwa agribisnis merupakan sebuah kegiatan yang sangat kompleks. Melingkupi dari industry pertanian, pemasaran dari hasil pertanian serta hasil olahannya. Tidak hanya itu saja, industry manufaktur dan juga distribusi dari bahan pangan serta serat yang akan digunakan oleh konsumen pun masuk dalam agribisnis. 

  • Jose D. Drilon Jr.

Agribisnis menurut Jose D. Drilon Jr. adalah seluruh kegiatan yang mempunyai hubungan dengan manufaktur dan juga distribusi mulai dari sarana produksi, kegiatan usaha para petani, penyimpanan dari hasil pertanian, pengolahan hingga distribusi produk pertanian dan juga produk lainnya yang dihasilkan dari bidang pertanian ini.  

  • Timka dan Birkenholz

Bagi kedua ahli ini, agribisnis mempunyai arti sebagai usaha yang memiliki orientasi profit dan meliputi penyediaan dalam input pertanian, pengelohan hasil pertanian, pemasaran hingga transporasi serta distribusi dari seluruh produk pertanian kepada konsumen. 

  • Sjarkowi dan Surfi 

Sedangkan dari kedua ahli ini, agribisnis ialah semua usaha yang mempunyai kaitan dengan seluruh kegiatan dalam produksi pertanian. Hal ini pun meliputi input dalam pertanian, pengusahaan dalam produksi hingga pengelolaan dari hasil pertanian tersebut. 

  • Soekartawi 

Agribisnis sendiri terdiri dari kata agri yang memiliki arti pertanian dan diambil dari bahasa inggris Agricultural dan bisnis yang berarti usaha atau perdagangan komersial. Sehingga agribisnis merupakan sebuah usaha atau perdagangan komersial dalam bidang pertanian. 

Dari pengertian-pengertian yang sudah diungkapkan oleh para ahli tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa agribisnis merupakan sebuah proses dari produksi seluruh bidang pertanian, pengolahan, penyimpanan hingga distribusi ke para konsumen. Tidak hanya itu saja, produk-produk yang dihasilkan dari bidang pertanian atau pun yang berhubungan juga masuk dalam agribisnis. 

Perbedaan Agribisnis dan Agrobisnis

pengertian agrobisnis

Dengan memahami pengertian dari agribisnis, maka selanjutnya Anda harus mengetahui perbedaan antara keduanya. Agribisnis dan agrobisnis mempunyai arti yang sama. Keduanya sama-sama mengajari bisnis tentang hasil pertanian. Ada beberapa perguruan tinggi yang memang menyebut sebagai Agrobisnis dan ada juga yang menyebut Agribisnis. 

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata yang tepat adalah Agrobisnis. Sehingga bisa kita simpulkan keduanya adalah kata yang mempunyai arti sama hanya yang membedakan adalah dari penulisannya, Agrobisnis adalah bentuk baku dari Agribisnis. Sehingga, Anda tidak perlu lagi bingung dengan kedua kata ini, karena keduanya pun mempunyai arti yang sama. 

Setelah memahami bahwa agribisnis adalah sama dengan agrobisnis, maka Anda sudah tidak perlu bingung lagi akan perbedaan keduanya. Selama itu adalah bisnis yang berhubungan dengan bidang pertanian, maka sudah bisa disebut sebagai agribisnis atau agrobisnis.

Related Posts