Home Tips Penerapan Digitalisasi Bisnis

Penerapan Digitalisasi Bisnis

by Lara Nifa

Perkembangan zaman di era yang sudah serba digital ini memungkinkan seseorang dapat memperoleh semua hal hanya melalui satu genggaman saja. Bukan hanya itu saja, perkembangan teknologi yang begitu pesat ini juga memberi banyak perubahan di dalam dunia bisnis. Karena mau tidak mau, Anda sebagai seorang pebisnis harus menyesuaikan oleh digitalisasi bisnis tak terbatas baik waktu maupun tempat.

Pengertian Digitalisasi Bisnis

Untuk Anda yang belum tahu, digitalisasi adalah proses yang mengubah interaksi, komunikasi serta semua manfaat yang ada di dalam bisnis ke media digital. Lewat penerapan teknik digitalisasi bisnis ini, para pebisnis atau pelaku usaha yang tadinya masih menerapkan sistem konvensional akhirnya mulai beralih ke sistem virtual atau digital.

Proses tersebut meliputi beberapa hal, seperti upaya transaksi hingga bagaimana cara para pebisnis mengelola bisnis mereka serta bertujuan agar dapat membuat kinerja para pebisnis tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.

Langkah-Langkah Digitalisasi Bisnis

Setelah mengetahui secara singkat mengenai pengertian dari teknik digitalisasi bisnis, selanjutnya akan dibahas terkait bagaimana cara memulai teknik digitalisasi di dalam suatu bisnis tertentu. Sebetulnya digitalisasi bisnis dapat dimulai atau dilakukan dari hal-hal yang terdengar sepele, antara lain:

1.       Menyiapkan Website Khusus Bisnis

Merupakan hal pertama yang dapat Anda lakukan dalam upaya digitalisasi bisnis tertentu yakni dengan mempersiapkan website khusus bisnis yang dimiliki. Di zaman yang sudah serba canggih ini, kehadiran website sebagai bagian dari bisnis sungguh penting. Karena, saat ini kegiatan berbelanja online terjadi peningkatan yang sangat pesat. Maka dari itu, tidak heran bila masyarakat sudah tidak asing lagi dengan istilah e-commerce, platform atau berbagai aplikasi online lainnya, hingga metode pembayaran menggunakan e-wallet atau e-banking agar transaksi lebih mudah dan cepat.

2.       Memanfaatkan Website sebagai Wadah Transaksi

Situs web yang Anda siapkan khusus untuk bisnis pun juga bisa dijadikan sebagai tempat memanen pendapatan. Gunakan atau bagikan foto produk serta jasa yang Anda tawarkan ke para calon konsumen, dan jangan lupa untuk mencantumkan deskripsi terkait produk atau jasa di website tersebut.

Dengan begitu, calon pelanggan dapat melihat serta memperoleh informasi lebih jelas mengenai produk atau jasa yang akan mereka beli. Dalam transaksi pembayarannya nanti, Anda dapat memanfaatkan sistem online card atau fitur dari aplikasi lainnya. Lewat fitur tersebut, pihak pelanggan bisa langsung membayar tagihan melalui link payment yang telah Anda kirimkan atau mengikuti alur dari fitur aplikasi tertentu.

3.       Menyiapkan Kontak dan Media Sosial

Saat menjalankan roda bisnis, Anda tentunya akan melakukan banyak interaksi kepada para pelanggan. Oleh sebab itu, di era sekarang ini Anda pun harus menyediakan sebuah kontak, entah itu berupa nomor telepon, berbagai jenis media sosial serta e-mail. Sebab, akun media sosial untuk bisnis tidak hanya membantu Anda menjalankan bisnis saja, namun juga bisa meningkatkan dari sisi brand awareness terhadap para pengguna secara luas.

Khususnya media sosial, saat ini siapa sih yang tidak menggunakan atau tidak ada sama sekali kepemilikan akun setidaknya salah satu dari banyaknya jenis media sosial? Bisa dikatakan, hampir seluruh manusia modern di dunia ini mempunyai akun media sosial, entah itu Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Media sosial menjadi wadah yang paling ampuh untuk mengembangkan suatu bisnis tertentu, selain cepat dan mudah. Pemiliknya pun bisa melakukan aktivitas promosi secara gratis, dan jangkauannya pun bisa ke seluruh dunia.

4.       Mengelola Bisnis Secara Online

Serupa dengan apa yang telah dijelaskan pada poin pembahasan tentang pengertian digitalisasi bisnis di atas, dimana digitalisasi bisnis adalah proses dimana Anda mengubah konsep konvensional menjadi versi baru dengan metode digital. Maka dari itu, sangat penting untuk pelaku usaha mengganti kebiasaan mereka dalam mengelola usaha dari yang sebelumnya manual menjadi digital.

Apabila dulu Anda mengandalkan sebuah catatan di buku untuk bisa merekap hasil transaksi, saat ini Anda sudah dapat mengoptimalkan kecanggihan teknologi dengan melibatkan semua aspek ke dalam metode online. Berbagai macam aplikasi sesuai yang Anda butuhkan sudah tersedia di internet dan bisa bisa diunduh dengan gratis.

5.       Menerapkan Teknologi Modern

Perkembangan teknologi yang semakin canggih tentu mempengaruhi seluruh bidang, salah satunya di sektor bisnis, dimana para pelaku usaha dapat merasakan banyak kemudahan dalam menjalankan roda bisnis mereka. Seperti contoh menggunakan aplikasi atau fitur yang bisa berperan sebagai wadah untuk menawarkan produk yang Anda punya.

Atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat cash flow atau alur keluar masuknya uang setiap hari, pengelolaan stok barang dan masih banyak lagi. Digitalisasi bisnis ini bukanlah hal yang dapat Anda abaikan begitu saja, bila Anda ingin bisnis yang dijalankan dapat berkembang. Anda tentu harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Karena dalam dunia bisnis seseorang dituntut untuk selalu belajar, berkembang, menyesuaikan diri dengan situasi agar usaha yang dijalankan tetap berdiri dan bahkan bisa semakin besar.

Related Posts