Pemula Wajib Tahu, Begini Cara Mulai Investasi Reksadana

Bagi kamu yang sekarang ini tertarik untuk berinvestasi, mungkin reksadana adalah salah satu jenis yang tepat. Reksadana dikenal sebagai jenis investasi yang dikenal sangat ramah

Lara Nifa

[addtoany]

Bagi kamu yang sekarang ini tertarik untuk berinvestasi, mungkin reksadana adalah salah satu jenis yang tepat. Reksadana dikenal sebagai jenis investasi yang dikenal sangat ramah untuk pemula. Dimana tentu saja, kamu pun bisa ikut investasi reksadana ini dengan cara yang akan dijelaskan di bawah ini. Yuk, simak terus ulasan akan cara ikut investasi reksadana ini. 

Cara Mulai Investasi Reksadana 

Meski reksadana adalah jenis investasi yang mungkin bisa dijalankan oleh siapa saja, namun tetap saja kamu harus tahu bagaimana cara agar bisa memulainya. Pada dasarnya reksadana adalah sebuah kumpulan dari dana yang nantinya akan diatur oleh seorang manajer. Dimana nantinya bertugas untuk mengatur dana yang diinvestasikan dalam bentuk saham dan lain sebagainya. 

Nantinya akan ada hasil yang diberikan sesuai dengan presentasi dana yang diinvestasikan. Nah, untuk jelasnya maka ikuti penjelasan cara untuk bisa berinvestasi reksadana adalah sebagai berikut: 

Pilih platform yang tepat 

Cara pertama adalah dengan memilih platform yang tepat. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kamu bisa ikut reksadana dengan bergabung dengan platform yang jumlahnya sangat banyak. Kamu harus mencari platform yang sekiranya memang sudah terpercaya dan aman. 

Hal ini sendiri sangatlah penting sekali karena platform akan menjadi tempat dimana kamu akan mempercayakan dana yang diinvestasikan. Apabila kamu tidak begitu yakin mana platform yang tepat, maka bisa mengeceknya di OJK. Karena OJK adalah badan pengawas resmi untuk seluruh platform yang menyediakan investasi. 

Pastikan profil resiko

Meski reksadana dikenal sangat aman dan cocok untuk para pemula, tapi pada dasarnya tetap saja ada resiko yang harus kamu pahami. Sangat penting sekali untuk kamu memperhatikan profil resiko untuk setiap investasi reksadana. Karena resiko hal yang harus kamu hadapi. 

Dimana dengan memahami resiko dari investasi yang kamu pilih akan sangat membantu sekali agar kamu bisa mengambil keputusan yang tepat. Tentu saja untuk memahami profil resiko ini tidak hanya dari kegagalan investasi saja, tapi gagal bayar dan masih banyak lagi. Kamu pun harus memahaminya dengan sangat baik akan hal ini. 

Pilih jenis reksadana yang sesuai 

Cara selanjutnya adalah dengan memilih jenis reksadana yang sesuai. Ada dua jenis reksadana yang bisa kamu pilih, yaitu reksadana jangka pendek dan jangka panjang. Dari namanya saja sudah dapat terlihat bahwa ini berkaitan dengan berapa lama waktu reksadana yang diinginkan. 

Tentu saja pemilihan jangka waktu reksadana ini berkaitan dengan tujuannya. Misalnya kamu investasi reksadana ini karena ingin liburan, maka sudah pasti reksadana jangka pendek adalah pilihan yang tepat. Sedangkan investasi yang memang digunakan untuk tabungan masa depan, maka harus memilih yang jangka panjang. 

Lakukan riset dan belajar 

Cara selanjutnya agar kamu bisa investasi reksadana yang sukses, maka lakukanlah riset dan terus belajar. Hal ini sendiri tidak boleh kamu lewatkan atau tidak diperhatikan. Seperti yang sudah disebutkan, bahwa reksadana adalah jenis investasi yang jelas punya resiko. Meski bisa dikatakan rendah, tapi tetap saja kamu membutuhkan pengetahuan yang lebih. 

Maka daripada itu, penting sekali untuk melakukan riset lebih jauh. Salah satunya adalah profil dari reksadana yang akan diambil. Jangan sampai, kamu gegabah dalam memilihnya. Kamu pun diharapkan agar belajar lebih jauh akan reksadana. Karena jenis investasi ini juga bisa mengikuti trend tergantung saham apa yang dipilih. 

Cari tahu modal awal 

Nah, kelebihan dari reksadana ini sendiri adalah dari segi modalnya yang mungkin jauh lebih murah dibandingkan dengan investasi lainnya. Tapi, setiap platform biasanya akan memberikan minimal modal yang berbeda-beda. Beberapa platform membuka modal awal reksadana di sekitar 100 ribu rupiah. 

Sehingga kamu diharapkan untuk menyediakan setidaknya jumlah tersebut untuk diinvestasikan dalam reksadana. Namun, kamu tetap bisa menyediakan modal lebih. Tapi, kamu pun tetap harus memikirkan resiko yang mungkin saja akan terjadi. Maka daripada itu, memang dari awal kamu harus tahu lebih jauh akan reksadana ini. 

Dengan mengikuti cara di atas, maka kamu pun bisa mulai untuk investasi reksadana yang tepat. Sebenarnya bagi kamu yang baru saja memulai untuk terjun dalam dunia reksadana, ada baiknya tidaklah begitu takut. Selama tahu mana platform yang sudah terpercaya, maka sudah pasti tidak akan ada kendala di masa depan. 

Tapi, meski begitu, kamu sudah pasti butuh untuk belajar terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan terus berinvestasi meski gagal. Karena dengan cara ini, maka kamu akan belajar dari pengalaman. Sehingga bisa tahu bagaimana melihat peluang investasi reksadana hingga masa depan. Karena dengan belajar dari pengalaman, kamu bisa menjadi investor yang sukses. 

Related Post