Home Bisnis dan Usaha Peluang Usaha yang Cocok Untuk Ibu-ibu di Rumah

Peluang Usaha yang Cocok Untuk Ibu-ibu di Rumah

by Lara Nifa

Di tengah kesibukan mengurus rumah dan keluarga, ternyata masih banyak ibu rumah tangga yang tetap menambah aktivitasnya dengan berbisnis. Menurut mereka selagi masih bisa produktif dan menghasilkan uang, tak ada salahnya mencoba terjun ke dunia bisnis. Bahkan tak sedikit ibu rumah tangga yang berpenghasilan besar hanya dari bisnis yang dijalankannya. 

Kini banyak sekali peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga dan tentunya bisa dijalankan dari rumah. Bisnis rumahan memang menjadi pilihan para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Karena sebagian besar ibu rumah tangga, tidak bisa meninggalkan anak-anaknya di rumah. Bukan begitu ?

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami hal serupa, maka tak perlu bingung. Di bawah ini ada sejumlah ide bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga, di antaranya adalah :

  • Bisnis Katering

Memasak adalah salah satu rutinitas yang biasa dilakukan oleh sebagian besar ibu rumah tangga. Dari rutinitas sehari-hari itulah bisa kamu jadikan peluang usaha rumahan yang menguntungkan.

Kamu bisa membangun bisnis katering kecil-kecilan dengan menu masakan sederhana. Targetkan pada orang-orang yang tidak punya cukup waktu untuk memasak, misalnya para pekerja kantoran atau mahasiswa. Sediakan paket catering harian, mingguan atau bulanan dengan berbagai macam menu lengkap. 

Kemudian secara perlahan, kamu bisa mulai tawarkan katering dalam partai besar untuk berbagai acara. Semakin luas target konsumen, maka bisnis katering kamu akan semakin berkembang. 

  • Bisnis Kue Rumahan

Jika kamu punya keahlian untuk membuat kue, bisnis ini patut dipertimbangkan. Kamu bisa menjual aneka kue kering, kue ulang tahun, hingga kue kekinian yang sedang ramai di pasaran. Modal yang dibutuhkan pun tidaklah besar karena bisnis kue rumahan bisa dijalankan dengan menggunakan sistem pre-order.

Tawarkan ke orang-orang terdekat dulu seperti saudara, tetangga, dan teman. Kemudian kamu bisa menawarkan produk kamu dan menjangkau konsumen yang lebih luas melalui berbagai media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook.  

  • Frozen Food

Ide bisnis lainnya yaitu jualan frozen food atau makanan beku. Berbagai olahan makanan beku ini bisa tahan lama jika disimpan ke dalam freezer. Itulah sebabnya mengapa peminatnya cukup tinggi karena bisa dijadikan sebagai stok makanan praktis yang awet.

Aneka frozen food yang biasa laku di pasaran yaitu nugget, tempura, sosis, bakso, kentang, dimsum, ayam ungkep, dan masih banyak lagi. Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu menyiapkan freezer khusus dan membeli stok dagangan ke agen atau distributor untuk mendapatkan harga murah.

  • Toko Kelontong

Jika kamu punya garasi atau ruang kosong di rumah yang tidak terpakai, manfaatkan untuk membuka toko kelontong. Bisnis ini sangat menjanjikan karena barang-barang yang dijual adalah kebutuhan rumah tangga yang selalu dicari oleh setiap orang. Mulai dari berbagai macam bumbu dapur, sembako, pembersih lantai, peralatan mandi, hingga perlengkapan mencuci pakaian.

Selain itu, kamu juga bisa tambahkan aneka makanan ringan agar semakin menarik, terutama jika daerah tempat tinggalmu banyak anak kecil. Tak perlu langsung menyiapkan stok dagangan dalam jumlah besar, sesuaikan saja dengan modal yang kamu miliki saat ini.

  • Jasa Laundry

Mobilitas masyarakat yang tinggi di zaman sekarang membuat banyak orang menyukai hal yang praktis. Ketika tidak sempat melakukan suatu kegiatan sendiri, maka mereka akan memilih menggunakan jasa. Salah satunya yaitu jasa laundry pakaian.

Bisnis ini berpotensi menghasilkan keuntungan besar asalkan ditekuni dengan sungguh-sungguh. Kamu bisa membuka jasa laundry pakaian kiloan di rumah atau menyewa ruko jika modal mencukupi. Sediakan paling tidak dua unit mesin cuci, setrika, dan pewangi pakaian. Pastikan juga daya listrik cukup karena untuk membuka jasa laundry butuh daya yang besar.

  • Bisnis Tanaman

Jenis usaha yang satu ini belakangan sedang populer dan digemari berbagai kalangan masyarakat. Aneka tanaman herbal, buah, hingga tanaman hias laku keras di pasaran bahkan harga jualnya ada yang mencapai puluhan juta rupiah.

Manfaatkan halaman depan atau belakang rumah untuk memulai bisnis ini. Atau kamu pun bisa mencari tempat yang strategis seperti di pinggir jalan maupun pasar tanaman hias. Promosikan juga melalui situs belanja online dan media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

  • Jualan Jajanan Kekinian

Sebagai ibu rumah tangga, kamu harus pintar melihat peluang yang ada. Nah, jika kamu tinggal di daerah dekat dengan sekolahan atau pusat keramaian, bisnis ini bisa dicoba. 

Ada banyak sekali jajanan kekinian yang bisa kamu jual dengan modal kecil. Mislanya, corndog, churros, dimsum, donat kentang, maupun aneka tempura. Selain membutuhkan modal yang sedikit, bisnis ini juga banyak peminatnya. 

Dari ketujuh ide bisnis di atas, mana nih yang tertarik untuk kamu coba ? Semoga beragam pilihan bisnis yang sudah disebutkan bisa menjadi inspirasi, ya.

Related Posts