Home Bisnis dan Usaha Peluang Usaha Minyak Goreng Kelapa dan Cara Menjalankannya

Peluang Usaha Minyak Goreng Kelapa dan Cara Menjalankannya

by Lara Nifa

Harga minyak goreng sedang melonjak karena keterbatasan pasokan. Di sisi lain, minyak goreng termasuk kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan masyarakat untuk pengolahan pangan sehari-hari. Jika melihat dari sisi bisnis, tentu ada peluang untuk mendapatkan keuntungan dari harga yang melambung tinggi. Caranya dengan menjadi reseller minyak goreng yang halal dan memiliki label BPOM.

Ada alasan kenapa bisnis ini memiliki peluang sukses yang cukup besar. Pertama, minyak goreng kelapa adalah produk yang telah teruji, aman dikonsumsi karena telah melalui beberapa kali penyaringan. Dengan begitu produk tersebut cukup baik dipasarkan di semua tempat saat ini. Kedua, minyak goreng adalah bahan pengolah pangan masyarakat sehari-hari. Tentu pembelinya selalu ada karena barang ini dibutuhkan.

Peluang bisnis minyak goreng cukup mudah dijalankan dalam skala kecil maupun besar. Sangat memungkinkan bagi Anda yang ingin memulainya secara kecil-kecilan dari rumah, namun tetap dapat meraup keuntungan atas penjualan. Tak perlu takut rugi karena resiko kegagalan sangat kecil. Minyak goreng kelapa juga memiliki masa simpan yang cukup lama.

Sebenarnya masih ada alasan lain kenapa Anda harus mencoba peluang usaha ini. Dengan modal kecil saja, ada kemungkinan meraup keuntungan besar. Menariknya lagi usaha minyak goreng dapat dijalankan di semua wilayah tanpa harus menyediakan tempat khusus. Anda bisa berjualan di rumah atau secara online. Ada banyak merek yang dapat dipilih menurut konsumen lebih berkualitas. Jika belum ada agen di kota Anda, manfaatkan kesempatan ini untuk meraih keuntungan besar.

Tertarik menjadi agen? Berikut cara memulainya.

1. Buat Badan Usaha dan Ajukan Izin Dagang

Anda memerlukan izin berusaha dan izin dagang jika ingin membuka bisnis agen minyak goreng. Izin tersebut bersifat penting guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Supaya lebih mudah, cari mitra kerja atau suplier saat Anda telah mengantongi izin usaha. Dengan memiliki legalitas, akan lebih muda juga dalam mengurus pajak, pengajuan kredit ke lembaga keuangan, ketenagakerjaan, hak atas kekayaan intelektual, keikutsertaan dalam tender, dan urusan lainnya.

Keuntungan memiliki legalitas badan usaha yakni sebagai bukti kepatuhan terhadap aturan hukum, sebagai sarana perlindungan hukum, mempermudah mendapat proyek atau tender, dan membantu pengembangan usaha. Berikut langkah-langkah mendirikan badan usaha sendiri:

  •       Membuat akta perusahaan
  •       Mendapatkan SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
  •       Mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)dan NIB (Nomor Induk Berusaha)
  •       Mengurus izin komersial

Saat mendirikan badan usaha, Anda mungkin akan menjumpai beberapa kendala seperti modal, domisili usaha, penentuan bidang usaha, dan paling sering kendala terkait persyaratan administratif. Supaya lebih mudah mengurus legalitas bisnis, gunakan jasa konsultan terpercaya.

2. Pilih Lokasi Usaha Minyak Goreng Kelapa

Salah satu faktor penting yang menentukan sukses tidaknya bisnis minyak goreng adalah lokasi. Untuk menjadi agen, pilihlah lokasi usaha yang dekat dengan pasar rakyat atau pusat belanja barang pokok lainnya. Pastikan kemudahan akses bagi para pelanggan, dan hindari lokasi yang terlalu padat. Anda pun harus memastikan pembuangan limbah aman dan tidak mengotori lingkungan sekitar.

3. Menggaet Produsen Terpercaya

Saat ini ada sebanyak 38 produsen minyak nabati di Indonesia yang tergabung dalam GIMNI (Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia). Anda dapat menggaet salah satu produsen terpercaya dan menjadi distributornya. Sebelum memilih, cek terlebih dahulu harga minyak goreng dari masing-masing produsen minyak kelapa. Saran kami, pilihlah harga dan produsen yang sesuai dengan rencana bisnis Anda.

4. Mencari Mitra Kerja dan Reseller

Konsumen utama dari usaha minyak goreng kelapa adalah reseller. Anda berarti memiliki konsumen tetap apabila sudah punya reseller yang menjual kembali produk. Silahkan promosikan usaha di media sosial untuk mendapatkannya, atau melakukan promosi fisik melalui flyer, pamflet, poster, dan media lainnya. Supaya orang tertarik menjadi reseller bisnis minyak goreng, tawarkan harga yang lebih bersaing dari kompetitor.

Kalau bisa berikan diskon tambahan bagi reseller yang membeli dalam jumlah banyak. Selain reseller, Anda perlu mencari mitra kerja seperti kedai, restoran, dan warung makan. Jadikan mitra kerja sebagai mitra tetap bisnis minyak goreng sendiri. Jika dalam memulai usaha Anda belum menemukan target pasar, berikut beberapa pihak yang berpotensi menjadi pembeli tetap:

  •       Ibu rumah tangga
  •       Penjual gorengan
  •       Acara bakti sosial
  •       Koperasi
  •       Pasar tradisional
  •       Dan masih banyak lagi

5. Teliti Mencatat Setiap Transaksi Bisnis

Catatlah semua transaksi bisnis dalam sebuah buku khusus, Anda tidak boleh melewatkan pembukan ini karena sangat penting perannya pada bisnis minyak goreng.  Selain itu, perlu juga memastikan stok dari supplier aman. Lakukan pengecekan ini secara rutin.

Semoga penjelasan singkat tentang peluang usaha minyak goreng kelapa dan cara menjalankannya membantu Anda menemukan ide bisnis menjanjikan. Sudah siap mencoba? Pastikan membuat perencanaan matang agar sukses mendapatkan keuntungan besar setiap harinya.

Related Posts