Home Bisnis dan Usaha Peluang Usaha Dimsum: Modal Bisa 5 Jutaan Saja!

Peluang Usaha Dimsum: Modal Bisa 5 Jutaan Saja!

by Lara Nifa

Pada saat sekarang ini, dimsum telah menjadi salah satu makanan favorit dan disukai oleh masyarakat kita Indonesia. Dimsum adalah salah satu dari sekian banyak cemilan atau kudapan yang asalnya dari Tiongkok. Dengan mempunyai tekstur lembut dan mempunyai rasa nikmat, dimsum mampu dengan sangat baik dalam memanjakan lidah setiap kita.

Disaat awal kemunculan dimsum, dimsum hanya dapat ditemui di restoran mewah serta hotel saja dan pastinya memiliki harga yang mahal. Namun sekarang ini, dimsum menjadi kudapan atau camilan yang dapat ditemukan di segala penjuru tempat dan memiliki harga yang sangat terjangkau dan dapat dinikmati oleh segala kalangan.

Dengan cita rasanya yang khas, unik, dan lezat, dimsum telah menjadi salah satu dari sekian banyak camilan yang paling digemari oleh kita dan telah menjadikan peluang bisnis yang bagus dan sangat menjanjikan. Modal untuk memulai bisnis ini juga terhitung sangat terjangkau. Dengan modal 5 juta, kamu dapat memulai bisnis berdagang dimsum dan dapat menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

Beberapa tips untuk memulai usaha dimsum

  • Membuat rencana bisnis

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat sebuah rencana bisnis. Rencana bisnis yang dapat kamu lakukan pertama tentunya dengan menyiapkan modal, lokasi atau tempat jualan, target pasar, cara berpromosi, hingga menyiapkan resep dimsum itu sendiri.

Dengan membuat rencana yang matang, dapat membuatmu lebih mudah untuk menjalankan sebuah usaha. Dan apabila suatu ketika kamu memiliki kendala, kamu dapat mengatasinya dengan baik karena sudah memiliki sebuah perencanaan yang matang.

  • Membuat jenis dimsum unik

Agar usaha kamu dapat dilirik oleh para target pasar, kamu harus dapat membuat berbagai jenis dimsum yang bisa kamu padukan dengan karaktermu sendiri.

Kamu dapat melakukan riset di pasaran mengenai jenis-jenis dimsum apa yang akan disukai oleh target pasar dan yang selalu dicari oleh para konsumen atau sesuai dengan permintaan pasar. 

  • Menggunakan bahan-bahan yang berkualitas

Jika ingin membuat dimsum yang memiliki kualitas yang bagus, tentunya harus dimulai juga dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik. Karena jika menggunakan bahan bahan yang berkualitas, tentu akan menghasilkan dimsum yang enak dan menjadi lebih baik dengan tampilan bagus yang memukau para pelanggan.

  • Menentukan harga

Sebelum menentukan harga dimsum yang ingin kamu jual, kamu dapat melakukan beberapa survei di lapangan mengenai harga dimsum yang ada di pasaran. Tentu dalam menentukan harga juga harus dilihat harga pokok penjualan yang telah kamu keluarkan untuk membuat dimsum.

  • Menggunakan alat-alat usaha yang berkualitas

Dengan membuat dimsum, kamu harus dapat memastikan untuk menggunakan alat-alat yang memang bagus dalam pembuatannya. Karena jika kamu menggunakan alat-alat yang biasa saja atau kurang baik, maka dimsum yang kamu hasilkan juga tidak akan sesuai seperti yang kamu harapkan dan dapat berakibat gagal untuk bersaing di pasaran.

  • Menentukan harga

Sebelum kamu menentukan harga untuk dimsum yang akan kamu jual, kam dapat melakukan survei harga dimsum yang ada di pasaran. Hal tersebut tentunya akan membuat kamu lebih mudah untuk menentukan harga jual untuk dimsum yang kamu produksi.

  • Melakukan promosi

Pada saat ini, promosi telah menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena kamu dapat mempromosikan jualan ke akun media sosial pribadimu seperti Instagram ataupun facebook.

Selain melalui media sosial, kamu juga dapat mencoba untuk memberikan tester dimsum kepada teman, kerabat, ataupun tetangga. Dengan mereka mencicipinya, tentunya hal tersebut akan memberikan efek yang sangat baik untuk usaha kamu ke depannya. Untuk mereka yang suka akan hasil dimsum yang kamu produksi, tentunya mereka tidak akan segan segan untuk mempromosikan dan merekomendasikan masakanmu kepada para teman ataupun kerabat mereka.

Beberapa tips untuk membuat dimsum yang berkualitas

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu jadikan sebagai acuan untuk dapat membuat dimsum yang memiliki kualitas bagus dan mempunyai harga terjangkau. Diantaranya :

  • Pilihlah selalu bahan baku yang segar untuk produksi dimsum,
  • Kenali jenis jenis tepung yang dapat digunakan untuk membuat dimsum,
  • Kamu dapat membuat saus dimsum kreasimu sendiri untuk dapat menjadikan dimsum jualanmu memiliki karakter tersendiri,
  • Pakailah air es. Nyatanya air es telah menjadi salah satu kunci untuk dapat membuat dimsum dengan tekstur yang lebih kenyal. Karena dengan menggunakan air es akan dapat menyatukan bahan-bahan adonannya dengan cepat dan tidak akan matang saat dicampur dengan air es.

Demikian beberapa tips dalam membuat dimsum yang dapat kamu jadikan acuan jika kamu suatu saat ini memulai usaha jualan dimsum. Apakah kamu tertarik untuk berjualan dimsum? Dengan ketekunan dan kedisiplinan, pasti usahamu akan dapat berkembang dengan baik. Semangat selalu , ya !

Related Posts