Home Bisnis dan Usaha Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan dan Modal Kecil

Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan dan Modal Kecil

by Greg Pascal
peluang usaha di Desa

Desa sudah bukan lagi tempat terpencil yang identik dengan kemiskinan. Saat ini, sudah banyak peluang usaha di Desa yang bisa membuat pendapatan Anda jauh di atas rata – rata UMK. Dengan kekuatan teknologi internet yang sudah masuk ke Desa, kini peluang tersebut menjadi semakin terbuka lebar. Dengan adanya internet, hal tersebut membuat perekonomian di desa menjadi lebih baik. 

Bagi Anda yang saat ini tinggal di desa dan ingin mendirikan sebuah usaha, mungkin beberapa peluang yang kami rangkum di sini bisa menjadi referensi bagi Anda. Apa saja peluang usaha tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Toko Sembako

Sembako adalah barang kebutuhan pokok manusia. Setiap manusia tidak mungkin bisa lepas dari yang namanya sembako. Membuka toko sembako menjadi modal yang paling aman untuk memulai usaha di desa mengingat sembako juga merupakan kebutuhan primer. 

Sebelum memulai usaha ini, yang perlu Anda pertimbangkan matang – matang adalah soal lokasi. Pilihlah lokasi yang strategis yang memiliki kemungkinan untuk dilewati dan dikunjungi oleh banyak orang. Pikirkan juga mengenai modal dan tempat untuk kulakan barang yang murah, serta kendaraan untuk mengangkut barang dagangan tersebut.

Namun, jika Anda memiliki masalah dalam menentukan lokasi yang strategis karena terkendala modal kecil, Anda bisa membuka toko sembako kecil – kecilan di depan rumah Anda sendiri. 

Modal yang Anda perlukan antara lain adalah rak, etalase, meja dan kursi sebesar 2 jutaan, serta persediaan barang dagangan sebesar 3 jutaan. Jika di total, maka modal yang Anda keluarkan hanya sekitar 5 jutaan saja.

2. Usaha Depot Air Minum

Meskipun desa terkenal dengan lingkungannya yang asri, sumber mata air minum yang berkualitas tidak bisa dengan mudah kita temukan begitu saja. Sedangkan untuk kebutuhan hidup makan dan minum, kita memerlukan sumber air yang berkualitas dan bagus untuk kesehatan kita. Untuk itu, banyak masyarakat desa yang pada akhirnya memilih untuk membeli air untuk makan dan minum. 

Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di desa. Terlebih jika Anda tinggal di lingkungan yang sumber daya air minumnya masih rendah. Modal yang Anda perlukan untuk membuka bisnis ini antara lain adalah peralatan penyulingan, listrik, akomodasi dan galon lengkap dengan tisu dan tutup botolnya.

3. Berjualan Pulsa dan Paket Data Internet

Berjualan pulsa juga merupakan peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan. Pasalnya, sekarang pulsa dan paket data internet sudah menjadi kebutuhan pokok untuk komunikasi di era digital. Untuk membangun bisnis ini Anda tidak harus membangun konter HP dulu, Anda bisa langsung saja berjualan pulsa dan mempromosikannya dari mulut ke mulut atau dari sosial media. Modal yang diperlukan untuk membuka bisnis ini juga tidak mahal. Dengan budget dibawah 1 juta pun, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

peluang usaha di Desa

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Usaha Pertamini

Masyarakat sudah banyak yang memiliki kendaraan bermotor. Bahkan untuk bepergian di jarak yang dekat pun mereka menggunakan sepeda motor. Dengan begitu, konsumsi bensin untuk kendaraan bermotor di desa terbilang cukup tinggi. Ini adalah peluang bisnis untuk Anda. Jika Anda tinggal di desa, apalagi di lingkungan orang – orang yang suka bepergian menggunakan motor dan lokasi rumah Anda cukup strategis, Anda bisa mencoba membuka bisnis pertamini ini. 

Total pengeluaran awal pokok yang Anda perlukan untuk memulai bisnis ini kurang lebih adalah sebagai berikut. 

  • Satu unit alat pertamini = 5 juta
  • 100 liter bensin = 750 ribu 
  • Biaya listrik dan operasional bulanan : 60 ribu 
  • Pengeluaran lain – lain = 1 juta 

Jika ditotal biaya yang Anda keluarkan adalah kurang lebih 7 juta rupiah. Itu hanya pengeluaran awal, yang paling mahal adalah unit pertamini nya. Setelah pertamini terbeli, maka modal di periode berikutnya Anda hanya tinggal mengeluarkan uang sebesar 2 jutaan saja.

5. Usaha Pangkas Rambut

Orang – orang di desa sangat peduli dengan penampilannya, apalagi masalah rambut. Untuk itu, membuka usaha pangkas rambut memiliki prospek yang menjanjikan. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di rumah Anda untuk dijadikan tempat potong rambut. Untuk kursi, Anda juga bisa memanfaatkan kursi yang ada di rumah Anda. 

Selanjutnya, yang Anda perlukan hanyalah seperangkat mesin atau gunting cukur dan cermin yang harganya tidak lebih dari 2 jutaan.

6. Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele adalah salah satu bisnis di desa yang dari dulu tidak ada matinya. Modal yang Anda perlukan untuk bisnis ini tidaklah besar yang Anda perlukan hanyalah kolam ikan lele dan bibit lele nya itu sendiri. Untuk kolamnya, anda bisa menggunakan semen maupun terpal. Estimasi biaya untuk memulai usaha modal kecil ini adalah sekitar 3-5 juta rupiah saja. 

Itulah beberapa peluang usaha di desa yang menjanjikan dengan modal kecil yang bisa Anda terapkan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mencarikan referensi bisnis di desa Anda. 

Related Posts