Home Bisnis dan Usaha Peluang Bisnis Pertanian

Peluang Bisnis Pertanian

by Lara Nifa

Saat ini, apalagi di tengah ancaman pandemi yang mengancam kehidupan masyarakat dunia, peluang bisnis pertanian dianggap mempunyai potensi yang besar agar dapat meraup keuntungan yang besar. Karena, peluang bisnis pertanian tersebut tidak memerlukan modal serta lahan besar dan dapat dikerjakan dari rumah meski di daerah.

Pertanian kerap dianggap sebagai sebuah profesi pedesaan yang kotor, bau, dan panas, padahal sekarang ini sektor pertanian telah mengalami banyak perubahan bahkan di wilayah perkotaan sekalipun. Seperti hidroponik, terarium, hortikultura, adalah beberapa metode pertanian masa kini yang praktis serta tidak memerlukan lahan yang besar.

Mengapa menjalankan bisnis di sektor pertanian memiliki prospek yang bagus kedepannya? Karena selain modal kecil, produk pertanian termasuk kebutuhan pokok manusia yang selalu dicari setiap waktu.

Masyarakat masih begitu banyak yang memiliki anggapan bahwa dengan bekerja kantoran atau bekerja di sebuah perusahan besar menjadi tolak ukur akan kesuksesan, bergengsi serta membanggakan. Namun, tanpa disadari bisnis di bidang pertanian malah dapat menghasilkan keuntungan yang jauh lebih tinggi serta menjadi penggerak putaran perekonomian terbesar tanah air. Nah, dibawah ini ada beberapa rekomendasi peluang bisnis pertanian. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel tersebut sampai habis.

1.       Menjual Bibit Tanaman

Anda bisa menjual bibit tanaman melalui online. Sekarang ini, banyak pemula yang baru mau mencoba menanam sayuran atau buah-buahan. Seperti, bibit bayam, kangkung, wortel, semangka dan tomat yang dapat dijadikan pilihan, sebab cara menumbuhkannya tergolong mudah.

Umumnya, bibit tanaman dipasarkan berupa kemasan kecil serta dikemas dengan cara unik yakni sudah satu paket oleh alat pertanian sehingga dapat menarik minat konsumen.

Untuk skala yang lebih besar, Anda dapat menawarkan produk bibit dengan kualitas terbaik ke pelaku usaha perkebunan dan pertanian sehingga terjalinnya kerjasama serta dapat menjadi mitra jangka panjang.

Anda harus memanfaatkan teknologi internet sebagai tempat atau media promosi, bisa melalui sosial media, marketplace supaya dapat menjangkau calon konsumen lebih luas lagi.Untuk pengiriman produk ini pun akan lebih mudah dan aman, bila mengirimkan ke luar kota sampai luar negeri sekalipun.

2.       Menjual Sayur dan Buah Organik

Bisnis sektor pertanian berikutnya yakni bercocok tanam buah dan sayur organik yang juga masuk dalam kategori bisnis pertanian modal kecil. Sebab, tidak membutuhkan perlengkapan pertanian seperti pupuk buatan atau obat hama.

Kelebihan produk tersebut bebas pestisida dan sejenisnya, sehingga nilai jual sayur dan buah, akan lebih tinggi daripada metode konvensional.

Walaupun harganya mahal, tapi permintaan pasar sangat tinggi sebab masyarakat yang sudah mengerti dan sadar akan menjalankan pola hidup lebih sehat serta bersih dari berbagai sentuhan bahan kimia.

Jadi, Anda tidak perlu cemas dengan target pembeli, apalagi bila dapat menawarkan sebuah produk yang murah dan segar dibanding harga jual yang ada di supermarket. Selain itu, sistem pengiriman juga dirasa akan memudahkan para konsumen sebab tidak perlu lagi meluangkan waktu mereka untuk datang atau mencari tempat penjual.

3.       Menjual Tanaman Rempah

Bisnis atau usaha pertanian berikutnya yakni menjual tanaman rempah. Sekarang ini, bisa dikatakan masih minim pelaku usaha yang mengambil ide bisnis tersebut sebagai peluang usaha mereka.

Tanaman obat serta rempah mempunyai pasarnya sendiri sebab harus diolah dahulu untuk menjadi obat herbal atau obat alternatif. Tanaman lengkuas, jahe, jeruk purut, kencur mempunyai permintaan yang stabil serta terus mengalami peningkatan di pasaran, hal membuatnya lebih mudah dipasarkan dan dijual secara luas.

Sebetulnya, peluang usaha satu ini mempunyai risiko lebih kecil daripada budidaya buah dan sayur. Dimana keuntungannya pun tidak kalah besar. Maka dari itu, bila tertarik Anda dapat mencoba terjun ke bidang bisnis tersebut. Jika dilakukan dengan tepat, maka keuntungan akan menghampiri.

4.       Menjual Tanaman Hidroponik

Tanaman sayuran yang dihasilkan lewat metode hidroponik sekarang ini sedang tinggi peminat sehingga sangat cocok untuk dijadikan peluang usaha Anda yang ingin menjalankan bisnis bidang pertanian. Hal ini dikarenakan tanaman hidroponik ini sangat aman sebab tidak memakai pestisida apapun. Selain itu, jauh lebih bersih dan higienis dimana sama sekali tidak bersentuhan dengan tanah serta tidak gampang terserang oleh hama.

Akan tetapi, jika ingin menjalankan bidang pertanian dengan bercocok tanam di media tanah, tentu akan memerlukan lahan yang lebih besar. Maka dari itu, sistem hidroponik menjadi solusi tepat untuk Anda yang ingin bercocok tanaman sayuran atau buah dengan lahan yang kecil.

Khususnya di kota besar, dimana sedikit ada kesulitan untuk mendapatkan media tanam seperti tanah, karena hidroponik menggunakan metode tanam memakai media air. Banyak orang yang belum mengetahui cara bercocok tanam menggunakan metode hidroponik, padahal sebetulnya sangat mudah dilakukan. Apalagi banyak contoh yang bisa Anda tiru melalui Youtube, atau media lain yang bisa memberikan informasi secara mudah dan praktis.

Related Posts