Peluang Bisnis Franchise yang Dapat Dicoba

Apabila Anda berencana untuk memiliki sebuah bisnis, tetapai tidak terlalu memahami tentang cara memulainya. Anda baiknya mencoba menjalankan usaha franchise, karena dengan begitu Anda tidak

Lara Nifa

[addtoany]

Apabila Anda berencana untuk memiliki sebuah bisnis, tetapai tidak terlalu memahami tentang cara memulainya. Anda baiknya mencoba menjalankan usaha franchise, karena dengan begitu Anda tidak akan direpotkan dengan hal-hal seperti membuat strategi pemasaran dan lainnya.

Franchise sendiri merupakan konsep bisnis atau usaha yang biasanya digunakan oleh satu organisasi guna menjadikan usahanya semakin berkembang lebih luas dan dikenal banyak orang.

Kemudian, ketika ada yang ingin bekerja sama untuk menjalankan bisnis tersebut, maka harus mengeluarkan sejumlah dana dan memperoleh keuntungan :

  • Sudah memiliki brand
  • Sudah diajari setiap langkahnya
  • Mendapatkan panduan
  • Sudah memperoleh izin usaha
  • Sudah mempunyai konsumen

Untung Rugi Franchise

Bila berbicara mengenai keuntungan dan kerugian dari bisnis ini tentunya juga ada dan memang wajib diketahui oleh Anda sebelum memutuskan untuk membeli :

  1. Keuntungan 
  • Ketika Anda memutuskan untuk membeli franchise, tidak perlu memikirkan tentang manajemen bisnis. Sebab Anda cukup menjalankannya saja, karena pengusaha yang berani menawarkan franchise berarti sudah yakin bila produknya telah teruji.
  • Tidak perlu membangun bisnis dari awal, karena franchise sudah memiliki manajemen yang baik dan strategi matang.
  • Sudah memiliki pelanggan sendiri yang memang setia dengan produk tersebut.
  1. Kerugian
  • Modal awalnya cukup besar, karena memang sudah memiliki nama.
  • Terdapat kontrak dalam jangka waktu tertentu.
  • Biasanya ada ada biaya royalti dan harus dibayarkan tiap tahun.
  • Menjaga reputasi dari brand yang Anda beli.

Rekomendasi Franchise Makanan

  • Waralaba Ayam Goreng

Setiap orang pastinya menyukai makan yang satu ini. Ayam goreng, menu ini merupakan makanan favorit siapapun. Apabila Anda tertarik untuk franchise, silahkan mencoba menghubungi beberapa bisnis ayam goreng terkenal, misalnya seperti Hisana, Olive, Popeye dan masih banyak yang lainnya lagi.

  • Waralaba Snack Taiwan

Selanjutnya yang populer sejak 2008 adalah snack taiwan. Dimana saat itu yang terkenal adalah brand bernama Shihlin dan saat ini sudah mulai banyak brand-brand lain dengan konsep sama. Seperti ChicLin, Popchop Chicken, D’Crispy Taiwan dan masih banyak lainnya.

  • Waralaba Crepes

Siapa diantara Anda yang suka sekali makan Crepes? Cemilan yang satu ini memang enak, cara menyantapnya juga beragam. Ada yang hangat, ada pula yang diberi ice cream tergantung selera masing-masing orang.

Bila Anda tertarik ada beberapa brand besar yang memiliki banyak konsumen dan memang mempersilahkan siapapun yang ingin bermitra dengan mereka, contohnya Candy Crepes, D’Crepes, O’Crepes dan masih banyak lainnya.

Rekomendasi Franchise Minuman

  • Waralaba Kopi

Awalnya memang kopi hanya dinikmati oleh orang-orang yang menyukainya saja. Namun, belakangan ini menjadi populer dan disukai banyak orang karena bisa kembangkan. Jadi, tidak hanya disajikan secara hangat dan hitam pekat.

Sekarang, kopi bisa dinikmati dengan berbagai varian dan pastinya semakin banyak penikmatnya. Bila tertarik untuk bermitra, Anda bisa menghubungi Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Almamater Kopi dan masih banyak lainnya.

  • Waralaba Minuman Coklat

Menu yang satu ini juga banyak digemari oleh banyak orang terutama anak muda. Minuman coklat sudah pasti menyegarkan, apalagi ada penelitian yang mengatakan bila coklat bisa membuat menjadi lebih rileks. 

Rasa dari coklat yang manis dan pahit mampu memikat hati banyak orang yang meminumnya. Untuk franchise minuman ini yang menawarkan memang memberikan kesempatan untuk bisa bekerja sama seperti Soklat Banget, PasCo dan lainnya.

  • Waralaba Boba

Walaupun minuman boba sudah eksis sejak lama, namun tren dari minum ini mulai meningkat secara drastis sejak 2019 silam dan sejak memasuki 2020, mulai semakin banyak franchise kuliner menjual boba dan terkenal seperti Gulu Gulu, Street Boba, Haus!, Boba Time dan masih banyak yang lainnya lagi.

Rekomendasi Franchise Umum

Bila Anda belum atau tidak tertarik dengan franchise di sektor kuliner, maka Anda dapat mencoba membeli bisnis franchise pada sektor lainnya, misalnya seperti :

  • Waralaba Bengkel

Tentunya kendaraan memerlukan perawatan secara berkala dan pastinya Anda harus melakukannya di bengkel. Nah, bila Anda memang memiliki minat dibidang otomotif, tidak ada salahnya untuk mencari dan bekerja sama dengan franchise bengkel. Apalagi jika di kawasan tempat tinggal Anda masih jarang, maka Anda bisa memilih Bengkel BOS untuk waralabanya.

  • Waralaba Cuci Mobil

Setiap orang yang mempunyai kendaraan pasti perlu mencuci mobil atau motornya paling tidak seminggu sekali. Namun, sayangnya banyak pemilik kendaraan yang tidak memiliki waktu untuk sekedar mencucinya.

Jadi, mengapa tidak Anda saja yang membantu mereka. Caranya bekerja sama dengan perusahaan cuci mobil yang memang membuka kesempatan tersebut, misalnya seperti MACSAUTO, CMA, dan masih banyak lagi.

Demikianlah rekomendasi 8 bisnis waralaba yang bisa Anda dicoba. Namun, pastikan dulu modal Anda cukup untuk membayar franchise tersebut. Kemudian, walaupun dikatakan tidak perlu bingung dalam mencari konsumen. Tetapi Anda tetap harus mencari lokasi strategis untuk mulai menjalankannya.

Related Post