Home Karir Orang Terkaya di Indonesia Menurut Forbes, Siapa Saja

Orang Terkaya di Indonesia Menurut Forbes, Siapa Saja

by Lara Nifa

Majalah Forbes sudah menerbitkan daftar orang terkaya di dunia termasuk di Indonesia pada tahun 2022 yang cukup menarik. Forbes memberikan daftar tersebut bukan sembarangan begitu saja, namun berdasarkan riset dan hal yang sudah banyak diketahui dari beberapa kekayaan dan juga jumlah seluruh kekayaan yang dimiliki.

Kekayaan tersebut berupa aset pribadi dan perusahaan atau publik mulai dari real estate, mobil, seluruh perhiasan, kemudian pesawat dan masih banyak yang lain. Namun, Forbes sudah melakukan suatu perkiraan tentang keuntungan sebagai cara untuk menghargai usaha pribadi yang sudah jadi kepemilikan personal.

Mungkin kamu juga sudah penasaran siapa saja orang terkaya di Indonesia yang dikutip oleh Forbes Real Time Billionaires di tahun 2022 ini. 

Daftar Orang Terkaya di Indonesia Dikutip Dari Forbes 2022

Berikut ini adalah daftar dari orang terkaya di Indonesia berdasarkan kutipan dari Forbes tahun 2022. Simak yuk ada siapa saja!

R. Budi Hartono & Michael Hartono dari Grup Djarum

Masuk daftar pertama adalah R. Budi Hartono dan Michael Hartono dari Grup Djarum. Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak dari perusahaan apa. kekayaan yang dimiliki oleh kedua bersaudara ini masing-masingnya memiliki 21,4 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 313,9 triliun. 

Kemudian juga 20,6 miliar dolar Amerika Sekitar atau juga setara dengan uang Rp 302 triliun. Tidak salah jika Forbes menempatkan kedua bersaudara dari Grup Djarum yang satu ini jadi peringkat pertama karena mereka juga masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Mereka berdua masuk dalam daftar peringkat untuk orang terkaya di dunia dan sudah masuk ke daftar urutan ke 64 dan juga urutan ke 69.

Chairul Tanjung dari CT Corp

Selanjutnya yang masuk daftar nomor dua untuk orang terkaya di Indonesia dari Forbes adalah Chairul Tanjung yang memiliki CT Corp. Tercatat untuk kekayaannya adalah 7,5 miliar dolar AS atau bisa dikatakan setara dengan Rp 110 triliun. Bahkan, ada hal yang harus kamu ketahui juga bahwa Chairul Tanjung juga masuk ke dalam daftar orang paling kaya di dunia untuk 2022 dan ada di daftar urutan ke 263.

Sri Prakash Lohia dari Indorama Corporation

Untuk urutan ketiga ada di Sri Prakash Lohia yang memiliki Indorama Corporation. Forbes menyatakan Sri Prakash Lohia sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia karena kekayaan yang dimilikinya ada pada 6,6 miliar dolar AS atau sama dengan Rp 96,8 triliun. Untuk posisi orang terkaya di dunia, Ia mendapatkan urutan di nomor, yang dulu sudah masuk dalam daftar nomor 404 di tahun lalu.

Dari Grup Barito, Prajogo Pangestu

Lanjut pada urutan selanjutnya adalah pemilik dari Grup Barito yakni Prajogo Pangestu yang memiliki kekayaan sebesar 5,4 miliar dolar AS yang juga sama saja dengan nilai Rp 79,2 triliun. Untuk urutan di daftar orang terkaya di dunia, Prajogo Pangestu masuk dalam daftar ke 471 yang ternyata di tahun 2021 yang lalu Ia berhasil masuk dalam urutan ke 404. 

Grup yang satu ini pengusaha dalam bidang perkayuan yang sebelumnya sudah ada sebelum adanya krisis ekonomi pada tahun 1997 silam.

Low Tuck Kwong dari Bayan Resource

Daftar selanjutnya adalah pendiri Bayan Resource yang sudah berhasil masuk ke daftar orang terkaya di Indonesia dari Forbes. Perusahaan yang satu ini beroperasi dalam bidang tambang batu bara. Forbes menyatakan Low Tuck Kwong sebagai orang terkaya di Indonesia 2022 karena kekayaannya ada di 4,1 miliar triliun AS atau sama dengan Rp 54 triliun. Selain itu, Ia juga berhasil masuk dalam daftar orang terkaya di dunia pada urutan ke 801.

Theodore Rachmat dari Triputra Group

Kekayaan yang dimiliki Theodore Rachmat adalah 3,3 miliar dolar AS dan sama dengan Rp 48 triliun. Diketahui, sekarang ini Theodore sudah memimpin anak perusahaan yakni PT. Adi Sarana Armada Tbk serta memimpin PT. Dharma Satya Nusantara Tbk.

Maka dari itu, tidaklah kaget jika Theodore masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Selain itu, Ia juga masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia yang masuk ke dalam urutan ke 91.

Wijono & Hermanto Tanoko dari Avia Avian

Perusahaan yang dibangun pada tahun 1978 yang lalu sudah berkembang dengan pesat dalam bidang pengolahan dan juga dagang cat. Jika kamu tidak asing dari nama perusahaannya, kamu tidak salah memang mereka memiliki bisnis yang bernama “Cat Avian” yang sudah populer di telinga rakyat Indonesia.

Wijono dan Herman Tanoko memiliki total kekayaan hingga 3,2 miliar dolar AS atau  Rp 46,9 triliun. Selain itu, mereka juga masuk dalam urutan ke 1.012 dalam daftar orang terkaya di dunia dari Forbes.

 

Related Posts