Home Administrasi Negara dengan Biaya Kuliah Terjangkau

Negara dengan Biaya Kuliah Terjangkau

by Lara Nifa

Apakah kamu termasuk yang punya mimpi untuk kuliah di luar negeri tapi terkendala biaya ? Biaya yang mahal memang menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang memilih mengubur mimpinya untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Faktanya, tidak semua negara di luar negeri memungut biaya yang mahal. 

Selain biaya pendidikannya yang murah, biaya hidup di tujuh negara berikut ini juga sangat terjangkau dan bisa kamu jadikan referensi.

  • Jerman

Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang menjadi favorit banyak orang untuk melanjutkan studi. Negara ini dikenal mempunyai pendidikan yang berkualitas dan  universitas-universitas terbaik di dunia. 

Soal biaya kuliah, jangan khawatir karena Jerman terhitung mempunyai biaya pendidikan yang murah bahkan gratis. 

Berapa sih biaya yang mesti kamu keluarkan untuk kuliah di Jerman? Kamu hanya perlu merogoh kocek antara 400 hingga 500 euro atau jika dirupiahkan sekitar 6-8 juta per tahun. Terbilang murah, kan? Biaya tersebut diperuntukkan bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. Jika kamu belum terlalu mahir dengan bahasa Jerman, jangan khawatir karena kelas-kelas berbahasa inggris atau kelas internasional sudah banyak tersedia di universitas-universitas di negara ini.

  • Perancis 

Negara yang terkenal dengan menara eiffel-nya ini juga termasuk dalam kategori terjangkau karena kamu hanya perlu mengeluarkan biaya kurang lebih 600 euro per tahunnya.

Kamu juga bisa melanjutkan studi kuliah dengan biaya gratis yang ditawarkan oleh beberapa program beasiswa bahkan ada juga beasiswa yang menanggung biaya hidup disana seperti sewa apartemen, akses transportasi umum dan lain-lain.

  • Norwegia

Tidak hanya menjadi destinasi wisata karena keindahan alamnya yang menajubkan, tapi Norwegia juga termasuk salah satu tujuan studi di Eropa yang sudah banyak meraih penghargaan. Biaya kuliah di negara ini bisa dikatakan paling terjangkau karena pemerintahnya menerapkan pendidikan gratis bagi siapa saja dan di tingkat apapun.

Bagi mahasiswa internasional hanya dikenakan biaya administrasi sebesar 600 NOK atau setara dengan 1 juta rupiah per semester. Dan inilah beberapa pilihan universitas terbaik di Norwegia yang bisa kamu jadikan referensi untuk melanjutkan studi :

  • Universitas Oslo

Universitas tertua dan paling pertama di Norwegia ini berdiri pada tahun 1813. Bidang studi yang terbaik di Universitas Oslo yaitu Hukum dan Ilmu Pengetahuan Alam.

  • Norwegian University of Science and Technology 

Universitas yang dikenal dengan singkatan NTNU ini cocok untuk kamu yang memiliki minat pada bidang Sains dan Teknologi. 

  • Universitas Arktik Norwegia 

Universitas ini berdiri pada tahun 1968 dan sudah banyak dikenal dengan Universitas Tromsø (UiT). Tak hanya terkenal sebagai lembaga pendidikan yang top, Universitas Arktik Norwegia juga merupakan lembaga penelitian paling besar di antara universitas terbaik di Norwegia.

  • Rusia

Semakin banyak yang memilih Rusia sebagai tujuan untuk menempuh pendidikan. Dikarenakan biaya pendidikan di Rusia yang relatif terjangkau, kamu hanya perlu menyiapkan uang mulai dari 5 hingga 17 juta per tahun. Selain itu, biaya hidup di sebagian besar kota Rusia juga cukup rendah sehingga negara ini wajib masuk daftar rekomendasimu.

  • Taiwan

Di kawasan Asia, ada negara Taiwan yang juga menawarkan biaya kuliah murah dan terjangkau. Syarat untuk masuk ke universitas-universitas di Taiwan pun tidaklah sulit. Biaya yang mesti kamu keluarkan untuk menempuh pendidikan di negara ini yakni sekitar 20 juta hingga 30 juta per tahun baik untuk pendidikan sarjana maupun magister.

Salah satu universitas yang sering dijadikan tujuan studi adalah National Taiwan University. Bisnis &Manajemen, Ilmu Sosial & Media, dan Sains menjadi jurusan yang unggul di universitas ini. 

  • Malaysia 

Negara tetangga Indonesia ini sudah semakin populer sebagai tujuan untuk melanjutkan studi. Perihal biaya kuliah yang harus dikeluarkan hampir sama dengan Taiwan yaitu 20 juta sampai 60 juta rupiah. Demikian juga dengan biaya hidupnya yang terjangkau tidak jauh berbeda dengan di Indonesia yakni sekitar 4 juta per bulan bahkan bisa kurang dari itu. Beberapa universitas terkemuka di Malaysia yang bisa kamu pilih di antaranya:

  • Universiti Malaya (UM) yang telah memiliki dua akreditasi internasional dari Association of MBAs (AMBA) dan Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Jurusan yang unggul di kampus ini yakni bidang Bisnis, Teknik dan Teknologi.
  • Universiti Putra Malaysia (UPM) yang unggul pada jurusan Kehutanan dan Pertanian.
  • Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) merupakan universitas yang meraih ranking 13 versi QS World University dan masuk daftar 50 universitas terbaik tingkat dunia.

  • Belanda

Belanda termasuk negara dengan kualitas pendidikan tinggi berkelas dunia dengan biaya kuliah yang tergolong rendah yaitu sekitar 1900 hingga 15.000 euro atau setara 33 juta hingga 264 juta setiap tahunnya. Beberapa kota seperti Den Haag, misalnya merupakan salah satu destinasi studi yang favorit untuk bidang studi Keadilan, Politik Internasional, dan Ekologi.

Related Posts