Home Bisnis dan Usaha Modal Mulai dari Rp100 Ribu, Begini Peluang Bisnis Ikan Hias

Modal Mulai dari Rp100 Ribu, Begini Peluang Bisnis Ikan Hias

by Lara Nifa
Modal Mulai dari Rp100 Ribu, Begini Peluang Bisnis Ikan Hias

Untuk Anda yang ingin membuka usaha namun modal terbatas sebab keuangan sedang surut diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Pilihan usaha dengan modal ringan pastinya menjadi salah satu pilihan tepat dari sedikit pilihan yang tersedia dalam upaya untuk memperoleh uang tambahan.

Jenis usaha dengan modal murah yang berjalan di tengah pandemi cukup bervariasi. Mulai dari profesi sebagai kurir, menjual makanan online hingga ikan hias. Nah, ikan hias sendiri ternyata sedang menjadi salah satu bentuk usaha modal kecil yang bisa berjalan dengan baik di tengah pandemi.

Tidak ada yang menyangka bahwa bisnis ikan hia pada musim pandemi mampu memberi keuntungan yang cukup menjanjikan. Meningkatnya minat akan ikan hias pada suasana pandemi menjadi alasan mengapa bisnis ikan hias salah satu contoh peluang usaha yang memiliki prospek cemerlang.

Anda bi bayangkan sendiri, keuntungan yang dapat Anda peroleh dari menjalankan bisnis ikan hias dapat mencapai tiga kali lipat dari besaran modal, dan bahkan dapat menjadi mahal lagi bila ikan mempunyai motif tubuh yang unik serta langka. Dengan begitu keuntungan dapat Anda peroleh bisa 10 kali lipat dari modalnya.

Peluang Bisnis Ikan Hias

Membuka bisnis ikan hias sebetulnya tidak begitu sulit.  Asal Anda mengetahui jenis ikan yang Akan ada jual-belikan. Nah, sebelum memutuskan untuk membuka bisnis ikan hias, mari simak beberapa peluang yang membuat ikan hias sangat layak untuk Anda pilih sebagai ide bisnis di tengah pandemi.

1.       Bisnis dan Hobi Berjalan Bersamaan

Jika Anda memiliki hobi memelihara ikan hias, usaha ini sangat cocok untuk Anda jalankan. Usaha yang berawal dari hobi tentu akan menyenangkan. Bayangkan apabila Anda menjalankan hobi sambil mengembangkan bisnis, tentu akan sangat seru.

Tidak hanya itu, Anda pasti sudah mengetahui kebutuhan dasar dalam memulai bisnis ikan hias terlepas dari cari untuk membesarkannya, memasarkannya, serta mencari solusi jika menemukan hambatan nantinya. Nah, disitulah kesempatan Anda memperoleh keuntungan besar yang bisa Anda dapatkan dari bisnis tersebut.

2.       Tidak Memerlukan Area yang Luas

Media ikan hias tentunya sangat berbeda dengan media ikan yang memang untuk dikonsumsi, seperti budidaya ikan mas atau budidaya ikan lele yang memerlukan area yang besar dan luas. Ruang rumah atau teras rumah dapat Anda jadikan tempat budidaya ikan hias yang tidak terlalu memakan tempat yang banyak.

Sebuah akuarium sudah sangat cukup untuk dijadikan media untuk berbisnis ikan hias. Meski begitu, kualitasnya harus tetap Anda jaga supaya warna dari ikan selalu mencolok dan terang. Anda mungkin harus mengeluarkan dana yang tidak begitu banyak untuk bisa memiliki akuarium sebagai upaya awal membuka bisnis tersebut. Apalagi akuarium tersebut akan menjadi nilai investasi pada usaha ikan hias ini.

3.       Mudah Dibesarkan

Selama Anda memiliki pengetahuan terkait cara membudidayakan ikan khususnya ikan hias, maka urusan dalam membesarkan ikan tersebut pun bukan suatu masalah berarti. Anda cukup mengetahui pengetahuan umum serta kebiasan ikan hias yang dibudidayakan. Faktanya banyak para pebisnis ikan hias yang berhasil, itu berarti kemungkinan Anda berhasil juga lumayan besar, untuk itu Anda harus banyak-banyak menggali informasi terkait ikan hias yang akan Anda pilih untuk diperjualbelikan.   

4.       Dapat Dibudidayakan Secara Mandiri

Usaha ikan hias dapat dijalan dengan mandiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Anda mungkin akan membutuhkan sedikit tenaga guna memindahkan ikan hias ke tangki serta membersihkannya. Tapi sah-sah saja apabila Anda membutuhkan bantuan kepada orang lain supaya semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat. Perlu Anda ingat, jika menggunakan jasa orang lain maka Anda harus memberinya sebuah imbalan atau upah.

5.       Turut Melestarikan Jenis Ikan Tersebut

Dengan memulai usaha ikan hias, Anda secara tidak langsung sudah turut melestarikan ikan-ikan yang sedang Anda budidayakan. Tidak hanya sekedar mengambil untung, namun Anda juga selalu memastikan ikan-ikan tersebut tetap hidup serta sehat dan terhindar dari yang namanya kepunahan.

6.       Tingginya Permintaan Ikan Hias

Ikan hias memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat. Tidak hanya dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah saja. Para pecinta ikan hias membeli ikan hias untuk ditaruh di restoran, toko bahkan kantor tempat mereka bekerja.

Tips Memulai Usaha Ikan Hias

Supaya Anda tidak salah langkah dalam memulai usaha ikan hias, berikut ini terdapat tips untuk Anda antara lain:

1.       Menentukan target pasar

Tidak hanya orang kaya saja yang memiliki area lahan luas untuk mengoleksi ikan hias kesukaan mereka, rakyat kelas bawah dan menengah juga dapat memelihara ikan hias meski hanya menggunakan akuarium kecil atau menggunakan toples kaca.

Apabila menargetkan pasar dari kalangan menengah kebawah yakni ikan hias yang hidupnya di air tawar. Dimana ikan hias jenis ini tidak membutuhkan perawatan khusus, seperti conta ikan koki dan ikan cupang.

2.       Memiliki Pengetahuan Pemeliharaan Ikan

Agar mengurangi risiko kegagalan atau ikan menjadi mati, Anda harus mengetahui cara dalam memelihara ikan hias. Haram bagi para pebisnis jika membiarkan ikan hias begitu saja di akuarium. Ikan-ikan tersebut membutuhkan perawatan. Jika ikan hias dirawat dengan tepat, para pelanggan akan senang ketika melihatnya lalu tertarik untuk membelinya.

Related Posts