Home Bisnis dan Usaha Modal Kecil Untung Besar, Yuk Coba Usaha Thrift Shop

Modal Kecil Untung Besar, Yuk Coba Usaha Thrift Shop

by Lara Nifa
Modal Kecil Untung Besar, Yuk Coba Usaha Thrift Shop

Seperti namanya, thrift merupakan sikap berhemat atau salah satu cara penggunaan uang supaya terhindar dari yang namanya pemborosan.

Thrift shop sendiri yang berarti toko atau suatu usaha yang menawarkan barang-barang bekas baik itu dari luar atau dari dalam negeri.

Dari tahun 2013, jenis perdagangan untuk barang-barang bekas sudah mulai masuk ke negara Indonesia, mulai dari produk yang langka sampai barang dari brand-brand terkenal. Namun di dalam bisnis tersebut, apapun produk dan nama brandnya, tak akan masalah selama kondisi dari barang tersebut baik dan layak digunakan dan masih bisa diperjualbelikan.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Thrift Shop

1.       Modal Kecil Tapi Untung Besar

Apa yang membuat bisnis thrift shop bisa dijalankan dengan modal kecil? Alasannya yaitu barang-barang bekas yang Anda beli dari penyuplai dapat diperoleh dengan harga jual yang begitu miring sesuai kondisi produk tersebut. Umumnya pakaian yang dijual akan dihitung dalam bentuk karungan dan dapat berisikan ratusan pakaian yang harganya berkisar satu juta, sementara Anda dapat menjual kembali dengan harga 25 ribu sampai 75 ribu sesuai kondisi barang.

2.       Banyak Barang Murah Tapi Bagus

Begitu besar kemungkinan Anda mendapatkan sebuah barang yang bermerek dan sebetulnya memiliki harga jual yang tinggi bila membelinya di toko resmi. Umumnya pakaian ini adalah produk reject atau produk gagal yang tidak dapat memenuhi standar produk yang sudah ditetapkan dari sebuah produsen pakaian tertentu. Hal itulah yang menjadi faktor dimana barang tersebut dijual ke para supplier spesialis barang bekas yang Anda beli untuk menjalankan bisnis thrift shop. Tentunya Anda harus sabar dalam memilih ribuan pakaian, sebab membutuhkan ketelitian agar memperoleh pakaian bagus.

Jenis Produk Thrift Shop

Di dunia usaha atau bisnis thrift shop, terdapat beberapa jenis produk yang bisa diperjualbelikan, dimana seseorang bisa menjual dan menawarkan barang seperti celana, pakaian, topi, sepatu dan lain-lain. Nah, terkait jenis-jenis barang atau produk yang bisa diperjualbelikan di bisnis Thrift shop ini, silahkan simak semua penjelasannya dibawah ini.

1.       Pakaian

Pertama adalah pakaian bekas, dimana ini bisa Anda jadikan andalan apalagi saat baru memulai bisnis tersebut, untuk jenis dari pakaian sendiri cukup banyak. Bisa seperti jaket, kemeja, celana bahan, celana jeans, kolor dan masih banyak lagi.

Selain itu Anda juga harus tahu, dimana semakin terkenal nama brand dari produk tersebut, itu berarti nilai jualnya juga bisa lebih tinggi dari barang lain walaupun status barangnya bekas. Karena jenis produk seperti ini adalah produk yang paling tinggi peminatnya di pasaran Indonesia sekarang ini.

2.       Jam Tangan

Di thrift shop Anda juga bisa menemukan produk seperti jam tangan, tidak tanggung-tanggung jam tangan bekasnya pun datang dari berbagai merk terkenal seperti Patek Philippe, Rolex, Omega serta Hublot bisa dijadikan salah satu barang Anda.

Namun, apabila modal yang Anda miliki terbatas, Anda tetap bisa menjalankan bisnis jam tangan bekas dengan mengambil jam tangan bekas buatan lokal seperti eiger, Woodka dan Expedition yang termasuk sering dicari banyak orang di thrift shop.

3.       Tas

Selain jam tangan bekas, tas termasuk barang yang juga kerap diperjualbelikan di dalam bisnis tersebut. Semakin populer brand atau merk dari tas tersebut, tentu harganya akan semakin bernilai. Namun, hal ini kembali ke target pasar yang Anda targetkan, sebab Andalah yang akan menentukan siapa target pasar yang Anda kejar, apakah mereka dari kelas atas, menengah atau bahkan ekonomi bawah.

4.       Sepatu

Sepatu juga termasuk barang thrift shop paling dicari. Khususnya untuk jenis sepatu langka yang susah didapatkan. Bahkan, Anda memiliki kesempatan untuk menjualnya dengan harga jauh lebih tinggi lagi bila terdapat kardus dan nota pembelian dari barang tersebut.

5.       Buku

Buku-buku bekas juga menjadi pilihan lain dari banyaknya jenis bisnis thrift shop ini. Seperti buku-buku yang sering digunakan oleh siswa sekolah sampai buku-buku langka yang diburu para kolektor buku. Buku tersebut begitu banyak macamnya, berupa novel, buku panduan, kamus bahasa, cerpen, sampai komik.

6.       Perhiasan

Pastinya, produk satu ini merupakan produk yang tidak bisa dimulai jika hanya dengan modal terbatas, namun kebutuhan orang akan emas membuatnya terus memiliki prospek di pasaran sebab umumnya nilainya akan selalu naik setiap waktu. Apalagi ada sertifikat resmi dari perhiasan yang dijual.

7.       Produk Rumah Tangga

Barang-barang rumah tangga juga bisa Anda dapatkan di thrift shop yang produknya berupa gelas, piring kaca, karpet, penggorengan sampai panci.

Pastinya Anda perlu memperhatikan produk yang akan Anda jual supaya pembeli percaya dan merasa puas lalu kembali lagi untuk memesan produk yang lain.

Related Posts