Salah satu langkah penting dalam dunia bisnis atau usaha adalah promosi. Promosi diperlukan agar bisnis atau produk yang kita jual dapat dikenal oleh konsumen atau masyarakat sehingga mereka tertarik dengan produk yang kita jual dan akhirnya membelinya.
Namun untuk membuat sebuah promosi untuk bisnis atau produk yang kita buat yang baik tentu bukan hal yang mudah. Karena jika promosi yang dibuat tidak efektif dan tepat sasaran maka hanya akan membuang buang uang tanpa memberikan timbal balik yang sesuai dengan yang kita harapkan.
Untuk itulah seorang pengusaha perlu memikirkan strategi promosi yang bagus dan efektif untuk meraih target pasar yang diinginkan.
Dilansir dari halaman site MBA skool , strategi promosi adalah sebuah metode yang dipakai oleh sebuah perusahaan dalam mempromosikan dan menjual produk mereka. Dalam memilih strategi promosi didasarkan pada faktor faktor misalnya jenis produk , biaya , target pasar dan lain lain.
Strategi promosi merupakan langkah yang penting dalam meningkatkan pengenalan produk yang dapat mendorong peningkatan penjualan. Melalui strategi promosi yang efektif bisnis kita akan mendapatkan lebih banyak pendapatan atau laba. Untuk melakukan Strategi Promosi yang tepat dan efektif perlu diperhatikan hal hal berikut.
1 . Tujuan Promosi :
2. Target pasar /konsumen : untuk siapa produk atau bisnis yang kamu buat ditujukan
3.Budget /Biaya : berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk membuat sebuah promosi
4. Tindakan , strategi atau cara apa yang kamu lakukan untuk melakukan promosi
5. Jenis promosi : pilih jenis promosi yang sesuai dengan tujuan dan anggaran/biaya
6. Kampanye promosi
7. Evaluasi kampanye promosi
Setelah mengetahui hal hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan promosi maka langkah selanjutnya adalah dengan memikirkan strategi promosi yang tepat agar produk dapat cepat dikenal pasar dan memberikan hasil atau keuntungan dari banyaknya penjualan. Untuk itu ada beberapa strategi promosi yang bisa dilakukan oleh seorang pengusaha atau pemilik bisnis antara lain.
Strategi Promosi untuk Perusahaan
- Memaksimalkan social media untuk promosi
Penggunaan media social seoperti instagram, whatsapp, youtube, facebook, twitter sampai tiktok untuk promosi kini seakan menjadi hal wajib dilakukan oleh pemilik bisnis atau usaha agar produknya dapat cepat dikenal oleh konsumen.
- Membuat website
Meski sekarang website seakaan kalah pamor dalam alat promosi dibanding social media, namun keberadaan fungsi website ini tetaplah sangat penting karena dengan memiliki website bisnismu akan terlihat lebih profesional. Dengan website juga bisnismu akan lebih mudah dideteksi oleh mesin pencari terutama jika target pasar yang dituju untuk produk atau bisnis yang dipasarkan adalah perusahaan besar maupun pasar internasional.
- Promosi lewat marketplace
Salah satu alat promosi yang mempunyai kekuatan besar sekarang ini adalah lewat marketplace, dengan berbagai kepraktisannya. Saat ini konsumen akan lebih suka berbelanja online menggunakan marketplace yang menjadi favoritnya. Untuk para pemilik bisnis dan usaha, perlu memiliki salah satu atau beberapa marketplace untuk promosi produknya sekaligus untuk memasarkannya.
- Promosi menggunakan endorsement
Semakin meluasnya penggunaan dan semakin banyaknya penikmat media social telah melahirkan creator creator atau public figure yang terkenal dan disukai oleh para pengguna media sosial atau yang lebih dikenal sebagai netizen. Keberadaan para creator, dan public figure sosmed inio bisa dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis atau usaha untuk alat promosi produk atau bisnis mereka agar lebih dikenal oleh konsumen dan mendorong agar produk atau bisnis yang dipasarkan akan semakin dikenal dan bahkan meningkatkan penjualan.
- Penggunaan Iklan baik cetak maupun visual
Promosi dengan membuat iklan baik cetak maupun visual mungkin adalah cara yang konvensional dan sudah dilakukan oleh para pemilik bisnis ataupun usaha sejak dulu. Namun iklan baik cetak maupun audio visual tetaplah sangat penting dalam promosi iklan tidak saja hanya dipasang di televisi atau radio. Iklan juga bisa dipasang di media digital misalnya di youtube ataupun memasang banner digital di aplikasi ataupun membuat video video singkat untuk di upload di story media sosial ataupun alat komunikasi seperti whatsapp, line dan lain lain.
Jika strategi promosi dan alat promosi sudah diterapkan , selanjutnya adalah menggunakan alat promosi yang tepat sesuai dengan target pasar yang dituju. Jika target pasar yang dituju adalah generasi muda , maka promosi lewat media social seperti instagram, twitter, dan tiktok adalah pilihan yang tepat ,ditambah dengan pemilihan public figure dan creator sosmed yang tepat . Jika pasar yang dituju adalah para orang yang gemar belanja online maka penggunaan marketplace adalah pilihan utama untuk promosi, promosikan produk atau bisnis dengan disertai bonus seperti diskon, cashback , giveaway taupu bebas ongkir akan membuat produk akan lebih cepat dikenal dan sekaligus meningkatkan penjualan. Apabila target pasar yang dituju adalah kalangan bisnis profesional seperti perusahaan maupun pasar internasional maka perlu memaksimalkan penggunaan website karena jangkauannya yang global.