Home Bisnis dan Usaha Mengenali Karakter Produk Untuk Menyusun Strategi Pemasaran

Mengenali Karakter Produk Untuk Menyusun Strategi Pemasaran

by Lara Nifa

Strategi pemasaran tentu memiliki peranan yang besar bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Tanpa adanya strategi pemasaran, bisnis sulit untuk berkembang dan hampir selalu stagnan. Tidak hanya berlaku bagi bisnis berskala besar saja namun juga para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Sebelum melakukan penyusunan strategi pemasaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah mengenali karakter produk atau product knowledge. Sebab, produk merupakan tokoh utama dalam suatu bisnis. Jika strategi pemasaran yang dijalankan tidak sesuai dengan bisnis dan karakter produk itu sendiri, maka bukan tidak mungkin bisnis tersebut sulit untuk mencapai targetnya.

Bagaimana calon konsumen akan tertarik membeli barang atau menggunakan jasa jika pelaku bisnis tersebut tidak mampu memberikan informasi yang detail terkait produknya ? Itulah mengapa penting bagi setiap bisnis untuk mengenali karakteristik produk yang akan dijualnya.

Poin Penting Dalam Mengenali Karakter Produk

Hal-hal apa saja yang harus diketahui para pelaku bisnis mengenai produknya ? Berikut kami rangkum beberapa poin penting dalam memahami sebuah produk.

  • Informasi Dasar Produk

Sebelum suatu produk itu ditawarkan ke konsumen, penting bagi pebisnis untuk mengetahui informasi dasar produk. Apa itu ? Setiap hal yang menjadi dasar mengapa produk tersebut diciptakan atau asal mulanya munculnya produk tersebut. Misalkan, adanya ponsel pintar atau gadget yaitu untuk memudahkan orang-orang dalam menjalankan berbagai aktivitasnya sehari-hari.

  • Kegunaan Utama Produk

Mengetahui kegunaan dan fungsi utama dari sebuah produk sangat penting dilakukan. Para pelaku bisnis harus memahami secara detail bagaiman kegunaan dari produknya sendiri. Karena penilaian baik atau tidaknya produk di mata konsumen, salah satunya ditentukan dengan melihat apakah produk itu berfungsi dengan baik atau justru sebaliknya. Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang menjual berbagai macam laptop harus mengetahui kegunaan dari masing-masing jenis laptop. Sehingga apabila ada konsumen yang sedang mencari laptop untuk desain grafis, perusahaan tersebut bisa memberikan rekomendasi mana saja laptop yang sesuai.

  • Desain Atau Model Produk

Bagi beberapa industri, terutama fashion dan furniture, mengetahui secara detail desain atau model produk juga bisa memengaruhi tingkat penjualan. Karena kebanyakan konsumen akan meminta pendapat terkait model mana yang cocok digunakan. Dalam hal ini, pemilihan warna yang tepat juga termasuk yang harus diketahui.

  • Material Dasar Produk

Keunggulan sebuah produk dinilai dari bahan atau material dasar yang digunakan. Karena produk dengan jenis yang sama bisa berbeda hasilnya jika menggunakan material dasar yang berbeda pula. Hal ini juga akan menjadi pembeda dengan produk milik pesaing yang jenisnya sama namun berbeda campuran materialnya.

Oleh karena itu, penting bagi para pebisnis untuk memahami material serta komponen apa saja yang ada di dalam produknya. Sehingga konsumen lebih mudah untuk mengetahui keunggulan dari produk tersebut.

  • Masa Pakai Dan Perawatan Produk

Sebagian besar produk pasti memiliki masa kadaluwarsa yang artinya tidak bisa digunakan atau dikonsumsi lagi jika sudah melewati batas masa pemakaian. Inilah pentingnya bagi para pebisnis untuk mengetahui hal  tersebut.

Selain masa pakai, bagaimana sebuah produk yang dijual ke konsumen itu harus dirawat juga mesti dipahami. Jika produk tersebut lebih unggul dari pesaing lainnya, kemungkinan masa pakainya lebih lama dan perawatannya mudah dilakukan. Hal itu tentu harus dijelaskan terlebih dahulu kepada para konsumen agar mereka bisa menilai bahwa produk tersebut unggul dari yang lain.

  • Benefit Produk

Setiap konsumen yang ingin melakukan pembelian pada sebuah produk, kebanyakan mungkin akan bertanya-tanya benefit atau manfaat apa yang akan didapatkannya. Siapa pun pasti tidak ingin membeli sesuatu yang tidak ada benefitnya.

Di sinilah peran para pebisnis untuk bisa mengetahui benefit dari produknya. Karena di beberapa produk yang sama, sangat mungkin akan menjadi berbeda benefitnya saat digunakan konsumen dengan segmentasi yang berbeda. Misalkan, bagi para ibu rumah tangga, produk pembersih lantai digunakan sebagai penghilang noda di lantai rumah. Sedangkan bagi beberapa nelayan, produk pembersih yang sama digunakan sebagai pembersih lumut pada perahu agar tidak licin.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mengenali karakteristik dari produk yang akan dijual, baik barang maupun jasa itu sangat penting sebagai dasar penyusunan strategi pemasaran. Setiap hal detail pada produk harus bisa dipahami bagi para pelaku bisnis beserta karyawannya.

Dengan begitu, mudah bagi para pebisnis untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat agar bisa meningkatkan penjualan. Hal tersebut juga akan menjadi senjata bagi mereka untuk meyakinkan para konsumen dan para investor. Menjadikan pengetahuan produk sebagai landasan untuk menjalankan berbagai langkah strategis merupakan keputusan yang tepat.

Demikianlah artikel mengenai poin-poin penting dalam mengenali karakter produk dan seberapa pentingnya untuk menyusun strategi pemasaran. Semoga bermanfaat !

Related Posts