Mengenal Yuk Nabung Saham, Raih Keuntungan untuk Masa depan

Yuk Nabung Saham merupakan ajakan kepada masyarakat Indonesia sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham secara rutin. Secara berkala, masyarakat menyisihkan

Greg Pascal

[addtoany]

yuk nabung saham

Yuk Nabung Saham merupakan ajakan kepada masyarakat Indonesia sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham secara rutin. Secara berkala, masyarakat menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk dibelikan saham atau produk pasar modal lain seperti reksadana, atau ETF (Exchange Trade Fund). 

Masyarakat dapat memilih lebih dari 500 saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Dengan adanya Yuk Nabung Saham, diharapkan dapat menjadi gerakan nasional yang dapat membawa masyarakat Indonesia tidak hanya gemar menabung uang di bank, tapi juga gemar berinvestasi di pasar modal. 

Kampanye ini akan disebarkan melalui televisi, sosial media, koran, dan media informasi lainnya yang berskala nasional. Kampanye ini juga akan diikuti dengan kegiatan edukasi pasar modal yang akan secara masif menjangkau masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. 

Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan perusahaan sekuritas, manajer investasi, perusahaan tercatat, dalam mengkomunikasikan Yuk Nabung Saham secara bersama-sama. Dengan menggunakan fasilitas auto debit, maka pembelian saham atau produk pasar modal lainnya akan secara otomatis dilakukan sesuai dengan instruksi yang telah diberikan masyarakat kepada perusahaan sekuritas atau manajer investasi yang dipilih. 

Dengan meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat Indonesia untuk secara rutin berinvestasi di pasar modal, kinerja pasar modal Indonesia dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat Indonesia. Investasi cerdas untuk masa depan yang sejahtera. 

Mengapa harus investasi di pasar modal Indonesia

1. Investasi saham bersifat transparan

Ketika Anda menjual atau membeli saham yang ingin Anda miliki atau yang sudah Anda miliki, transaksi sangat mudah dilakukan. Transparan maksudnya adalah Anda dapat mengetahui besarnya nilai permintaan dan penawaran setiap transaksi yang terjadi. Anda juga dapat mengetahui laporan keuangan perusahaan yang Anda pilih. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gambaran tentang perusahaan yang ingin Anda miliki. 

yuk nabung saham

Baca Artikel Selanjutnya :

2. Keuntungan berinvestasi saham

Investasi saham memiliki dua keuntungan. Keuntungan pertama adalah capital gain (selisih harga jual dan beli). Di mana harga jual saham Anda lebih tinggi daripada harga beli saham Anda. Maka selisih dari dua transaksi ini akan menjadi keuntungan untuk Anda. Keuntungan ini disebut capital gain. 

Keuntungan investasi saham yang kedua adalah deviden (keuntungan hasil penjualan produk). Arti dari dividen adalah pembagian keuntungan hasil penjualan produk-produk perusahaan. Misalnya saja Anda membeli produk perusahaan kimia farma, maka maka seluruh obat yang diproduksi oleh kimia farma keuntungannya akan dibagikan juga kepada Anda. Mengapa? Karena Anda adalah bagian dari pemilik perusahaan kimia farma. 

3. Mengejar ketertinggalan terhadap inflasi

Inflasi adalah kenaikan harga barang secara terus menerus yang menyebabkan masyarakat memerlukan pendapatan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Daya beli masyarakat yang meningkat cenderung mendorong terjadinya inflasi. Dengan investasi, Anda akan mendapatkan keuntungan dari investasi saham Anda. 

4. Investasi aman

Anda ragu berinvestasi karena tidak aman? Jangan khawatir, investasi sudah terjamin aman. Karena kegiatan investasi diawasi oleh pemerintah.. Hal ini dimuat dalam peraturan OJK nomor 49 tentang dana perlindungan pemodal. Pada pasal 23 ayat 3 dinyatakan bahwa ganti rugi diberikan dalam bentuk dana sebesar nilai aset yang hilang dan atau sesuai dengan batasan paling tinggi untuk setiap pemodal atau investor. 

Dengan adanya surat keputusan OJK ini maka Anda mendapatkan jaminan keamanan. Hal ini akan mengurangi rasa cemas Anda dalam berinvestasi saham dan nabung saham. Namun apabila Anda masih ingin belajar lebih lanjut untuk mengetahui lebih dalam, tentu tidak ada salahnya.

5. Salah satu sifat nasionalis

Ketika Anda membeli sebuah perusahaan, maka Anda turut memajukan perekonomian negara. Mengapa demikian? Karena ketika Anda melakukan transaksi jual beli, Anda dikenakan pajak. Pajak ini dibayarkan kepada pemerintah nantinya. Dengan kontribusi Anda terhadap pemerintah dengan membayar pajak, maka perekonomian dapat terus tumbuh. 

Jumlah investor lokal di pasar modal Indonesia lebih sedikit dibandingkan dengan investor luas. Ketika investor luar secara serentak menarik dananya dari Indonesia dengan cara menjual kepemilikan di perusahaan besar, maka perekonomian Indonesia dapat turun drastis. Dengan

Mengapa harus investasi saham

Dari banyaknya instrumen keuangan yang ada di Indonesia, saham memiliki imbal hasil yang paling tinggi. Peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan akan besar. Namun, wajar saja risiko saham juga tinggi. Risiko paling tinggi dalam investasi saham mencapai 95%, keuntungannya sangat sedikit. 

Apabila Anda dapat mengelola uang Anda dengan pengetahuan yang Anda miliki, maka Anda akan mendapatkan keuntungan besar dan meminimalisir risiko. Apabila Anda cermat membaca laporan keuangan, mengamati pergerakan harga, tidak menutup kemungkinan Anda akan sukses dalam berinvestasi saham. 

Demikianlah pengenalan Yuk Nabung saham. Apabila Anda tertarik berinvestasi, tidak ada kata terlambat untuk Anda. Anda dapat mulai belajar berinvestasi sekarang juga. Memang Anda tidak akan langsung menjadi profesional karena salah satunya memerlukan proses. Namun usaha tidak akan menghianati hasil.

Related Post