Mengenal Tentang Bank Dunia yang Membantu Mengurangi Kemiskinan

Bisa dikatakan bahwa Bank Dunia merupakan lembaga internasional yang memiliki manfaat dalam mendukung atau memberi suatu dana, kemudian ada konsultasi dan juga bisa dalam penelitian

Lara Nifa

[addtoany]

Bisa dikatakan bahwa Bank Dunia merupakan lembaga internasional yang memiliki manfaat dalam mendukung atau memberi suatu dana, kemudian ada konsultasi dan juga bisa dalam penelitian untuk diberikan pada negara yang sedang berkembang. Hal ini supaya bisa memberikan manfaat yang besar berupa bantu perekonomian jadi lebih maju dibanding sebelumnya.

Terdapat 189 negara yang merupakan anggota dari bank dunia. Supaya bisa masuk jadi bagian dari bank dunia dan menjadi salah satu anggotanya ada hal yang harus diperhatikan. Negara itu sendiri harus sudah jadi bagian dari IMF terlebih dahulu.

Tujuan dari terbentuknya bank dunia sendiri adalah supaya bisa memberantas kemiskinan yang ada di beberapa negara. Apalagi memang negara itu sendiri masih berkembang, dengan adanya pendapatan negara yang menengah bahkan juga rendah.

Mengenal Lebih Dekat Bank Dunia

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa membantu kamu lebih kenal dalam mengenal bank dunia jadi lebih dekat. 

Sejarah dari Bank Dunia

Tahun 1944 adalah tahun didirikannya Bank Dunia dengan diberikan nama Bank Dunia Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan atau disingkat dalam bahasa inggris jadi IBRD. Tujuan awal dari pembentukannya sendiri adalah memberikan bantuan dalam bentuk dana yang akan diberikan pada sebagian negara yang sedang mendapatkan kerugian yang disebabkan oleh adanya Perang Dunia II.

Jika berkata sejarah dari bank dunia di awal sendiri mulai dari konferensi yang dikenal dengan Bretton Woods yang dalam konferensi tersebut dihadiri oleh 44 negara atau delegasi. Kemudian, dalam hasil dari pertemuan tersebut selain dari IBRD ada juga IMF atau dana moneter internasional.

Dan pinjaman yang diberikan pertama kali adalah pada negara Prancis, selanjutnya ada sebagian negara di Eropa lainnya yang juga diberikan pinjaman dari Bank Dunia. Namun, seiring berjalannya waktu dari adanya rekonstruksi dan juga pembangunan yang dilakukan kembali di sebagian negara yang mendapatkan dampak dari Perang Dunia II tersebut tujuannya pun jadi berubah. 

Sedangkan negara yang pertama kali menerima bantuan dari Bank Dunia sendiri di Eropa adalah Chile di tahun 1948. Dalam bantuan tersebut direncanakan untuk pembangunan adanya pembangkit tenaga air untuk listrik.

Untuk bantuannya sendiri yang diberikan kepada Chile dari bank dunia adalah US$ 13,5 miliar.

Fungsi dari Bank Dunia

Adapun fungsi dari bank dunia yang harus kamu ketahui adalah memberikan bantuan kepada beberapa negara yang masih berkembang dan juga merencanakan pembangunan yang lebih layak kepada negara agar mampu membangun suatu infrastruktur dan juga ekonomi. Hal itu dilakukan supaya bisa bantu negara berkembang mengenai kemiskinan yang jadi berkurang dalam suatu standar bagi kehidupan warga negara tersebut.

Fungsi dan Peran yang Dimiliki Bank Dunia Terhadap Negara Berkembang

Ada juga beberapa peranan atau fungsi yang dimiliki oleh Bank Dunia yang wajib kamu ketahui yakni : 

  1. Menyusun suatu strategi supaya bisa membersihkan adanya kemiskinan yang ada di sebagian negara 
  2. CAI atau dikenal juga dengan Clean Air Initiative yakni inisiatif yang dimiliki oleh Bank Dunia yang bisa membantu inovasi jadi lebih meningkat. Khususnya dalam membantu perbaikan kualitas mengenai udara yang jadi lebih bersih di negara-negara yang masih berkembang.
  3. Bisa bantu memberikan kesehatan masyarakat jadi lebih meningkat, terutama di beberapa negara yang masih berkembang. Dalam hal ini, Bank Dunia memberikan bantuan berupa persediaan makanan bagi negara yang miskin yang ada sesuai tujuan.
  4. Ada juga kontribusi yang diberikan oleh Bank Dunia mengenai iklim yang berubah dengan cara dana yang diberikan sebagai bantuan kepada negara.
  5. Ikut serta dalam proses membentuk ekonomi yang jadi lebih stabil agar akan jadi tetap stabil untuk investasi dan suatu perencanaan dalam jangka panjang.
  6. Bantu lestarikan lingkungan hidup yang ada di negara-negara berkembang.
  7. Memberikan dukungan dalam bisnis yang masih berkembang yang ada dalam sektor swasta, khususnya yang ada di negara-negara berkembang.

Tujuan dari Bank Dunia

Ada tujuan dari Bank Dunia yang haru kamu ketahui dari Bank Dunia untuk Internasional.

  1. Memberikan bantuan berupa rekonstruksi dan juga memberikan pembangunan yakni dengan memberikan modal untuk investasi. Tentu saja atas tujuan di negara yang sudah ada.
  2. Memberikan dorongan investasi yang dilakukan dengan cara memberi jaminan dan memberi pinjaman juga bisa.
  3. Bantu dalam bidang perdagangan internasional yang bisa memberikan pertahanan saldo pembayaran yang jadi lebih seimbang.
  4. Membuat susunan pinjaman internasional yang bisa memberikan bantuan dana untuk jalannya proyek negara yang besar dan bisa yang kecil yakni menggunakan jaminan.
  5. Pada dasarnya fungsi dari Bank Dunia sendiri sebagai pemberi pengaruh terhadap investasi internasional supaya ekonomi yang akan tercipta dengan keadaan yang damai.

Related Post