Home Administrasi Mengenal Smart SIM Beserta Kelebihan dan Alur Pembuatannya

Mengenal Smart SIM Beserta Kelebihan dan Alur Pembuatannya

by Greg Pascal
smart sim

Berkembangnya dunia teknologi membuat semua hal juga turut berkembang. Contohnya saja SIM (Surat Izin Mengemudi) yang biasa digunakan sebagai lisensi mengemudi ini mengalami perubahan. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri secara resmi mengeluarkan Smart SIM sebagai inovasi baru di era yang serba digital ini.

Hadirnya inovasi baru ini, jadi angin segar bagi para pemilik kendaraan bermotor di Indonesia. Sebab, SIM baru ini tidak hanya digunakan sebagai lisensi saja, tetapi juga berfungsi untuk dompet digital juga.

Namun, inovasi yang dikeluarkan Korlantas Polri ini juga menuai polemik di tengah masyarakat. Sebab, masih ada banyak orang yang belum mengetahui kegunaan dari inovasi di bidang lalu lintas ini. Bahkan masih banyak orang yang mempertanyakan mengenai Smart SIM ini. Nah, buat Anda yang masih penasaran dengan inovasi baru ini, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Smart SIM

SIM Smart adalah sebuah inovasi yang dikeluarkan Korlantas Polri yang ditujukan untuk pengendara kendaraan bermotor yang ada di Indonesia. Inovasi ini pertama kali diluncurkan pada Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64, yang dilaksanakan di Gedung Basket Gelora Bung Karno Jakarta pada Minggu, 22 September 2020.

Seperti namanya, inovasi ini ditujukan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari, khususnya yang berhubungan dengan pelayanan publik di bidang lalu lintas. Sebab, SIM model baru ini, dilengkapi dengan chip yang bisa merekam jejak pelanggaran lalu lintas yang Anda lakukan.

Perbedaan SIM Lama dengan Smart SIM

Lalu, untuk menjawab pertanyaan pemilik kendaraan bermotor tentang perbedaan smart SIM card dengan SIM card biasa yang mungkin sudah mereka miliki? di bawah ini adalah rekap otoflik.com lengkap di bawah ini.

Dalam menjawab pertanyaan ini, seperti yang telah kami sampaikan di atas, tentunya banyak sekali perbedaan yang bisa dilihat dan didapatkan. Pertama, dari segi fisik, yang jelas terlihat berbeda dengan kartu SIM pada umumnya. Bahkan bisa dikatakan jauh lebih bahasa Indonesia.

Kemudian dibedakan pula format identitasnya dengan rekamannya. Di sinilah pada kartu SIM pintar ini Anda akan mendapatkan tampilan identitas yang lebih sederhana dan diberi label dengan angka di bagian depan. Kemudian Anda tidak akan lagi melihat sidik jari pada kartu SIM pintar Anda.

Dan yang tentunya menjadi perbedaan antara SIM lama dan Smart SIM jelas teknologi yang ditanamkan ke dalam smart SIM dalam bentuk chip. Di sinilah chip akan menyimpan semua data pemilik yang tersimpan rapi di server polisi.

Selain itu, ada perbedaan lain yang mungkin hanya diketahui sedikit orang. Dimana yang membedakan adalah tanggal kadaluarsa kartu SIM tersebut. Jika SIM lama Anda ditentukan oleh tanggal lahir Anda, tetapi Anda tidak melihatnya di Smart SIM ini karena masa berlaku diganti dengan periode pembuatan kartu SIM.

smart sim

Baca Artikel Selanjutnya :

Kelebihan Smart SIM

Berikut ini beberapa kelebihan Smart SIM yang perlu Anda ketahui:

1. Rekam Data Forensik

Smart SIM memiliki chip di dalamnya. Yang berisi data pemegang kartu, termasuk data forensik, disimpan dalam chip ini. Data forensik ini dicatat dari semua data registrasi yang dimasukkan oleh pemegang kartu.

Data forensik ini termasuk identitas sesuai KTP, nama orang tua, alamat pribadi, nomor ponsel dan nomor kontak yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat. Chip tersebut juga menyimpan data sidik jari, meski tampilan sidik jari tidak ada di kartu fisik. Sidik jari ini akan digunakan oleh polisi untuk keperluan investigasi dan investigasi.

2. Rekam Pelanggaran Lalu Lintas

Sesuai dengan namanya yang pintar, chip pada kartu SIM juga mencatat semua pelanggaran data yang dilakukan oleh pemegang kartu saat mengemudi. Data pelanggaran ini akan diperbarui untuk setiap pemegang kartu yang melakukan pelanggaran dan akan dibawa ke kantor polisi. Semua pelanggaran yang dilakukan pengemudi dicatat di server IRSMS Korlantas.

3. Catat Data Kecelakaan

Chip di Smart SIM juga akan menyimpan data kecelakaan yang melibatkan pengemudi. Polisi akan memperbarui data ini dan secara otomatis disimpan di server polisi.

4. Bahan Evaluasi

Karena semua data riwayat pengemudi disimpan dengan hati-hati di server, data ini akan digunakan sebagai bahan evaluasi ketika pemegang kartu bermaksud untuk melakukan upgrade.

5. Dompet DIgital

Chip yang tersimpan di kartu SIM juga bisa berfungsi sebagai uang elektronik atau dompet digital dengan pengisian hingga 2 juta rupiah yang bisa digunakan untuk membayar parkir, tol, hingga pembelian.

6. Layanan Edukasi Lalu Lintas

SIM Pintar juga menyediakan fitur augmented reality untuk mengakses layanan pendidikan keselamatan di jalan raya.

Cara Membuat Smart SIM

Setelah Anda mengetahui apa itu SIM SIM dan kelebihannya jika dibandingkan dengan SIM lama, berikut ini cara membuat smart SIM dan syarat-syaratnya.

1. Syarat Pembuatan Smart SIM

Berikut ini syarat pembuatan SIM Smart:

  • Usia minimal untuk SIM A, C dan D adalah 17 tahun, SIM B1 20 tahun dan SIM B2 21 tahun.
  • KTP, formulir permohonan SIM dan juga rumusan sidik jari
  • Sehat jasmani dan rohani yang melampirkan surat keterangan dari dokter dan tes psikologi
  • Lulus uji teori, praktek dan juga keterampilan
  • Syarat tambahan untuk SIM B1 adalah memiliki SIM A setidaknya 12 bulan, sedangkan untuk SIM B2 harus mempunyai SIM B1 lebih dulu.

2. Langkah-langkah Pembuatan Smart SIM

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat Smart SIM secara online.

  • Registrasi ke halaman sim.korlantas.go.id
  • Isi formulir registrasi yang disediakan, seperti permohonan SIM, golongan SIM, alamat, nomor HP yang aktif dan data pribadi lainnya
  • Lakukan pembayaran registrasi, setelah Anda menerima kode bayar registrasi, melalui mobile banking dan alat pembayaran digital lainnya, maksimal 3 jam setelah registrasi
  • Anda akan menerima kode registrasi melalui SMS atau email.
  • Pergi ke lokasi Gerai/Satpas/ SIM Keliling yang Anda pilih saat pengajuan SIM secara online
  • Setelah itu, akan dilakukan pengecekan data
  • Melakukan identifikasi dan verifikasi, seperti sidik jari, pengambilan foto dan tanda tangan
  • Melakukan uji teori dan praktek buat Anda yang mengajukan pembuatan SIM baru
  • Jika Anda lulus ujian, Smart SIM akan segera diterbitkan

Sebagai catatan, layanan pembuatan SIM online hanya berlaku untuk Anda yang ingin membuat SIM A dan C saja.

Itu dia beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai Smart SIM. Jika Anda masih menggunakan SIM model lama atau belum mempunyai SIM, segera ajukan permohonan pembuatan SIM Smart, sebab biaya pembuatannya tidak jauh berbeda dengan SIM lama.

Related Posts