Home Perencanaan Mengenal Pengertian Asuransi dan Manfaatnya

Mengenal Pengertian Asuransi dan Manfaatnya

by Lara Nifa
pengertian asuransi

Apakah Anda berniat untuk ikut asuransi? Jika iya, apakah Anda tahu apa sebenarnya asuransi tersebut? Pada dasarnya asuransi sendiri adalah sebuah rencana dalam kehidupan dan berurusan erat dengan keamanan finansial Anda. 

Asuransi sangat disarankan untuk dimiliki setiap masyarakat Indonesia, karena sejatinya asuransi akan memiliki manfaat yang sangat besar. Jadi sebenarnya, apa pengertian dari asuransi? Lalu apa saja manfaatnya yang bisa Anda dapatkan? Untuk lebih jelas, mari simak penjelasanya berikut ini. 

Pengertian Asuransi yang Harus Anda Ketahui 

Pada dasarnya asuransi sendiri adalah salah satu tindakan pengaman yang Anda ambil sebelum terjadi kejadian yang belum tentu akan terjadi. Sehingga pengertian dari asuransi sendiri adalah sebagai bentuk dari sebuah pengendalian resiko. 

Dimana Anda akan mengalihkan resiko yang mungkin akan terjadi kepada pihak ketiga. Dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. Sehingga Anda pun akan memperoleh keuntungan yang nantinya dinikmati di masa depan. 

Asuransi dalam bahasa Inggris adalah Insurance yang mempunyai arti pertanggungan. Jadi, bisa Anda simpulkan, asuransi merupakan sebuah perjanjian antara Anda dan perusahaan asuransi. Dimana nantinya ketika Anda akan mengalami sebuah kondisi yang ada dalam perjanjian dan Anda mendapatkan kerugian, maka Anda akan mendapatkan ganti rugi. 

Kondisi ganti rugi dan besarannya sendiri akan disesuaikan dengan perjanjian yang telah Anda lakukan bersama dengan perusahaan asuransi. Hal ini sendiri karena asuransi mempunyai banyak sekali jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Itulah yang membuat Anda harus memilih jenis asuransi yang tepat. 

Secara umum, Anda sudah tahu apa pengertian dari asuransi. Dibawah ini sendiri adalah beberapa pengertian yang diungkapkan oleh para ahli: 

Subekti 

Bagi Subekti, asuransi merupakan sebuah perjanjian dan bersifat untung-untungan. Pembuatan perjanjian pun dilakukan dengan sengaja dan didasari akan sebuah kejadian atau kondisi yang belum terjadi. Kondisi itulah yang akan menentukan mana pihak yang mendapatkan keuntungan dan kerugian. 

Emmy Pangaribuan 

Emmy Pangaribuan menyatakan bahwa asuransi merupakan sebuah perjanjian antara penanggung dan tertanggung yang saling terikat. Dalam hal ini tujuan dari pihak tertanggung adalah untuk terhindar dari resiko kehilangan, kerusakan dan ketiadaan yang disebabkan oleh banyak hal. 

Abbas Salim 

Abbas salim menyatakan jika asuransi adalah sebuah keinginan dalam menentukan sebuah kerugian dengan jumlah sedikit atau kecil. Dimana akan terjadi penggantian akan kerugian yang besar dan disebabkan oleh kejadian yang belum atau mungkin terjadi. Dapat disimpulkan bahwa masyarakat orang lebih memilih membayar kerugian sedikit demi sedikit pada saat ini agar mampu menghadapi kerugian di masa depan. 

Dari pengertian di atas, maka bisa terlihat jelas bahwa asuransi adalah perencanaan keuangan yang dilakukan sekarang demi mengganti kerugian yang mungkin terjadi di masa depan. Tentu saja, akan sangat tepat sekali bagi Anda yang ingin mendapatkan rasa aman dan tenang menyongsong masa depan. 

Manfaat Asuransi Bagi Kehidupan Anda

Setelah mengetahui pengertian dari asuransi, maka selanjutnya Anda harus tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan. Apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dengan ikut asuransi? Berikut ini adalah manfaatnya: 

  1. Mendapatkan perasaan tenang 

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan ketika ikut asuransi adalah memperoleh perasaan tenang. Seperti yang sudah disinggung bahwa asuransi akan membantu Anda untuk mengamankan finansial di masa depan. Contoh paling mudah adalah asuransi kesehatan. 

Dimana dengan adanya asuransi kesehatan, maka Anda tidak akan kebingungan untuk mencari dana lagi. Karena seperti yang Anda tahu bahwa urusan kesehatan tidaklah murah. Terlebih jika mengalami kejadian luar biasa seperti tindakan operasi atau perawatan di rumah sakit. Jadi, dengan adanya asuransi pun Anda tidak akan memikirkan apapun lagi. 

  1. Asuransi adalah tabungan dan investasi 

Jika Anda sadari bahwa asuransi ini mirip dengan tabungan atau investasi. Ketika Anda sudah bergabung dengan perusahaan asuransi, maka akan ada premi atau biaya yang dibayarkan setiap bulan atau dalam kurun waktu tertentu. Jika nantinya di masa depan terjadi hal yang tertulis di kontrak atau polis asuransi, maka Anda akan mendapatkan ganti rugi.

Contoh paling mudah adalah asuransi jiwa yang menanggung kehidupan Anda di masa depan. Asuransi jiwa biasanya akan bisa di klaim ketika nasabah sudah meninggal. Dimana nantinya uang asuransi ini akan diberikan kepada keluarga. Jadi, secara tidak langsung Anda sudah menabung untuk memberikan kehidupan kepada keluarga. 

  1. Pengaturan keuangan lebih mudah 

Karena sebagai nasabah Anda harus membayar premi yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Sehingga secara tidak langsung Anda pun akan mengatur sedemikian rupa untuk masalah keuangan agar bisa membayar kewajiban ini. Anda pun jadi tidak akan begitu saja menghamburkan uang. 

Itulah penjelasan dari pengertian asuransi serta manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika ikut asuransi. Apapun jenis asuransinya, Anda pun tetap akan mendapatkan manfaat yang sama. Jadi, siapkan diri Anda untuk bergabung dalam satu asuransi. 

Related Posts