Home Investasi Mengenal Lebih Dekat Bursa Saham

Mengenal Lebih Dekat Bursa Saham

by Lara Nifa
mengenal bursa saham

Bursa saham juga disebut dengan nama bursa efek yang merupakan konstituen paling penting di dalam pasar modal, dimana bursa efek merupakan pasar terorganisir untuk urusan pembelian serta penjualan sekuritas bidang industri serta keuangan. Bursa efek merupakan tempat paling nyaman yang mana penjualan sekuritas dikerjakan dengan cara sistematis, yakni berdasarkan aturan serta regulasi yang sudah ditetapkan.

Mengenal Apa Itu Bursa Saham

Pihak investor penjual dan pembeli saham serta investasi lainnya lewat bursa saham. Untuk istilah dari bursa saham sendiri merujuk ke salah satu dari beberapa indeks pasar saham, seperti Anggota Bursa (AB) atau Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebuah bursa merupakan wadah dimana investor membeli serta menjual saham, obligasi, waran hingga opsi.

Merujuk ke pengertian dari bursa saham yakni bursa saham adalah faktor terpenting di bidang pasar modal. Dimana bursa saham merupakan tempat yang nyaman dan aman untuk melakukan transaksi perdagangan saham dan dilakukan melalui cara sistematis. Sekuritas yang dibeli serta dijual berdasarkan aturan dan juga regulasi yang sangat terstruktur sedemikian rupa yang tercantum dalam UU No.8 tahun 1995.

Efek atau sekuritas yang disebutkan barusan adalah obligasi atau surat utang serta saham yang sudah diterbitkan oleh pihak perusahaan publik yang terdaftar secara resmi pada bursa saham, obligasi atau surat utang yang telah diterbitkan oleh pemerintah, badan publik dan kota.

Umumnya obligasi diperdagangkan OTC atau Over the Counter, namun hanya sedikit saja obligasi korporasi yang diperdagangkan pada bursa saham. Untuk bursa efek sendiri bisa menegakkan regulasi dan aturan pada perusahaan dan broker yang telah terdaftar di dalamnya. Itu berarti bursa saham merupakan forum yang mana mana sekuritasnya seperti obligasi serta saham dapat dibeli dan jual. Hal ini dapat berupa platform perdagangan via online dan juga offline.

Fungsi Bursa Efek

Sebagai wadah atau tempat seorang investor melakukan perdagangan dalam bentuk bursa, terdapat beberapa fungsi bursa efek yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  1.       Mengupayakan likuiditas setiap instrumen
  2.       Menyediakan seluruh sarana perdagangan bursa efek
  3.       Menyusun peraturan yang berhubungan dengan semua kegiatan bursa
  4.       Pembentukan harga jual  yang tidak wajar, serta insider trading
  5.       Mencegah berbagai praktik yang dilarang salah satunya kolusi,
  6.       Menciptakan instrumen serta jasa baru
  7.       Menyebarkan informasi tentang bursa 

Kewajiban Bursa Efek

  •         Terdapat beberapa Kewajiban-kewajiban dari bursa efek, antara lain:
  •         Menyerahkan semua laporan kegiatan ke Bapepam
  •         Mempunyai satuan pemeriksa
  •         Melakukan penetapan peraturan terkait pencatatan, keanggotaan, kesepadanan efek, perdagangan, kliring serta penyelesaian transaksi, serta hal lain yang berhubungan dengan segala kegiatan pada bursa itu sendiri

Instrumen pada Bursa Efek

Ada beberapa jenis instrumen yang tersedia di dalam bursa saham, yang mana masing-masing instrumen memiliki ranahnya sendiri, memiliki perbedaan satu sama lain hingga mempunyai karakter dan resiko yang berbeda-beda pula. Nah, untuk jenis-jenis instrumen yang terdapat di dalam bursa efek serta penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut:

  1.       Saham

Saham merupakan tanda penyertaan dan kepemilikan perseorangan atau suatu lembaga dalam sebuah perusahaan tertentu. Pada bursa efek ini, saham adalah efek yang paling sering diperdagangkan.

  1.       Obligasi

Obligasi merupakan sertifikat atau surat berharga yang berisikan kontrak dari pihak pemodal atau pemberi pinjaman dan pihak yang diberi pinjaman

  1.       Obligasi Konversi

Obligasi konversi ini sekilas tidak ada bedanya dengan jenis obligasi biasa. Akan tetapi obligasi konversi ini seperti memberi kupon tetap, mempunyai jatuh tempo serta mempunyai nilai pari. Untuk membedakan obligasi konversi dengan obligasi biasa terletak pada konversi bisa ditukar oleh saham biasa.

  1.       Right

Sebagai bukti bahwa right adalah hak dari pihak pemodal untuk pembelian saham baru dan dikeluarkan oleh pihak yang diberi pinjaman

  1.       Waran

Waran merupakan hak untuk pembelian saham saham biasa di waktu serta harga yang telah ditentukan. Umumnya waran tersebut dijual berbarengan oleh surat berharga lainnya, seperti obligasi atau saham. Penerbit waran wajib mempunyai saham yang mana nanti dikonversi oleh pihak pemegang waran, akan tetapi setelah obligasi atau saham yang disertai waran masuk pasar, ketiganya bisa diperjualbelikan secara terpisah.

Cara Berinvestasi Saham

Untuk proses membuka rekening saham secara online yakni sebagai berikut:

  •         Mengisi formulir untuk proses pembukaan rekening saham badan atau perusahaan sekuritas tertentu
  •         Lalu mengisi formulir untuk membuka rekening uang nasabah di dalam bank
  •         Kemudian siapkan KTP atau identitas diri yang asli
  •         Jangan lupa juga untuk menyiapkan NPWP
  •         Setelah itu cetak dokumen, berilah tanda tangan di formulir pendaftaran serta kirim dokumen tersebut ke kantor sekuritasnya

Demikianlah semua penjelasan mengenai apa itu bursa saham dan berbagai instrumen di dalamnya hingga melakukan investasi melalui online. Semoga bermanfaat bagi Anda di kemudian hari.

Related Posts