Home Perencanaan Mengenal Lebih dalam Tentang Asuransi beserta Dengan Jenis-jenisnya

Mengenal Lebih dalam Tentang Asuransi beserta Dengan Jenis-jenisnya

by Lara Nifa
bisnis asuransi

Asuransi adalah salah satu perencanaan masa depan yang patut untuk Anda pertimbangkan. Hal ini sendiri tidak lepas dari asuransi yang mampu memberikan ganti rugi akan sebuah kejadian yang belum tentu terjadi. Namun, tidak ada salahnya melakukan perencanaan agar kedepannya Anda tidak akan merasa kesulitan. Bagi Anda yang belum tahu apa yang dimaksud dengan asuransi, maka ikuti penjelasannya dalam artikel ini. 

Apa yang Dimaksud Asuransi?

Asuransi biasa dikatakan sebagai sebuah perjanjian yang melibatkan antara nasabah dengan pihak asuransi. Dimana dalam perjanjian tersebut akan berisi tentang perusahaan asuransi yang akan membayarkan ganti rugi kepada segala akibat yang disebabkan oleh kejadian yang belum tentu terjadi. 

Lalu, Anda yang di sini sebagai pihak nasabah harus membayarkan premi dengan jumlah yang disepakati. Adapun masa pembayaran yang bisa dipilih dan bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Ketika sudah menjadi nasabah dari perusahaan asuransi, maka Anda akan mendapatkan ganti rugi bila terjadi hal yang ada dalam kontrak. 

Contoh paling mudah adalah asuransi kesehatan, dimana ketika Anda menjalani pengobatan dan perawatan, maka asuransi dapat mengcover seluruh biaya yang telah dikeluarkan. Tentu saja ini akan memberikan kemudahan untuk Anda. Karena finansial pun akan aman ketika diperlukan. 

Hal Penting yang Berkaitan Dalam Asuransi 

Dari penjelasan di atas, maka sudah dapat dilihat bahwa asuransi mempunyai manfaat yang terbilang sangatlah besar. Dalam asuransi sendiri terdapat 3 hal penting yang sudah pasti ada. Apa saja? Berikut ini penjelasannya: 

Premi 

Untuk yang satu yang satu ini sendiri sudah sempat disebutkan sebelumnya. Premi merupakan biaya yang harus Anda bayarkan sebagai nasabah kepada perusahaan asuransi. Ketika Anda menggunakan asuransi, maka premi ini harus dibayarkan hingga lunas. Kenapa? Hal ini sendiri agar Anda dapat menggunakan fasilitas dari asuransi dengan lebih maksimal. 

Polis Asuransi 

Anda bisa mengatakan bahwa polis asuransi adalah sebuah dokumen legal yang dibuat berdasarkan hukum berlaku dan diketahui oleh nasabah serta pihak asuransi. Polis asuransi sendiri mempunyai peran dasar untuk mengganti rugi terhadap kerusakan, kehilangan atau kerugian yang dialami nasabah. Dimana isi polis sendiri sudah disepakati oleh kedua belah pihak. 

Klaim 

Kewajiban dari nasabah asuransi adalah membayarkan premi yang sudah disepakati, dimana hak dari nasabah adalah bisa mengajukan klaim asuransi. Klaim sendiri merupakan bentuk dari permohonan nasabah kepada perusahaan asuransi untuk bisa mengganti atau membayarkan kerugian yang dialami. Tentu saja dalam pengajuan klaim ada prosedur yang harus dilalui nasabah. 

Jenis Asuransi di Indonesia 

Asuransi sendiri di Indonesia sangat banyak jenisnya. Setiap jenisnya sendiri mempunyai tujuan dan manfaat yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis asuransi yang ada di Indonesia: 

  • Asuransi jiwa 

Jenis asuransi pertama yang juga kerap kali dipilih oleh masyarakat adalah asuransi jiwa. Asuransi yang satu ini sendiri menanggung kehidupan nasabah. Dimana ketika nasabah sudah meninggal yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan, maka keluarga nasabah akan mendapatkan ganti rugi dalam jumlah uang. 

Asuransi yang satu ini sendiri sangatlah bermanfaat untuk masa depan keluarga. Terutama jika Anda adalah seorang tulang punggung keluarga, maka memiliki asuransi jiwa sangatlah membantu untuk keluarga Anda. 

  • Asuransi kesehatan 

Jenis asuransi selanjutnya adalah asuransi kesehatan yang mana juga banyak sekali dipilih oleh masyarakat. Asuransi yang satu ini sendiri biasanya akan memberikan ganti rugi apabila nasabah mendapatkan perawatan atau pengobatan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. 

Tapi, asuransi kesehatan ini sendiri biasanya akan dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Semisalnya asuransi kesehatan untuk rawat inap, rawat jalan, penyakit kronis dan lain-lain. Untuk saat ini sendiri pemerintah telah memberikan satu asuransi kesehatan yang bisa digunakan masyarakat yaitu BPJS. 

  • Asuransi kendaraan 

Selanjutnya ada asuransi kendaraan, dimana seperti namanya jenis asuransi yang satu ini menanggung kerugian kendaraan. Mulai dari motor, mobil, pesawat maupun kapal. Asuransi kendaraan tidak hanya mengganti kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan saja, tapi juga kehilangan, pembobolan, karena bencana alam dan lain sebagainya.

  • Asuransi pendidikan 

Asuransi pendidikan adalah jenis yang juga memberikan banyak sekali manfaat yang baik untuk masa depan. Seperti namanya, asuransi pendidikan sendiri akan digunakan untuk biaya pendidikan di masa depan. Dimana Anda bisa menyiapkan asuransi ini sang buah hati. 

Mengingat bahwa biaya pendidikan di Indonesia setiap tahun semakin naik, maka memiliki asuransi pendidikan dapat memberikan jalan keluar ketika Anda membutuhkan biaya untuk anak. 

Itulah beberapa penjelasan tentang asuransi untuk Anda. Jadi, asuransi sendiri mempunyai manfaat yang sangat baik untuk masa depan. Walaupun kejadian yang tertera di polis asuransi belum tentu terjadi, tapi dengan adanya asuransi ini maka setidaknya sudah ada perlindungan. 

Related Posts