Home Kredit Mengenal KPR Mandiri, Beserta Simulasi dan Cara Pengajuannya

Mengenal KPR Mandiri, Beserta Simulasi dan Cara Pengajuannya

by Greg Pascal
KPR Mandiri

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh setiap pasangan yang sudah berumah tangga. Namun, harga rumah yang tidak murah, membuat para pasangan baru ini enggan untuk menikah sebelum mempunyai rumah sendiri. Untungnya, saat ini ada KPR Mandiri (Kredit Kepemilikan Rumah) yang bisa Anda gunakan.

Dengan menggunakan KPR, Anda akan dimudahkan untuk mempunyai rumah sendiri, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal di awal untuk bisa menempati rumah idaman Anda. Sebab, seperti namanya, KPR dari Bank Mandiri ini, berupa pembelian rumah secara kredit. Untuk lebih jelasnya mengenai KPR, simak ulasan di bawah ini.

Apa itu KPR Mandiri?

Sebelum membahas lebih detail bagaimana penghitungan KPR Mandiri KPR, alangkah baiknya jika kita harus mempelajari tentang KPR dari Bank Mandiri itu sendiri. 

Mandiri KPR sendiri merupakan pinjaman pemilik rumah yang diberikan oleh Bank Mandiri yang diberikan kepada perorangan untuk pembelian rumah hunian, apartemen, ruko atau perkantoran yang dijual oleh pengembang atau bukan pengembang.

Untuk KPR Mandiri Suku bunga KPR Mandiri existing 13,25% p.a eff (variabel). Sedangkan biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengajukan KPR Mandiri adalah komisi, administrasi, premi asuransi (hidup dan kerugian), biaya penilaian jaminan, biaya notaris, biaya transfer nama dan biaya jaminan pengikatan.

Dengan memilih KPR dari bank Mandiri, akan ada banyak fitur dan keuntungan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini, beberapa jenis produk KPR dari bank Mandiri yang bisa Anda pilih:

1. Mandiri KPR Take Over

Jenis pengambilalihan KPR, yaitu pembiayaan pengambilalihan pinjaman dari pinjaman KPR di bank lain, dengan batas kredit maksimum sesuai dengan sisa jumlah pinjaman di bank asal atau dengan batas kredit menurut perhitungan bank. Jadi, jika jumlahnya lebih besar dari sisa pinjaman terakhir dengan bank asal, bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

2. Mandiri KPR Top Up

Mandiri KPR Doładowanie, yaitu meningkatkan batas kredit yang ada setidaknya selama satu tahun, karena cicilan telah dilunasi tanpa masalah selama enam bulan. Batas kredit tambahan memungkinkan kebutuhan lain terpenuhi.

3. Mandiri KPR Flexible

Tipe Mandiri KPR Fleksibel dapat digunakan untuk pembelian rumah / ruko / apartemen. Keuntungan memilih KPR Fleksibel adalah Anda dapat memilih jangka waktu dan membagi jumlah pinjaman.

4. Mandiri KPR Angsuran Berjenjang

Keunggulan KPR Angsuran Berjenjang adalah memudahkan karyawan yang ingin membeli rumah, karena mendapatkan keringanan berupa keterlambatan pembayaran sebagian cicilan modal hingga tahun ketiga. Namun, di tahun keempat angsuran akan kembali normal.

KPR Mandiri

Baca Artikel Selanjutnya :

Keunggulan KPR dari Bank Mandiri

Saat mengajukan KPR Bank Mandiri, Anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut.

  • Suku bunga yang kompetitif 
  • Uang muka yang ringan
  • Prosesnya cepat dan mudah sejak awal pengajuan KPR 
  • Jangka waktu yang cukup lama, maksimal 20 tahun 
  • Telah bekerja sama dengan lebih dari 900 proyek pembangunan di seluruh Indonesia.

Jangka Waktu KPR Mandiri

Jangka waktu yang ditetapkan oleh KPR Bank Mandiri kurang lebih 15-20 tahun. Namun, nilai KPR Bank Mandiri juga menentukan usia kreditur di akhir masa pinjaman yaitu 60 tahun, sejalan dengan masa pensiun.

Selain itu, jangka waktu Bank KPR Mandiri juga dapat ditentukan berdasarkan analisis kredit dan kemampuan pemohon untuk melunasi secara angsuran bulanan. Inilah salah satu keunggulan KPR Mandiri yang tidak akan Anda dapatkan dari bank lain. Sekarang yang jadi pertanyaan, apa saja persyaratan Bank KPR Mandiri?

Cara Pengajuan KPR Mandiri

Setelah mengetahui keunggulan KPR Bank Mandiri, berikut ini beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan agar KPR Anda disetujui oleh pihak Bank Mandiri.

  • WNI (Warga Negara Indonesia) dan juga bertempat tinggal di Indonesia.
  • Usia minimum pemohon adalah 21 tahun atau setelah masa pinjaman berakhir, usia maksimal 55 tahun untuk karyawan dan 60 tahun untuk wirausaha, atau profesional.
  • Memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan dengan masa kerja atau aktivitas minimal 1 tahun untuk karyawan dan 2 tahun untuk wirausaha, atau profesional. 
  • Kelengkapan dokumen, seperti: fotokopi KTP, fotokopi akta nikah / cerai, fotokopi kartu keluarga, fotokopi rekening listrik dan surat kabar tiga bulan terakhir, fotokopi NPWP pribadi, fotokopi agunan harta benda (SHM / SHGB dan PBB), asli formulir permohonan KPR Mandiri.
  • Memenuhi persyaratan dokumen khusus karyawan berupa laporan gaji / laba rugi terakhir (asli) dan sertifikat jabatan.
  • Memenuhi persyaratan dokumen khusus untuk tenaga profesional berupa fotocopy neraca laba / rugi atau informasi keuangan terkini dan fotocopy izin praktik.
  • Memenuhi syarat dokumen khusus untuk wiraswasta, yang berupa laporan laba/rugi atau informasi keuangan terakhir dan juga fotokopi izin usaha dan pendirian perusahaan.

Setelah Anda melengkapi semua persyaratannya, Anda hanya perlu datang ke kantor cabang Bank Mandiri untuk proses pengajuan KPR. Selain datang langsung ke kantor cabang, Anda juga bisa mengajukan KPR online melaui halaman https://promo.bankmandiri.co.id/mandiri-kpr/.

Pada halaman website tersebut, Anda diwajibkan untuk mengisi seluruh formulir pengajuan KPR dengan benar. Setelah Anda mengirimkan pengajuan itu, pihak bank Mandiri akan menghubungi Anda guna memberikan informasi lebih detail mengenai berbagai produk KPR bank Mandiri yang bisa Anda gunakan.

Menghitung Simulasi KPR Bank Mandiri

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan saat memilih KPR Mandiri adalah menghitung atau membuat simulasi KPR Mandiri menggunakan tabel KPR bank Mandiri. Mengapa demikian? Sebab dengan menggunakan tabel ini Anda akan mendapatkan gambaran seberapa besar cicilan KPR Anda sesuai pendapatan yang Anda peroleh setiap bulan dari gaji atau perusahaan lain. 

Tabel KPR Mandiri ini sangat mudah digunakan dimana Anda hanya mengubah suku bunga efektif saat ini dan memasukkan nilai pinjaman maksimal sesuai dengan harga rumah yang akan Anda beli. 

Secara umum, tabel KPR Mandiri ini dapat Anda gunakan untuk menghitung angsuran bulanan Anda. Hal terpenting yang juga perlu Anda ingat adalah jumlah kredit yang Anda keluarkan setiap bulan harus sesuai dengan kemampuan Anda dan tidak membebani arus kas rutin bulanan Anda.

Itu dia beberapa informasi yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan KPR Mandiri. Dengan menggunakan KPR dari bank Mandiri, akan memudahkan Anda untuk mempunyai rumah di usia muda. Tentunya, Anda harus menyesuaikan cicilan KPR dengan pendapatan bulanan Anda, agar tidak terlalu membebani kehidupan Anda.

Related Posts