Home Investasi Mengenal Keuntungan dan Kelemahan Investasi Emas Online Untuk Keluarga Milenial 

Mengenal Keuntungan dan Kelemahan Investasi Emas Online Untuk Keluarga Milenial 

by Greg Pascal
investasi emas online

Di zaman yang serba digital sekarang ini, segalanya menjadi lebih mudah, termasuk dalam bertransaksi. Salah satu transaksi yang menjadi lebih mudah adalah investasi emas. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kini Anda sudah bisa melakukan investasi emas online.

Dengan adanya sistem online dalam berinvestasi emas, Anda tidak perlu repot – repot lagi dalam berinvestasi. Anda tidak perlu datang ke gerai, cukup gunakan gadget Anda dan semuanya akan selesai lalu Anda sudah memiliki tabungan emas.

Investasi emas hingga sekarang memang masih layak untuk diunggulkan. Emas memiliki gelar safe haven. Maksud dari gelar tersebut adalah untuk menunjukan bahwa emas adalah instrumen investasi yang aman untuk digunakan.

Emas relatif memiliki nilai yang stabil dengan imbal hasil yang juga menggiurkan. Selain itu, emas juga bersifat liquid, artinya mudah untuk dicairkan. Sehingga, emas sering dipakai untuk memenuhi tujuan finansial keluarga.

Meskipun begitu, dalam berinvestasi emas secara online ada saja keuntungan dan kelemahannya. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya.

Keuntungan Investasi Emas Online

Pertama – tama, kita akan bahas lebih dulu soal keuntungan berinvestasi emas secara online. Ada beragam keuntungan yang bisa didapatkan oleh para investor jika melakukan investasi emas secara online antara lain adalah sebagai berikut.

1. Lebih Mudah dan Praktis

Jaringan internet memberikan Anda kemudahan dan kepraktisan dalam berinvestasi. Anda tidak perlu datang ke gerai emas lalu mengantri untuk membeli emas lalu menyimpannya di rumah untuk kemudian dijual lagi. Dengan sistem online, Anda bisa melakukan pembelian emas untuk investasi kapanpun dan dimanapun asalkan ada jaringan internet dan gadget.

2. Bisa Ditransfer Layaknya Uang

Dengan adanya sistem online, memungkinkan Anda untuk mentransfer emas secara online. Anda bisa mentransfer emas layaknya mentransfer uang ke dari bank satu ke bank lainnya. Namun, jika Anda ingin mentransfer emas, Anda harus memastikan bahwa baik yang ditransfer maupun yang mentransfer menggunakan aplikasi atau platform yang sama.

3. Modalnya Kecil

Investasi emas secara online atau digital tidak memerlukan modal yang besar. Anda bisa memulai investasi mulai dari ribuan rupiah saja. Bahkan, saat ini sudah ada E-Commerce yang menawarkan investasi emas mulai dari Rp.100 saja.

Hitungan dalam investasi emas online ini juga menggunakan satuan gram. Jumlah nominal uang yang akan Anda belikan emas tadi akan menyesuaikan dengan harga emas pada waktu ketika Anda membelinya.

investasi emas online

Baca Artikel Selanjutnya:

4. Mudah Untuk Dipantau 

Investasi emas secara online sangat mudah untuk dipantau. Anda bisa memantaunya secara real-time melalui aplikasi yang Anda gunakan. Selain itu, Anda bisa juga menjual atau membeli emas pada saat itu juga lewat aplikasi tanpa harus datang ke gerai.

5. Tersedia Emas Fisik

Meskipun namanya investasi emas online dan harga serta jumlah gram emasnya hanya bisa Anda pantau lewat aplikasi, investasi emas secara online juga bisa dicairkan menjadi emas fisik. Anda bisa mencairkan emas hasil investasi Anda melalui aplikasi. Setelah itu, emas akan dikirimkan ke alamat rumah Anda. Namun, untuk bisa memiliki emas fisik ini setidaknya investasi emas Anda harus sudah melebihi 1 gram.

6. Tidak Perlu Pusing Menyiapkan Tempat Penyimpanan Emas

Jika Anda berinvestasi emas secara online, maka Anda tidak perlu berpusing – pusing lagi ingin menaruh hasil investasi Anda dimana. Semuanya akan tersimpan secara online dan diawasi oleh penyedia layanan investasi serta OJK.

Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan tempat untuk menaruh emas seperti laci, lemari, atau mungkin di bawah bantal. Menyimpan emas dengan model seperti itu, sebenarnya sangat rawan terhadap pencurian.

Kelemahan Investasi Emas Online

Apapun jenis investasi Anda, semua adalah kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan investasi emas secara online. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dalam berinvestasi emas secara online

1. Belum Bisa Menjangkau Semua Lapisan

Investasi emas secara online memerlukan teknologi dan jaringan internet. Setidaknya, untuk bisa berinvestasi emas secara online, Anda harus memiliki gadget atau smartphone.

Sistem tersebut belum bisa menjangkau orang – orang yang gagap teknologi dan tinggal di pelosok atau desa terpencil.

2. Rawan Kebobolan

Baik menyimpan emas secara online maupun offline, keduanya sebenarnya rawan juga terhadap resiko pencurian. Investasi emas secara online rawan terhadap risiko hacking, pembobolan, atau phising. Jadi, jika Anda ingin berinvestasi emas secara online, Anda harus waspada. Pastikan Anda menggunakan password transaksi yang benar – benar kuat dan jangan biarkan orang lain tau password tersebut kecuali Anda sendiri.

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan dalam berinvestasi emas secara online. Antara kelebihan dan kekurangan yang kita bahas kali ini memang lebih banyak kelebihannya. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa investasi emas online ini memang memiliki banyak kelebihan.

Yang paling penting adalah pastikan dulu bahwa perusahaan penyedia platform investasi emas online. Anda sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi)

Related Posts