Home Karir Mengenal Kerja Event Organizer Untuk Suksesnya Acara yang Dibuat

Mengenal Kerja Event Organizer Untuk Suksesnya Acara yang Dibuat

by Lara Nifa
Mengenal Kerja Event Organizer Untuk Suksesnya Acara yang Dibuat

Ketika Anda ingin membuat konsep acara yang menarik dan berbeda dari sebelumnya, mungkin Anda bisa meminta bantuan dari tim event organizer. Karena, mereka adalah orang-orang belakang layar yang bertugas untuk menyukseskan acara yang dibuat, termasuk dari setting tempat, dekorasi acara, dan konsep kegiatannya. 

Apabila Anda tertarik untuk membuat dan bergabung pada tim EO, sudah pasti Anda harus siap menghadapi berbagai permasalahan dan mampu menyelesaikannya. Ada banyak bentuk event yang bisa dikelola oleh pihak EO, mulai dari exhibition, gathering, product launching, party planner, festival musik dan budaya serta banyak lainnya. 

Mengenal Event Organizer

Untuk sebagian orang yang mengenal EO, biasanya semua acara yang ingin dilakukannya langsung diserahkan kepada profesionalnya. Karena akan jauh lebih hemat, tidak begitu menguras tenaga, dan tetap produktif. Hal ini sangat pas, terutama untuk Anda yang tidak begitu memiliki banyak waktu dan harus memikirkan banyak persoalan lainnya. 

Secara sederhananya, event organizer merupakan proses untuk mengelola acara atau event yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari kedua belah pihak yang sepakat. Dengan demikian, acara atau event yang dibuat tersebut dapat sukses dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan bersama-sama. 

Apalagi keuntungan event organizer sendiri tidak main-main, bahkan penghasilan kotornya saja bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun, jika Anda menjadi staf dari event organizer mendapatkan gaji pokok paling kecil 3 juta rupiah dan ditambah performa serta bonus yang akan didapatkan. 

Berbeda apabila Anda menjadi pekerja paruh waktu atau freelance, gaji yang didapatkan antara 250 ribu rupiah sampai 300 ribu rupiah. Semuanya tergantung dari acara dan skala yang ada, sehingga tidak bisa dipukul rata antara satu sama lainnya. 

Cara Kerja Event Organizer

Ketika Anda tertarik untuk bergelut atau terjun langsung dalam dunia event organizer, tentunya Anda harus memahami beberapa alur atau cara kerjanya. Hal ini penting untuk dipahami agar semua prosesnya akan berjalan lancar dan tidak mengalami permasalahan berarti. Berikut ini beberapa cara kerja dari EO, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Merumuskan Konsep Acara

Tidak mungkin fokus dari event organizer hanya itu-itu saja, tentunya harus ada pembeda agar para klien tertarik untuk menggunakan jasa Anda tersebut. Untuk mendapatkan konsep acara yang menarik, maka penting untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan beberapa tim yang ada dan koordinasi dengan pihak yang ingin menyelenggarakan acara. 

Dalam tahap ini ada beberapa bagian yang harus dimatangkan, diantaranya perumusan konsep, tema acara, pengisi acara, tempat kegiatan, dan bintang tamu yang akan hadir. Oleh karena itu, semuanya harus terukur dan jelas. Sehingga proses jalannya acara atau kegiatan tersebut dapat berjalan lancar sesuai dengan kebutuhan yang ada. 

Buatlah inovasi dan ide-ide gila untuk terciptanya acara yang berkesan dan banyak sorotan masyarakat melihatnya akan terpukau. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan memang butuh waktu, terpenting harus saling back up dan kerjasama tim yang solid. 

2. Memahami Teknis Acara

Titik poin selanjutnya yang tidak kalah penting dan harus diperhatikan dengan sangat jelas, karena dalam tahap ini jangan sampai ada yang kelupaan. Sebab, apabila Anda salah satu bagian yang kurang akan berpengaruh pada jalannya acara yang Anda kelola tersebut. Dampaknya membuat pihak yang menyewa Anda merasa kurang puas. 

Bukan hanya itu saja, brand Anda akan tercoreng. Sehingga semuanya harus dilakukan dengan perencanaan yang matang dan tidak boleh sembarangan. Misalnya, membuat pagelaran konser musik, maka beberapa bagian yang penting harus benar-benar diperhatikan. Mulai dari tata panggung, pengaturan cahaya, transportasi, tim penghibur, kelistrikan, dan keamanannya. 

Untuk lebih mudah dalam melakukannya, buat rundown yang tepat dan jelas. Perhatikan beberapa bagian per bagian secara menyeluruh, termasuk checklist jika semuanya sudah diperhatikan agar tidak ada yang tertinggal. 

3. Menyusun Anggaran Acara

Apabila Anda telah melakukan beberapa perencanaan yang baik, langkah selanjutnya tinggal memperhatikan anggaran yang akan dihabiskan. Hal ini menyakut beberapa pihak yang terlibat dalam proyek Anda tersebut. Sehingga semuanya harus benar-benar dipahami dan jangan sampai Anda yang kelewat dan kecewa atas penyusunannya tersebut. 

Ada beberapa bagian yang harus Anda perhatikan, mulai dari administrasi, pengisi acara, konsumsi, akomodasi dan transportasi, biaya promosi dan publikasi, souvenir, sewa tempat, perlengkapan acara dari sound, lighting, dan panggung, serta beberapa printilan lainnya. 

4. Membagi Tugas Antar Divisi

Untuk suksesnya acara yang Anda buat tersebut, maka perlu untuk membagi tugas antar divisi yang ada tersebut. Dengan demikian, acara atau kegiatan yang Anda kelola tersebut tidak mengalami permasalahan dan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Akhirnya, prosesnya jauh lebih ringan dan tidak mengalami permasalahan berarti. 

Itulah beberapa bagian yang menarik dari Event Organizer, semuanya butuh proses dan perencanaan yang matang untuk menjadikan acara yang menarik dan sukses. 

Related Posts