Home Tabungan Mengenal Deposito Syariah dan Manfaatnya

Mengenal Deposito Syariah dan Manfaatnya

by Lara Nifa
deposito syariah

Untuk kebutuhan investasi terkadang masih memperhatikan dan melihat aspek halal atau haramnya, hal ini sangat wajar untuk ditentukan, karena di Indonesia mayoritas sebagai negara muslim dan harus benar-benar jelas memperhatikannya. Dalam tahap ini untuk memenuhi kebutuhan tersebut bisa dilakukan dan memilih deposito syariah untuk kebutuhan investasi. 

Pada tahap ini mempunyai perbedaan deposito syariah dan konvensional, karena prosesnya menggunakan tahap bagi hasil dan tidak menggunakan suku bunga. Untuk penjelasan dan pembahasan secara lengkap mengenai produk penawaran dari deposito berbasis syariah, maka simak ulasan dan penjelasannya secara lengkap dan menyeluruh. 

Mengenal Deposito Berbasis Syariah

Jika Anda yang baru memulai untuk kebutuhan investasi, maka belum terlalu asing dan jelas mengenal produk deposito tersebut. Dalam tahap ini Anda harus memahaminya secara jelas dan menyeluruh untuk terlebih mengenal dan menentukannya. Dalam tahap ini sebenarnya masih menggunakan proses simpan pinjam dalam bentuk berjangka, sistem dan mekanismenya menggunakan syariah atau syariat Islam. 

Pada prosesnya menggunakan dan mengutamakan proses yang ditentukan dengan rasa keadilan dan rasa transparansi dalam kebutuhan transaksi. Hal inilah yang memberikan perbedaan deposito syariah dan konvensional secara menyeluruh. Dengan demikian dalam deposito syariah tidak mengenal adanya bunga, sebab dalam Islam hukumnya haram. Tetapi dalam prosesnya setiap nasabah menerima nisbah. 

Untuk tahap nisbah atau bagi hasil tersebut harus menggunakan beberapa rumus yang menyeluruh, baik dari perhitungan nominal seluruh deposito  presentasi hasil x keuntungan bank. Tidak hanya itu saja, dalam deposito dengan syariah itu menggunakan akad mudharabah atau perhitungan keuntungan dengan bagi hasil secara menyeluruh. 

Hal ini nantinya diatur dan ditentukan dengan jelas mengenai pemilik dana atau shahibul maal dan mudharib untuk pengelola dananya secara menyeluruh. Sebelum Anda sepakat untuk membuka deposito atas syariah, maka penting untuk membuat perjanjian terlebih dahulu antara pihak bank dan nasabah mengenai dana yang dipercayakan ke bank tersebut. 

Nantinya apabila semua telah sepakat dan setuju mengenai perjanjiannya, maka akan diatur mengenai mekanisme bagi hasilnya secara menyeluruh. Biasanya pembagiannya disepakati antara 60:40 untuk kedua belah pihak tersebut. Demikianlah penjelasan lengkapnya, sehingga Anda dapat memahami perbedaan deposito syariah dan konvensional secara menyeluruh. 

Beberapa Manfaat Deposito Syariah 

bunga deposito syariah

Apabila Anda sudah memahami mengenai beberapa pembahasannya dalam deposito sistem syariah, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa manfaat kepada Anda secara menyeluruh. Berikut ini beberapa manfaat deposito syariah yang bisa Anda dapatkan dan temukan untuk memenuhi secara jelas dan lengkap, simak ulasannya. 

1. Terjamin Aman 

Semua proses yang akan dilakukan akan diawasi dan dipantau oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS), sehingga mekanismenya layaknya dengan metode deposito konvensional. Tidak hanya itu saja untuk dana yang disimpan akan dijamin melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Semua dana yang akan Anda titipkan tersebut akan dilindungi oleh LPS apabila sewaktu-waktu bank mengalami bangkrut. 

Dengan demikian uang yang Anda miliki tetap tersimpan dengan aman dan tidak akan mengalami kehilangan uang yang akan ditakutkan tersebut. Untuk dana deposito yang dijamin oleh LPS mencapai 2 M yang termasuk dana besar untuk melindungi aset Anda tersebut. 

2. Keuntungan Sesuai Keinginan 

Hal menarik dari menggunakan deposito dengan sistem syariah semua keuntungan akan bisa disesuaikan dan dijelaskan berdasarkan kesepakatan bersama. Dalam tahap ini Anda bisa menyesuaikan keuntungan yang diharapkan tersebut. Prosesnya nanti didasarkan pada bagi hasil atau nisbah, sehingga membuat keuntungan yang akan didapatkan lebih besar dari harapan. 

Dalam tahap ini semuanya jelas berbeda dibandingkan Anda harus melakukan deposito pada bank konvensional, karena suku bunganya sudah ditentukan dengan jelas. Dengan demikian nantinya akan diatur pada mudharabah atau kesepakatan bagi hasil yang tidak tetap dan disesuaikan pada kinerja dari perbankan Anda tersebut. 

3. Proses Terbuka dan Halal 

Jika Anda benar-benar memperhatikan hal tersebut, maka manfaat deposito syariah adalah semua prosesnya akan didapatkan dengan halal dan terbuka. Tentunya ini tidak membuat Anda akan merasakan keraguan dan kekhawatiran secara menyeluruh. Oleh karena itu, hal ini menjadi pilihan yang menarik untuk Anda coba dan dapatkan semua keuntungannya. 

Prosesnya nanti pihak bank akan memutarkan uang yang didapatkan dari para nasabah dalam bentuk deposito yang berbasis syariah, nantinya prosesnya akan dilakukan dan sesuai dengan kaidah Islam serta tidak akan bertentangan. Dalam tahap ini tentunya Anda akan mendapatkan deposito yang halal dan terbuka untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan. 

4. Bisa Untuk Jaminan Biaya

Hal menarik lainnya yang akan Anda dapatkan adalah Anda akan mendapatkan jaminan pembiayaan yang menyeluruh, tentunya ini hampir mirip dengan surat berharga. Dengan adanya deposito berbasis syariah Anda akan mendapatkan jaminan dana ketika untuk kebutuhan tertentu. Untuk informasi dan penjelasan langsung, mungkin Anda bisa memilih dan langsung ke kantor bank syariah terdekat. 

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai deposito syariah yang dapat Anda pahami dan tentukan secara jelas dan menyeluruh. 

 

Related Posts