Home Bisnis dan Usaha Mengenal Beberapa Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

Mengenal Beberapa Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

by Lara Nifa

Manusia harus bisa memenuhi kebutuhan mereka masing-masing, dan salah satu cara dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari yakni dengan melakukan aktivitas ekonomi yakni produksi, pendistribusian dan konsumsi. Agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan, orang-orang akan melakukan berbagai jenis usaha untuk bisa menciptakan barang atau jasa.

Terdapat berbagai bentuk usaha yang dapat dilakukan oleh masyarakat yang mau memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti jenis usaha dengan memanfaatkan dan mengolah SDA di sekitarnya. Contoh inilah yang membuat sebagian masyarakat Indonesia mempunyai usaha yang berkaitan di bidang pertanian. Tapi sebetulnya masih ada banyak jenis usaha dilakukan oleh orang-orang di Indonesia khususnya. Dibawah ini beberapa jenis-jenis usaha yang dijalankan oleh warga Indonesia, antara lain:

1.       Agraris

Negara Indonesia sendiri dikenal sebagai sebutan Negara agraris sebab banyak masyarakat yang bekerja di bidang pertanian. Usaha agraris ini meliputi aktivitas perkebunan dan pertanian. Sektor agraris ada di kawasan pegunungan dan pedesaan.

Berbagai bentuk tanaman tumbuh dan menghasilkan berbagai bahan pangan. Hasil perkebunan dan pertanian antara lain jagung, padi, kedelai, ubi, sayuran, umbi-umbian, serta buah-buahan segar.

Perkebunan yaitu aktivitas penanaman lahan menggunakan tanaman keras yang usianya lebih dari 6 bulan. Jenis tanaman perkebunan ini mencangkup tanaman yang musiman serta tanaman tahunan. Untuk tanaman musiman berusia pendek, contohnya tembakau, tebu, rosella dan masih banyak lagi. Untuk tanaman berumur panjang, misalnya tanaman kopi, sawit, teh, cengkeh, lada, cendana, kayu putih dan karet.

2.       Peternakan

Peternakan merupakan aktivitas usaha pembudidayaan hewan yang hasilnya diambil. Hasilnya pun meliputi telur, daging, bulu, dan kulit. Jenis peternakan bisa dibedakan seperti berikut ini:

  •         Peternakan hewan berukuran kecil, seperti kambing, domba, biri-biri dan kelinci
  •         Peternakan hewan berukuran besar, seperti kuda, kerbau dan sapi
  •         Peternakan unggas, seperti puyuh, burung, itik, dan ayam

Kegiatan peternakan bisa dijalankan dengan skala kecil atau besar sekalipun. Usaha peternakan dengan skala kecil biasanya dilakukan oleh para penduduk, sedangkan peternakan yang skala besar umumnya dikembangkan oleh pemerintah atau pengusaha swasta.

3.       Perikanan

Perikanan adalah aktivitas manusia yang ada hubungannya terhadap pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya hayati perairan. Sejatinya usaha perikanan sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  •         Perikanan darat

Jenis perikanan darat yakni usaha memelihara serta menangkap ikan pada perairan darat. Ini juga terdiri dari dua jenis yakni perikanan ai payau dan perikanan air tawar. Jenis perikanan di darat meliputi gurame, nila, mas dan lele. Sementara untuk jenis perikanan air payau seperti bandeng.

  •         Perikanan air laut

Jenis Perikanan air laut yaitu upaya penangkapan ikan di laut. Di negara Indonesia sendiri ikan laut di tangkap oleh nelayan tradisional. Ketika musim ikan, para nelayan akan mendapatkan banyak hasil. Di laut juga terdapat udang, rumput laut, kerang, garam dan mutiara.

4.       Kehutanan

Hutan di negara Indonesia memiliki peran penting di dunia. Hutan ini berfungsi juga sebagai tempat berkembang biaknya berbagai macam fauna, sekaligus menjadi kawasan resapan air hujan paling natural.

Akan tetapi, sekarang ini luas kawasan hutan di Indonesia makin sempit. Hal ini tak lepas dari alih fungsi hutan untuk dijadikan kawasan perkebunan dan permukiman. Akibat penyempitan kawasan hutan ini tentu bisa menyebabkan bencana berupa banjir bandang atau tanah longsor.

Agar dapat meminimalisir bencana tersebut, kawasan hutan wajib dihijaukan kembali. Pembakaran hutan liar harus dicegah supaya hutan tidak tambah rusak. Apabila hutan di Indonesia kembali menghijau, maka hasil hutan pun akan melimpah. Beberapa hasil hutan Indonesia seperti meranti, kayu jati, rotan, dan ulin damar.

5.       Perdagangan

Perdagangan merupakan kegiatan pembelian barang dagangan serta menjualnya lagi ke para konsumen. Aktivitas perdagangan muncul saat kemampuan individu atau sebuah negara yang menyediakan barang kebutuhan yang sifatnya terbatas. Alhasil terjadi yang namanya ketergantungan dalam urusan pemenuhan barang kebutuhan.

Lewat aktivitas perdagangan, tentu pedagang akan mendapatkan keuntungan dari adanya selisih harga jual serta harga beli.

Aktivitas perdagangan tak hanya mencakup hanya negara atau satu daerah saja. Namun, aktivitas perdagangan bisa dilakukan lewat antarnegara. Dari segi ekonomi, aktivitas perdagangan antarnegara juga ditandai dengan kegiatan ekspor impor barang.

6.       Perindustrian

Perindustrian adalah mengubah bahan yang masih mentah berubah menjadi barang masih setengah jadi atau sudah berbentuk barang jadi. Dimana bahan mentah tersebut didapat dari hasil sumber daya alam yang melimpah.

Usaha industri bisa dilakukan dengan berkelompok atau secara individu. Usaha industri bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis, mulai dari industri rumah tangga atau home industry, lalu industry sedang serta industry besar. Bentuk industry di Indonesia yakni industri kosmetik, ,makanan, minuman, garmen, elektronik hingga obat-obatan.

Related Posts