Home Tabungan Mengenal Bank Jabar Banten dan Cara Menjadi Nasabahnya

Mengenal Bank Jabar Banten dan Cara Menjadi Nasabahnya

by Lara Nifa

Bagi warga banten, Bank Jabar Banten sudah sangat dikenal. Bank yang merupakan salah satu perbankan daerah ini cukup besar di wilayah Banten dan Jawa Barat. Bank yang satu ini pun juga sudah masuk di Bursa Efek Indonesia, jadi siapapun bisa membeli saham dari bank ini. Meski sudah banyak yang tahu tentang Bank Jabar Banten, tapi nyatanya tidak semua orang mengenal bank ini. Untuk itu, mari simak ulasannya di bawah ini. 

Pendirian Bank Jabar Banten 

Dikenal sebagai BJB, bank yang satu ini sebenarnya sudah berdiri semenjak tahun 1915. Didirikan pada saat pemerintahan Hindia Belanda, nama awal dari BJB adalah DENIS. Pada tahun 1961, DENIS masuk sebagai salah satu perusahaan yang ditargetkan pemerintah untuk dinasionalisasi. Akhirnya namanya pun berubah menjadi Bank Karja Pembangunan Daerah Djawa Barat. 

Lalu di tahun 1978, namanya pun kembali berubah menjadi Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat. Di mana kala itu operasional meningkat menjadi sampai ke bank umum devisa. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat ini pun sempat dinobatkan sebagai bank daerah yang pertama kali menggunakan dual banking system, yaitu konvensional serta syariah. 

Kemudian, pada tahun 2007, barulah mendapatkan nama PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten dan terus digunakan hingga sekarang. 

Pembagian Kepemilikan BJB 

Berdasarkan informasi yang tercantum di situs official mereka, saham dari Bank Jabar Banten ini paling banyak dimiliki oleh Pemprov Jawa Barat. Berikut ini adalah pembagian dari saham Bank BJB: 

  • Pemprov Jawa Barat sebanyak 38,18%
  • Pemkot atau Pemkab se-Jawa Barat sebanyak 24,05%
  • Pemprov Banten sebanyak 5,29%
  • Pemkot atau Pemkab se-Banten 7,87%
  • Publik sebanyak 24,64%

Anak Perusahaan di Bawah BJB 

BJB juga memperluas bisnis mereka dengan membuka beberapa cabang anak perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sama seperti induknya, anak perusahaan ini pun masih beraktivitas dalam bidang jasa keuangan. Berikut ini adalah anak perusahaan dari BJB: 

BJB Syariah 

Anak perusahaan dari BJB yang paling banyak dikenal yaitu BJB Syariah. Seperti namanya, bank yang satu ini menjalankan aktivitas perbankan yang berbasis syariat Islam. Sehingga produk dan pelayanannya sudah disesuaikan dengan syariah. 

BPR KU 

Singkatan dari Bank Perkreditan Rakyat Karya Utama ini merupakan hasil merger yang dari bank BPR yang ada di Jawa Barat serta Jawa Tengah. Produk BPR sendiri diutamakan untuk para pelaku UKM di Jawa Barat yang membutuhkan pinjaman modal dalam mengembangkan usaha mereka. 

BIJ 

BPR Intan Jaya atau BIJ adalah unit usaha bank yang juga berjalan di bidang kredit rakyat. Karena adanya merger dari BPR yang ada di Jabar dan Jateng, akhirnya mengganti nama menjadi BPR Intan Jaya. 

Produk di BJB 

Setelah mengenal tentang sejarah dan anak perusahaan dari BJB, maka selanjutnya Anda harus mengetahui juga tentang produk-produk yang dimiliki bank ini. Berikut ini adalah produknya. 

Tabungan 

Sama dengan jenis bank lainnya, di mana BJB juga menyediakan tabungan yang diperuntukan umum. Baik itu pelajar, pengusaha, karyawan dan profesi lain dapat membuka tabungan di BJB. Layanan yang tersedia juga tidak hanya bentuk buku tabungan dan ATM saja, tapi juga SMS serta mobile banking. Setoran awal pun juga terbilang sangat rendah, mulai dari 25 ribu hingga 100 ribu dengan biaya administrasi  per bulannya juga tidak terlalu mahal. 

Pinjaman BJB 

Selanjutnya juga ada produk pinjaman yang ditawarkan BJB. Produk pinjaman ini pun tidak hanya untuk kebutuhan konsumtif seperti KPR saja, tapi juga produktif seperti KUR. Seluruh pinjaman di BJB memberikan banyak sekali keuntungan, mulai dari masa tenor panjang hingga bunga rendah.

Kartu Kredit BJB 

Produk lainnya yang disediakan oleh BJB adalah kartu kredit. Produk yang satu ini sendiri merupakan gabungan BJB dengan BNI. Kartu kredit dari BJB ini sendiri mempunyai banyak keunggulan, di mana Anda akan bisa mendapatkan promo yang menarik. 

Deposito BJB 

Seperti bank lainnya, BJB pun mempunyai produk deposito dengan bunga yang bersaing yaitu sekitar 4,5%. Tentu akan sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan investasi dengan resiko yang rendah. 

Cara Menjadi Nasabah di BJB 

Untuk menjadi nasabah di BJB sangatlah mudah dan syaratnya pun juga tidak sulit. Beberapa syarat yang diperlukan adalah sebagai berikut: 

  • E-KTP
  • NPWP jika memang diperlukan
  • Mengisi formulir pendaftaran 
  • Dan membawa uang untuk setoran awal. 

Sedangkan caranya untuk menjadi nasabah adalah sebagai berikut: 

  • Kunjungi kantor cabang BJB terdekat. 
  • Sampaikan maksud kepada petugas yaitu membuat tabungan. Nanti Anda akan diberikan nomor antrian. Tunggu hingga nomor dipanggil. 
  • Jika sudah, Anda akan diminta untuk ke customer service dan mulai membuka tabungan. 
  • Serahkan dokumen yang diperlukan untuk pembukaan tabungan. 
  • Kemudian Anda akan diminta mengisi formulir pembukaan rekening. 
  • Tunggu hingga proses selesai dan serahkan uang setoran awal. Nominalnya tergantung dari jenis tabungan mana yang Anda pilih. 
  • Tunggu hingga Anda diberikan buku tabungan dan ATM. 

Demikianlah penjelasan tentang Bank Jabar Banten dan cara menjadi nasabahnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. 

Related Posts