Mengenal 3 Risiko dalam Berbisnis Rental Mobil

Perkembangan bisnis rental mobil saat ini semakin masif di Indonesia. Hal ini sejalan dengan semakin masif dan gencarnya pula pembangunan dan promosi sektor pariwisata yang

Lara Nifa

[addtoany]

Perkembangan bisnis rental mobil saat ini semakin masif di Indonesia. Hal ini sejalan dengan semakin masif dan gencarnya pula pembangunan dan promosi sektor pariwisata yang dilakukan oleh pemerintah. Banyak keuntungan yang dapat Anda panen dari bisnis rental mobil ini. Namun, ada untung tentunya ada risiko rugi pula. Di dalam setiap bisnis di sektor apapun, pasti memiliki risikonya sendiri, tak terkecuali bisnis rental mobil. 

Tak dapat disangkal, bisnis rental mobil pun memiliki untung dan berisiko untuk rugi. Rental mobil memang menawarkan profit yang cukup menggiurkan. Namun, risiko merugi pastinya juga akan sebanding besarnya dengan profit yang besar tersebut. Perlu diingat ada konsep “high risk, high return” yang bermain di sini. Risiko itu dapat muncul jika pegiat bisnis tidak memiliki management skill yang baik sehingga tidak dapat mengelola bisnisnya dengan bijak dan teliti. Lalu, apa saja risiko dalam mengelola bisnis rental mobil? Lalu bagaimana cara menghindarinya? Simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah ini.

 

Persaingan Bisnis Yang Ketat

Sekarang ini kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa pegiat bisnis rental mobil semakin menjamur di mana-mana. Mulai dari kalangan anak muda hingga profesional ikut terjun ke dalam bisnis rental mobil. Persaingan bisnis rental mobil bukan hanya terjadi di berbagai kota besar di Indonesia, namun juga terjadi di berbagai pelosok daerah.

 

Kemudian, apa akibatnya dari persaingan bisnis rental mobil di dalam satu daerah tertentu? Hal yang cukup riskan ialah persaingan harga. Kemudian, apa solusi untuk permasalahan mengenai hal tersebut? Berikut terdapat berbagai cara yang mungkin dapat dilakukan supaya terhindar dari kerugian besar karena persaingan bisnis yang kurang sehat.

  • Berikan pelayanan terbaik dan memiliki keunikan

Hal ini menjadi salah satu senjata paling ampuh yang dapat digunakan dalam medan perang bisnis rental mobil ini. Anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan memiliki keunikan tersendiri. Misalnya, memberikan atau menawarkan layanan antar jemput. Sehingga penyewa hanya perlu menunggu mobil diantar ke lokasi yang telah disepakati bersama.

 

  • Melakukan promosi di media sosial

Berusahalah untuk selalu menggencarkan promosi di berbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, LINE, WhatsApp, atau buatlah website khusus untuk Bisnis Rental Mobil Anda.

 

  • Jangan mengikuti permainan perang harga

Hal ini menjadi salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pegiat bisnis rental mobil, apalagi bagi mereka yang pemula. Jangan pernah masuk dan mengikuti permainan banting harga. Sebab, hal itu akan memiliki dampak yang berkepanjangan dan luas terhadap bisnis rental mobil Anda.

 

  • Membangun kerjasama yang baik dengan pesaing

Alih-alih Anda membangun rivalitas yang ketat dalam satu wilayah atau daerah, akan lebih bijak dan tentunya lebih baik bagi Anda untuk membangun kerjasama dalam mencari pelanggan sehingga dapat mengisi kekosongan antar pegiat bisnis rental mobil. Dengan melakukan hal tersebut, semua akan mendapat profitnya masing-masing.

 

Risiko Hilangnya Kendaraan Rental

Hilangnya unit kendaraan menjadi risiko yang paling ditakuti oleh banyak pegiat bisnis rental mobil. Pada kasus seperti ini, mereka terkadang hanya bisa merelakan unit yang dicuri atau dibawa kabur. Seperti yang telah diketahui, di Indonesia sendiri juga marak terjadi penggelapan unit mobil rental. Akan tetapi, jangan berkecil hati dahulu, hal tersebut dapat disiasati serta dilakukan pencegahan melalui beberapa cara, seperti:

 

  • Pasang perangkat GPS pada unit kendaraan

Hal yang menjadi kewajiban untuk para pegiat bisnis rental mobil adalah memasangkan perangkat GPS pada unit kendaraannya. Dengan adanya GPS, Anda dapat memantau di mana lokasi mobil yang disewakan.

 

  • Terapkan syarat dan ketentuan dengan tegas

Hal inilah yang kerap diabaikan oleh para pegiat bisnis rental mobil. Padahal ini merupakan hal yang cukup krusial. Berbagai syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan wajib dipenuhi oleh customer, misalnya dokumen wajib dan syarat sistem lepas kunci.

 

Risiko Kecelakaan

Risiko semacam ini juga kerap kali menjadi momok yang ditakuti oleh para pegiat bisnis rental mobil. Khususnya bagi pemilik bisnis rental di kota besar. Musibah seperti ini tidak ada yang mengharapkan pula. Akan tetapi, meminimalisir terjadinya kecelakaan tentu dapat diusahakan. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

 

  • Cek menyeluruh kondisi unit kendaraan

Pastikan kondisi oli, ban, dan lainnya dalam kondisi prima. Kemudian jangan lupa lakukan service rutin setiap bulannya.

 

  • Terapkan sistem ganti rugi kerusakan unit kendaraan

Tetapkan dengan tegas bagaimana sistem ganti rugi bagi setiap unit kendaraan yang disewakan dan periksa kondisi kelengkapan unit sebelum disewakan.

 

Bisnis apapun pasti memiliki dua sisi untung dan rugi. Namun, faktor risiko kerugian bisa dihindari dan dikurangi dengan menjalankan mitigasi risiko bisnis rental mobil dengan baik dan teliti.

Related Post