Home Bisnis dan Usaha Memulai Usaha Pakan Burung Beserta Tips Menjalankannya

Memulai Usaha Pakan Burung Beserta Tips Menjalankannya

by Lara Nifa

Bisnis pakan burung merupakan ide usaha yang menarik. Sebab, pecinta dari hewan peliharaan yang satu ini memang akan selalu ada, bahkan bisa saja bertambah. Karena itu tidak bisa dipungkiri bila keberadaan dari burung sendiri dapat membuat setiap hunian menjadi lebih hangat juga menyegarkan.

Kicauan burung membuat suasana di dalam rumah lebih menenangkan dan bisa menjadi obat penghilang lelah setelah beraktifitas. Karena itu bila Anda berencana untuk membuka usaha makanan burung, ini merupakan sebuah peluang yang menjanjikan.

Apalagi, setiap jenis burung mempunyai makanannya sendiri-sendiri yang cocok. Karena kebutuhan akan vitamin dan nutrisinya sudah pasti berbeda. Selain itu para pemilik burung-burung ini juga pastinya ingin memberikan pakan terbaik bagi peliharaan mereka.

Cara dan tips untuk memulai usaha pakan burung

Seperti pada umumnya sebuah usaha, pastinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang wajib dilakukan untuk memulai bisnis tersebut. Berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

Mencari ilmu serta pengetahuan seputar bisnis yang pilih

Apapun usaha yang akan dijalani, kunci utamanya adalah menggali ilmu. Termasuk saat akan memulai usaha pakan burung. Anda tidak mungkin dengan tiba-tiba memulai bisnis tanpa tahu ilmu pengetahuan yang mumpuni.

Setidaknya Anda mengetahui jenis-jenis burung, jenis pakan serta cara perawatan yang baik dan benar. Untuk mengetahui semua itu, Anda bisa membeli buku-buku seputar burung hias, burung kicau dan hal-hal yang berkaitan dengan perburungan.

Ketika Anda akan membuka bisnis jual makanan burung, Anda terlebih dahulu mempelajari cara untuk merawat burung. Anda juga harus mengetahui jenis dari burung peliharaan, dengan begitu Anda bisa memberikan masukan kepada pelanggan mengenai treatment yang baik bagi jenis burung yang dimiliki.

Mencari supplier pakan yang kredibel

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari supplier dari pakan-pakan yang nantinya akan Anda jual. Sebagaimana para pemilik yang selalu ingin memberikan makanan terbaik untuk peliharaannya, Anda sebagai penjual juga harus mempersiapkan jenis pakan dengan kualitas yang baik.

Anda harus memastikan bila memperoleh supplier yang sanggup untuk memasok pakan dengan kualitas terbaik serta harga terjangkau, sehingga ketika Anda menjualnya tidak akan terlalu tinggi dan bisa bersaing di pasaran.

Ada juga harus memastikan bila distributor pakan tersebut memang bisa dipercaya. Karena tidak sedikit pebisnis anyar yang ditipu, dimana mereka ternyata tidak mampu men-supply kepada para distributornya. Jadi, jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam memilih supplier.

Selalu utamakan kualitas

Selanjutnya, yaitu selalu utamakan kualitas pakan yang Anda jual. Jadi, Anda harus benar-benar mengenali mana makanan yang dengan kualitas baik, sedang dan biasa saja. Karena semakin baik kualitasnya, sudah pasti mempunyai kandungan vitamin, nutrisi dan segala yang dibutuhkan burung agar tetap sehat.

Anda bisa saja menjual berbagai pakan dengan grade-nya masing-masing, namun Anda harus dapat menjelaskan secara jujur kepada para pelanggan mengenai keunggulan dan kekurangan dari tiap-tiap produk yang dijual.

Rajin melakukan riset konsumen

Setiap bisnis itu dapat berkembang dengan baik karena adanya konsumen, tanpa pelanggan setia usaha yang Anda jalankan tidak mungkin bisa bertahan. Karenanya baik sebelum atau setelah usaha tersebut berjalan, Anda harus melakukan riset konsumen.

Anda bisa menanyakan kepada para calon konsumen mengenai apa saja yang biasanya dibutuhkan dalam pemeliharaan burung, makanan apa yang diinginkan bagi burung kesayangannya dan lainnya. Selalu ikuti perkembangan dunia burung kicau atau hias.

Kemudian, riset ini juga dapat dilakukan dengan memenuhi segala hal yang disukai oleh para pemilik burung. Anda bisa melakukan survey ini melalui beberapa cara, seperti terjun langsung ke komunitas-komunitas pecinta burung.

Persiapkan modal sebaik mungkin

Modal untuk membuka bisnis pakan burung merupakan satu hal yang bisa dikatakan krusial dan harus diperhitungkan secara matang sejak awal. Karena jika Anda ingin terjun ke dunia usaha yang berhubungan dengan pakan hewan.

Anda harus mempersiapkan dua hal, yaitu :

  • Pertama, modal untuk investasi yang berupa stok pakan dalam berbagai macam jenis, perlengkapan penunjang, serta kebutuhan lainnya. Untuk ini setidaknya Anda harus memiliki modal, minimal Rp 6 juta – Rp 7 juta.
  • Kedua, berupa modal operasional. Dimana yang masuk dalam kategori ini adalah biaya untuk menyewa lokasi, upah pekerja, biaya listrik, serta biaya-biaya lain yang tidak terduga. Untuk itu ada baiknya Anda mempersiapkan modal setidaknya Rp 3 juta – Rp 4 juta. Namun, nominal ini bisa saja lebih besar lagi, tergantung dimana Anda akan membuka usaha tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang bisnis pakan burung, cara dan tips memulai hingga modal yang Anda harus persiapkan agar usaha dapat berjalan dengan maksimal dan bisa berkembang. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan tentang dunia burung, tujuannya supaya Anda dapat terus menambahkan isi toko supaya lebih lengkap dan membuat para pelanggan senang berbelanja pada Anda.

Related Posts