Home Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

by Lara Nifa

Setiap orang pasti tidak ada yang ingin merasakan sakit namun pada kenyataannya hampir semua manusia tidak bisa terhindar dari penyakit. Kira-kira hal apa yang harus disiapkan untuk berjaga-jaga ketika kita atau keluarga sakit ? Apakah hanya dengan menyiapkan dana darurat sudah cukup untuk mengcover semua biaya pengobatan ? Ternyata dana darurat saja belum tentu cukup karena kita tidak bisa memperkirakan berapa biaya pengobatan  yang dibutuhkan selama sakit. Inilah pentingnya untuk memiliki asuransi kesehatan.

Apa pengertian dari asuransi kesehatan ?

Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang diperuntukan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada tertanggungnya apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan. Beragam jaminan bisa ditanggung asuransi ini mulai dari biaya berobat, rawat inap hingga rawat jalan. Saat ini, terdapat banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kita pilih dengan penawaran harga dan fasilitas yang berbeda-beda.

Walaupun pilihannya banyak dan beragam, kita tetap harus selektif untuk menentukan asuransi mana yang tepat dan terbaik. Lalu, apa sajakah asuransi kesehatan yang terbaik di Indonesia ? Dan bagaimana cara menentukan asuransi yang tepat untuk dipilih ? Simak penjelasan berikut ini.

Sebelum menentukan produk asuransi, baiknya kita kenali dulu ciri-ciri asuransi kesehatan terbaik yang ada di Indonesia. 

  • Sistem pembayaran non tunai (cashless)

Adanya sistem pembayaran secara cashless ini tentunya akan memudahkan kita karena terbilang sangat efektif dan cepat dibandingkan dengan pembayaran tunai (cash). Proses pembayaran untuk biaya rawat inap atau rawat jalan, menebus obat-obatan dan biaya dokter tidak akan memakan waktu yang lama. Kita cukup membawa kartu polisnya saja tanpa harus menyiapkan sejumlah dana karena biaya akan dibayarkan pihak asuransi.

  • Plafon dan biaya premi sesuai

Salah satu kriteria yang menentukan baik atau tidaknya asuransi kesehatan yaitu plafon dan biaya premi tidak jomplang. Tingginya plafon harus berbanding lurus dengan besarnya biaya premi. Misalnya semakin tinggi harga sebuah kamar inap rumah sakit, maka biaya premi yang dibayarkan pun akan semakin mahal. 

Maka dari itu, kita harus selektif dalam memilih asuransi yang tepat sesuai dengan kemampuan bayar kita. Jangan sampai menimbulkan risiko gagal bayar dan justru tidak bisa diklaim.

  • Jaringan rumah sakit yang luas

Jika semakin banyak rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak asuransi,  maka akan semakin mudah juga untuk kita dalam menjangkau rumah sakit itu sewaktu-waktu. Jadi sebelum memilih sebuah produk asuransi, kita perlu mencari tahu terlebih dahulu mana saja rumah sakit yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi. Selain memberikan kemudahan, dengan memiliki jaringan rumah sakit yang luas membuat perusahaan asuransi tersebut semakin terpercaya.

  • Memprioritaskan rawat inap

Asuransi kesehatan yang terbaik juga dilihat dari ada atau tidaknya fitur rawat inap. Sebab, rawat inap membutuhkan biaya yang sangat mahal dibandingkan rawat jalan. Padahal banyak jenis penyakit yang memang lebih baik untuk dirawat inap karena harus terus dipantau dan mendapat penanganan dari rumah sakit. 

Itulah tadi beberapa ciri asuransi kesehatan terbaik yang bisa digunakan sebagai acuan untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat. Dan berikut ini adalah tiga asuransi terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia.

PRUDENTIAL

Prudential hadir di Indonesia sejak tahun 1995 yang memiliki pelayanan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Produk asuransi kesehatan dari prudential adalah PRUprime Healthcare yang memberikan jaminan kepada pemegang polis sampai dengan usia 85 tahun. Biaya premi di prudential tergantung usia dan pilihan produk yang dipilih. Keunggulan produk PRUprime Healthcare antara lain :

  • Penggantian biaya kamar rumah sakit maksimum 8 juta per hari.
  • Perlindungan di seluruh negara 
  • Limit booster
  • Mengcover biaya kemoterapi dan cuci darah 
  • Fleksibel
  • Pembayaran cashless; dan masih banyak lagi.

MANULIFE

Perusahaan asuransi ini berasal dari Kanada dan telah masuk ke Indonesia sejak tahun 1989. Manulife sudah memiliki jutaan nasabah dan layak dipertimbangkan karena mempunyai beberapa produk asuransi kesehatan cashless, salah satunya MiUltimate HealthCare (MiUHC). 

Biaya yang dicover oleh MiUHC ini meliputi biaya bedah, melahirkan, rawat inap sampai konsultasi psikolog. Asuransi bisa diklaim di seluruh Indonesia maupun luar negeri. Limit yang ditawarkan pun beragam yang bisa dipilih sesuai dengan budget dan kemampuan kita. 

SINARMAS

Perusahaan asuransi terbaik selanjutnya adalah Sinarmas Asuransi yang sudah berdiri sejak 1985 dan telah mendapatkan rating AA+ Insurer Financial Strength. Salah satu produk asuransi kesehatan dari Sinarmas yaitu Simas Sehat Gold. Terdapat banyak keunggulan dari produk ini beberapa di antaranya yaitu pertanggungan biaya perawatan lanjutan maksimum 30 hari setelah masa rawat inap berakhir, biaya pembedahan, biaya pemeriksaan laboratorium dan masih banyak lagi. Biaya preminya pun terjangkau mulai dari Rp. 70.000 saja.

Related Posts