Home Bisnis dan Usaha Membuka Bisnis Restoran: Apa yang Perlu Dilakukan?

Membuka Bisnis Restoran: Apa yang Perlu Dilakukan?

by Lara Nifa

Di antara berbagai industri yang ada, keahlian memasak adalah salah satu yang paling populer. Selama orang perlu makan,  rumah makan atau pun restoran akan terus dicari oleh mereka yang membutuhkan makan. Namun sayang, kenyataan yang sering terjadi tidak seindah yang Anda bayangkan. 

Menjalankan sebuah restoran membutuhkan banyak persiapan, memakan waktu dan mempunyai risiko kegagalan yang cukup tinggi. Sebagaimana yang Anda tahu, walaupun ada banyak restoran baru, tetapi banyak juga yang pada akhirnya gulung tikar karena tidak mampu bertahan pada tahun pertama..

Persiapan yang harus dilakukan bila ingin membuka bisnis restoran

Memiliki restoran milik sendiri pastinya menjadi mimpi semua orang yang memang menyukai bidang kuliner. Namun, kenyataannya mengelola restoran seperti itu tidaklah mudah dan sembarangan, agar bisa menjadi usaha yang sukses.

Menentukan konsep dari restoran yang akan dibuka

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membuka usaha kuliner adalah menentukan konsep dari restoran tersebut. Apakah dengan tema yang sederhana, pedesaan, nature atau lain sebagainya. Karena inilah yang nantinya menjadi penentu apakah usaha Anda bisa ramai pelanggan dan bertahan hingga waktu lama.

Menentukan lokasi

Lokasi merupakan hal yang paling krusial sebagai penentu kesuksesan setiap usaha, termasuk restoran. Karena, semakin mudah lokasi restoran diakses oleh para pelanggan, maka akan semakin berpotensi besar bisnis Anda ramai. 

  • Apakah lokasi tempat restoran berada, merupakan kawasan sibuk yang sering dikunjungi oleh banyak orang yang mana akan menjadi calon pelanggan? 
  • Apakah kawasan tersebut padat penduduk, untuk mempermudah Anda dalam mencari pekerja? 
  • Bagaimana keadaan jalan menuju lokasi, apakah mudah untuk dicapai?
  • Bagaimana kondisi dari lahan parkir, apakah relatif luas?

Mencari koki yang tepat

Untuk memulai usaha kuliner dan sukses, Anda harus memiliki tiga hal utama, misalnya konsep yang matang, tempat usaha strategis, serta chef atau juru masak  kompeten. Ketiga hal tersebut nantinya akan sangat membantu Anda memilih konsep restoran Anda. Chef yang nantinya Anda pekerjakan haruslah sinkron  tema masakan dengan konsep restoran Anda.

Mengenal target pasar

Saat Anda sudah siap memulai usaha restoran, penting bagi Anda memahami siapa yang menjadi target konsumen utama Anda. Karena, orang tua, anak kecil ataupun anak remaja, pada dasarnya mempunyai kebutuhan yang tidak sama dengan mereka yang lajang maupun pasangan muda. 

Anda harus melakukan survei mengenai basis populasi area tempat restoran berada. Karena hal ini sangatlah penting dan bisa mempengaruhi keberhasilan usaha Anda. Hal ini mencakup usia, jenis kelamin, penghasilan rumah tangga, nilai perumahan dan lain sebagainya.

Rancang rencana bisnis sedetail mungkin

Apabila Anda berencana untuk mencari investor guna menjalankan bisnis restoran, tentunya Anda harus membuat yang nama bisnis plan atau rencana terlebih dahulu. Karena, jika tidak memiliki rancangan ini, akan sangat sulit mendapatkan investor maupun pinjaman. Oleh sebab itu, membuat dan memiliki business plan adalah hal paling penting bagi semua pemilih usaha. 

Berikut adalah isi rencana bisnis yang harus ada bila Anda ingin membuka restoran :

  • Deskripsikan konsep restoran sedetail mungkin.
  • Apa dan siapa yang akan menjadi target pasar Anda.
  • Apa saja menu dan juga kira-kira berapa harga dari makanan di restoran Anda.
  • Berisi informasi mengenai keuangan serta perkiraan keuntungan untuk jangka panjang dan segala biaya yang dibutuhkan.
  • Strategi marketing (pemasaran).
  • Mengenai perekrutan pegawai, retensi dan pelatihan yang akan dijalani oleh pegawai magang.

Pilihlah nama restoran yang kreatif dan mudah diingat

Nama restoran kerap kali menjadi hal pertama yang biasanya akan dilihat oleh konsumen Anda. Jadi, sebaiknya berhati-hati dalam memilih nama untuk tempat usaha. Nama restoran biasa akan dianggap sebagai pencerminan dari tema menunya (masakan Indonesia, Peranakan atau ciri khas suatu negara). 

Bisa juga menggunakan singkatan yang unik. Karena itu, Anda haruslah kreatif serta ketika memilih nama dan harus benar-benar mewakili konsep, misi dari restoran Anda. Selain itu ada baiknya Anda memilih nama yang memang mudah untuk dieja serta diingat.

Mendaftarkan restoran untuk izin usaha

Sebagian besar izin lisensi ataupun izin untuk membangun bisnis membutuhkan waktu lama, dari minggu hingga bulan, sebelum pada akhirnya disetujui. Jadi,  setelah cukup yakin bahwa Anda sudah nyaman merencanakan konsep serta keuangan restoran. Maka, ada baiknya segera mengurus berkas yang diperlukan untuk kebutuhan perizinan.

Mempromosikan restoran

Sekarang, setelah Anda memiliki izin usaha dan lainnya, konsep desain restoran dan makanan dapat dijalankan dengan baik dan Anda juga telah memiliki staf yang berpengetahuan luas di bidang kuliner dan juga pelayanan, sekaranglah saatnya untuk mempromosikan restoran baru yang Anda miliki. Karena, promosi merupakan sebuah keharusan untuk restoran baru.

Related Posts