Home Bisnis dan Usaha Membuat Perencanaan Bisnis Jangka Panjang Secara Efektif

Membuat Perencanaan Bisnis Jangka Panjang Secara Efektif

by Lara Nifa

Setiap pebisnis yang akan memulai bisnisnya, penting baginya untuk membuat perencanaan bisnis jangka panjang. Dikarenakan perencanaan bisnis adalah langkah awal untuk membuat sebuah bisnis bisa berkembang di masa depan. Tanpa adanya perencanaan yang matang, bisnis tersebut sulit untuk menentukan arah dan mungkin saja tidak akan mencapai tujuannya.

Di dalam perencanaan bisnis terdapat berbagai informasi perusahaan (identitas, visi, dan misi), perencanaan strategi yang akan digunakan, hingga perhitungan biaya modal dan biaya operasional (gaji karyawan, sewa tempat, dan lain-lain). Perencanaan bisnis tidak hanya bermanfaat bagi bisnis itu sendiri namun biasanya juga digunakan untuk menarik para investor. Pada umumnya, dilakukan oleh pebisnis yang membutuhkan modal untuk membangun usahanya.

Manfaat Membuat Perencanaan Bisnis Untuk Jangka Panjang

Membuat perencanaan bisnis atau business plan memang bukan hal yang wajib dilakukan semua perusahaan. Namun jika mengetahui banyak manfaat yang bisa diperoleh dari membuat perencanaan bisnis, apakah Anda tetap akan mengurungkan niat ?

  • Berperan Sebagai Action Plan dan Roadmap Bisnis

Perencanaan bisnis jangka panjang bisa berfungsi sebagai pedoman bagi para pebisnis untuk cepat bertindak ketika sedang dihadapkan oleh berbagai masalah bisnis yang cukup rumit. Karena dengan perencanaan, akan lebih mudah bagi pebisnis untuk mengambil keputusan-keputusan penting.

Dengan membuat perencanaan jangka panjang, perusaahan juga akan lebih fokus untuk mencapai tujuannya. Jadi, setiap tindakan yang diambil terarah dan tidak melenceng dari rencana kerja perusahaan.

  • Mendapatkan Tambahan Modal

Setiap investor yang ingin menanamkan modalnya pada sebuah perusahaan, pasti akan membutuhkan seluruh informasi mengenai perusahaan tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan pengecekan pada perencanaan bisnis yang sudah dibuat. Visi misi perusahaan, target, rencana kerja dan strategi yang akan dijalankan menjadi dasar bagi investor untuk mengetahui bagaimana  prospek perusahaan tersebut.

Jika investor merasa cocok, maka perusahaan akan mendapatkan kucuran dana modal tambahan untuk mengembangkan perusahaan. Itulah mengapa membuat perencanaan bisnis sangat penting, terutama bagi pebisnis yang baru mulai merintis bisnisnya sehingga masih membutuhkan modal yang banyak.

  • Ide-Ide Bisnis Lebih Mudah Terealisasikan

Untuk mengembangkan sebuah bisnis, perencanaan jangka panjang menjadi penting sebagai acuan untuk merealisasikan ide-ide bisnis. Misalkan untuk menentukan apa yang akan diproduksi, siapa target pasarnya, serta bagaiman strategi marketing yang tepat. Biasanya jika tanpa perencanaan, maka ide-ide bisnis tersebut hanya akan menjadi sebatas pemikiran tanpa adanya tindakan.

Tahapan Membuat Perencanaan Bisnis yang Efektif

Dalam proses pembuatan rencana bisnis harus dilakukan secara tepat dan tidak asal-asalan agar bisa efektif. Dan berikut tahapan untuk membuat perencanaan bisnis yang efektif.

1. Melakukan Riset Mendalam

Tahapan pertama sebelum membuat rencana bisnis yaitu dengan melakukan berbagai riset untuk kemudian dianalisa.  Perusahaan menjadi tahu langkah apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana menjalankan bisnisnya dengan melakukan riset produk, pasar atau konsumen, dan pesaing.

Dengan riset yang mendalam, maka perusahaan bisa menganalisa apa saja yang dibutuhkan pasar saat ini dan peluang-peluang yang mungkin bisa dimanfaatkan. Dengan begitu, pebisnis mudah untuk menentukan rencana kerja serta tujuan bisnis yang dijalankan.

2. Memahami Bisnis Secara Detail 

Setiap pebisnis harus memahami bisnis yang akan dijalankannya. Seperti produk apa yang akan dijual dan yang melatarbelakangi, termasuk ke dalam jenis usaha apa serta seberapa besar potensi produk tersebut. Hal itu penting dilakukan karena akan sangat berkaitan untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil berikutnya. Tanpa pemahaman yang detail, akan sulit bagi pebisnis menyusun perencanaan dan berbagai strategi yang tepat untuk dijalankan.

3. Menentukan Target Atau Tujuan Bisnis 

Perencanaan bisnis yang efektif didasari oleh kejelasan dari target atau tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Pada umumnya, tujuan tersebut berkaitan dengan visi dan misi perusahaan. Maka, menentukan tujuan adalah hal penting sebagai tolak ukur perusahaan dalam membuat rencana kerja serta strategi yang tepat, yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

4. Memahami Manajemen Resiko

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tidak mungkin rasanya jika tanpa resiko sama sekali. Potensi kerugian bisa dialami oleh siapa saja, baik bisnis kecil maupun perusahaan-perusahaan besar. Untuk itu, setiap pelaku bisnis harus memahami manajemen resiko terlebih dahulu sebelum membuat perencanaan bisnis. Seperti memperhitungkan besarnya potensi kerugian yang bisa terjadi kedepannya dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kerugian itu.

Itulah tadi penjelasan mengenai manfaat membuat perencanaan bisnis (business plan) jangka panjang. Dan bagaimana tahapan membuat perencanaan yang efektif. Membuat perencanaan bisnis yang efektif untuk jangka panjang harus benar-benar dilakukan secara teliti. Sebab, perencanaan adalah langkah awal yang bisa digunakan sebagai acuan para pelaku bisnis untuk melangkah ke depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda !

Related Posts