Home Belanja Membeli Mobil Bekas, Simak 5 Tips Aman Bagi Pemula Disini!

Membeli Mobil Bekas, Simak 5 Tips Aman Bagi Pemula Disini!

by Lara Nifa
Membeli Mobil Bekas, Simak 5 Tips Aman Bagi Pemula Disini!

Saat ini membeli mobil bukan lagi kebutuhan tersier, karena di Indonesia banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobil untuk bepergian maupun melakukan aktivitas bisnis. Hal tersebut terjadi karena kultur masyarakat Indonesia yang lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi daripada kendaraan umum. Namun, tidak semua orang dapat membeli mobil impian mereka hingga pada akhirnya mereka membeli mobil bekas yang berkualitas. 

Mungkin di benak Anda akan timbul pertanyaan, apakah membeli mobil bekas terjamin? Tentunya saja aman, asalkan Anda memiliki pengetahuan yang cukup mumpuni tentang mobil bekas. Nah, untuk memperdalam wawasan Anda tentang mobil bekas, berikut adalah 5 tips aman bagi pemula dalam membeli mobil bekas.

5 Tips Aman Bagi Pemula Ketika Membeli Mobil Bekas

Tentunya, Anda tidak ingin membeli kucing dalam karung. Begitu juga, ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas, Anda harus memeriksa kondisi, komponen mobil dan dokumen sebelum membelinya. Berikut adalah 5 tips aman untuk membeli mobil bekas bagi pemula.

Cari Tahu Informasi Sebanyak Mungkin tentang Mobil Bekas

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membeli mobil bekas adalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang mobil bekas, Anda dapat mencari informasi secara offline maupun online. Mendapatkan informasi secara offline dapat dilakukan dengan cara bertanya kepada orang yang memiliki pengetahuan tentang mobil bekas. 

Sementara, untuk informasi secara online, Anda dapat mengunjungi alamat website terpercaya tentang mobil bekas, seperti otosia, otomonesia, OLX, mobil123 atau website lainnya. Kesimpulannya, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya supaya Anda tidak salah pilih mobil bekas.

Tentukan Jenis Mobil yang Anda Inginkan Supaya Tidak Mudah Tergiur Rayuan Penjual

Membeli mobil bekas memang banyak pilihannya. Oleh karenanya, sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya Anda tentukan jenis mobil yang Anda inginkan. Hal tersebut untuk menghindari kebingungan saat membeli mobil bekas. 

Selain itu, Anda tidak mudah tertipu dan tergiur rayuan penjual karena Anda telah menetapkan pilihan. Perlu diingat, jangan mudah tergiur dengan tawaran mobil bekas yang dijual dengan harga murah. Biasanya harga jual mobil cenderung murah bertujuan untuk menarik customer. Namun, belum ada jaminan bahwa  kondisi mobil bagus dan terawat.

Pastikan Tempat Anda Membeli Mobil dapat Dipercaya

Tempat Anda membeli mobil bekas adalah tempat yang menentukan apakah mobil bekas yang Anda beli berkualitas atau tidak. Dalam memilih tempat, pastikan tempat yang Anda pilih adalah tempat yang terpercaya. 

Hal tersebut untuk berjaga-jaga jika suatu hari nanti ada masalah dengan kondisi mobil. Jadi,  Anda dapat meminta pertanggungjawabannya. Hindari membeli mobil di tempat yang meragukan karena bisa jadi itu penipuan.

Dianjurkan Membeli Mobil Bekas dari Orang Pertama

Membeli mobil bekas itu memang gampang-gampang susah. Namun, membeli mobil bekas dari orang pertama adalah solusi yang bagus, mengapa? Karena membeli mobil bekas dari orang pertama dipastikan bahwa kondisi mobil bagus. Selain itu, Anda dapat menanyakan histori mobil secara detail.

Teliti Kondisi Mobil dan Kelengkapan Dokumennya

Teliti kondisi mobil dengan baik, dari interior mobil, eksterior mobil sampai dengan performa mesin mobil. Jangan lupa untuk melakukan test drive. Semua itu perlu dilakukan untuk menghindari penipuan.

Selain itu, periksa kelengkapan dokumen mobil. Jangan sampai Anda tertipu dengan dokumen palsu akibat dari mobil bekas hasil curian. Nah, untuk menghindari hal tersebut teliti kelengkapan dokumen mobil dengan baik, pastikan kebenaran dan keaslian BPKB dan STNK dengan cara cek di Kantor Samsat.

Beberapa Komponen yang Harus Diperiksa Ketika Membeli Mobil Bekas

Perlu Anda ingat, jangan lupa untuk memeriksa beberapa komponen mobil ketika membeli mobil bekas. Adapun komponen mobil bekas yang harus Anda periksa sebelum membelinya adalah sebagai berikut.

  1. Periksa body mobil, pastikan body mobil dalam kondisi original. Artinya, mobil tidak dalam kondisi modifikasi, seperti: warna dan struktur mobil.
  2. Cek mesin mobil, pastikan mesin mobil terawat dan tidak dimodifikasi. Untuk cek mesin mobil ini, Anda dapat membuka kap mesinnya. Tanyakan juga performa mesin masih berfungsi dengan baik atau tidak.
  3. Pastikan kondisi aki dan cairan mobil tidak rusak. Perlu diingat, aki merupakan komponen penting mobil dalam menyuplai daya listrik.
  4. Periksa ban mobil, cek ban mobil dengan baik.
  5. Cek kampas rem mobil masih berfungsi dengan baik atau tidak. 
  6. Periksa interior dan aksesoris mobil, seperti: AC, switch lampu dalam mobil, sistem audio, jok mobil depan dan belakang, dashboard mobil, plafon hingga sabuk pengaman. 

Tersebut adalah 5 tips membeli mobil bekas yang aman bagi pemula. Namun, di luar dari 5 tips tersebut, Anda harus tetap berhati-hati. Teliti sebelum membeli dan utamakan kualitas mobil yang akan Anda beli. Semoga tips tersebut dapat membantu meyakinkan Anda dalam membeli mobil bekas yang berkualitas.

Related Posts