Home Perencanaan Membangun Brand Awareness yang Harus Dijalankan

Membangun Brand Awareness yang Harus Dijalankan

by Lara Nifa

Saat ini mebangun Brand Awarness sangat penting bagi suatu merek untuk upaya meningkatkan penjualan. Masyarakat akan sangat mengingat suatu brand kalau sesuatu dalam brand itu mudah di sebut ataupun diingat. Maka agar suatu brand memiliki kesempatan untuk mudah diingat orang, harus menjalankan langkah yang tepat untuk membangun brand awareness. 

Nah, sebagai pemilik brand, kamu tentunya ingin produk yang kamu miliki dikenal oleh banyak orang. Membuat masyarakat mudah mengingat produk yang kamu miliki dan meningkatkan penjualan. Maka kamu harus mengetahui bagaimana cara membangun brand awareness untuk menjalankan brand agar lebih banyak dikenal orang. 

Membuat Logo Produk Brand yang Menarik

Suatu produk yang dijual di pasaran pasti identik dengan logo yang terdapat dalam kemasannya. Logo adalah hal yang paling pertama dilihat oleh banyak orang baik pada kemasan, brosur, poster atau apapun yang berkaitan dengan produk. Logo yang harus dilihat banyak orang ini sangat penting untuk membuat terkesan sehingga mudah diingat bentuk atau warnanya. Karena logo sangat melekat pada suatu brand jadi harus dibuat dengan serius. 

Maka dari itu, logo pada produk yang dimiliki oleh suatu brand harus dibuat semenarik mungkin. Agar dapat membuat siapa saja terkesan dengan hanya melihat logo saja. Sehingga logo  yang menarik ini melekat pada setiap produk. Kamu bisa melihat contoh logo seperti brand sepatu nike berbentuk centang, logo brand handphone apple seperti apel ataupun logo brand susu dengan logo bendera yang dijadikan merek dari susu bendera. 

Membuat Nama Produk Brand yang Simpel

Setelah logo, hal yang paling melekat pada produk sebuah brand adalah nama dari produk itu sendiri. Nama produk harus dibuat sesimpel mungkin agar setiap orang yang menyebutkan namanya tidak sulit dan tidak ribet. Selain memudahkan untuk disebutkan atau dibaca, nama yang simpel ini akan membuat orang mudah untuk diingat. Nama yang simpel juga bisa menghindari dari kemungkinan salah menulis nama produk dalam sebuah brand. 

Cobalah untuk membuat nama pada produk brand tidak melebihi dua kata. Karena kalau kepanjangan malah susah untuk diingat. Biasanya satu kata saja yang mudah di ingat oleh orang. Contoh nama yang simpel misalnya seperti merek sabun mandi giv, merek televisi LG atau merek baju uniqlo. Atau jika menggunakan nama dengan dua kata bisa disingkat. 

Membuat Tagline Produk Brand yang Menarik

Selanjutnya untuk membangun brand awareness yang baik, kamu bisa membuat tagline pada produk brand yang menarik. Tagline ini biasanya akan tercantum di kemasan bagian depan sebagai ciri khas dari produk tersebut. Selain itu tagline sangat penting untuk mendeskripsikan produk. Sehingga orang-orang bisa tertarik dengan hanya mengetahui tagline nya saja. 

Contoh tagline yang saat ini mudah untuk diingat karena menarik misalnya seperti:

  • Brand produk Tango: Berapa lapis? Ratusan.
  • Brand produk Yamaha: Selalu di depan. 
  • Brand produk Indomie: Seleraku! 

Menggunakan Sosial Media Untuk Promosi

Untuk memudahkan mengenalkan produk brand yang kamu punya, kamu bisa menggunakan sosial media untuk mempromosikan produk kamu. Saat ini karena teknologi semakin cepat, orang-orang menggunakan sosial media untuk mengakses segala suatu hal. Maka kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan melalui sosial media yang sering dipakai yaitu instagram, twitter, Facebook ataupun website. 

Menggunakan Artis atau Influencer untuk Menjadi Ambassador

Untuk meningkatkan brand awareness agar lebih mudah lagi diingat masyarakat, kamu bisa menggunakan artis atau influencer untuk menjadi brand ambassador. Sehingga orang-orang setiap mengingat brand dengan brand ambassador yang digunakan untuk brand. Contohnya mie Sedaap di ingat karena brand ambassador nya artis Korea yaitu Siwon. 

Berkolaborasi Dengan Brand Lain yang Terkenal

Langkah yang terakhir bisa kamu pakai untuk membangun brand awareness adalah dengan berkolaborasi dengan brand lain yang terkenal. Cara ini cukup ampuh karena kolaborasi akan menguntungkan kedua belah pihak yang berkaitan. Biasanya brand yang sudah terkenal lebih dulu akan membuat produk yang kamu miliki ikutan terkenal dan mudah di ingat oleh orang. 

Brand yang saat ini melakukan kolaborasi yaitu seperti es krim walls dengan silverqueen, oreo ataupun kitkat. Selanjutnya merek terkenal seperti oreo dengan supreme, ritz dan berbagai lainnya. Beberapa brand ini sukses berkolaborasi karena menarik masyarakat untuk mencoba produknya. 

Untuk membangun brand awareness bukan suatu hal yang instan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Membuat banyak orang mengenali brand yang kamu miliki harus dengan kesabaran. Karena tidak semua orang mudah ingat dengan suatu brand. Maka membangun brand awareness harus dijalani dengan cara-cara yang tepat. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu membangun brand awareness. 

Related Posts