Home Bisnis dan Usaha Memaksimalkan Iklan Digital Untuk Bisnis

Memaksimalkan Iklan Digital Untuk Bisnis

by Lara Nifa

Strategi marketing adalah hal yang sangat vital untuk setiap perusahaan. Karena bisa  menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan brand dan juga penjualan produk. Itulah sebabnya, strategi marketing harus ada di dalam proses berjalannya suatu bisnis.

Dan salah satu strategi marketing yang terbukti efektif untuk diterapkan di zaman yang sudah modern ini adalah iklan digital. Penerapan digital pada kegiatan promosi memang sangat berpengaruh untuk memajukan suatu bisnis. Para pengusaha akan sangat terbantu dengan adanya iklan digital yang kini semakin marak digunakan.

Meskipun hampir semua pengusaha memasarkan produknya secara online tetapi masih banyak yang tidak bisa mengoptimalkannya. Maka dari itu, kami akan membahasnya di artikel ini. Dan berikut beberapa cara untuk memaksimalkan iklan digital untuk bisnis Anda.

  • Tentukan Media Iklan Digital

Sebelum memulai mempromosikan produk melalui iklan digital, tentukan terlebih dahulu media yang akan digunakan. Anda bisa menentukannya dengan melihat siapa targetnya, budget promosi yang dimiliki, dan konten iklan yang akan dibuat. Terdapat tiga media iklan digital yang paling sering digunakan untuk berbisnis, antara lain adalah :

Instagram Ads

Siapa pun pasti sangat familiar dengan media sosial seperti Instagram. Media yang digunakan untuk berbagi foto dan stories ini belum lama meluncurkan fitur terbarunya yakni Instagram Ads. Dalam fiturnya, Anda bisa memasarkan produk berdasarkan audiens tertentu. Misalkan sesuai usia, gender, lokasi berdasarkan wilayah maupun lokal dengan jarak radius kilometer, dan minat.

Cara kerjanya yaitu dengan memonetisasi konten yang Anda buat berupa foto dan video yang diunggah melalui stories maupun feed. Media ini bisa dijadikan Anda pilihan untuk beriklan karena penggunaannya di tengah masyarakat yang semakin meningkat.

Facebook Ads

Media iklan digital lainnya yaitu Facebook ads, yang penggunaannya dibantu oleh Facebook Ads Manager. Dengan media ini Anda bisa menyesuaikan target audiens berdasarkan kriteria perilaku, minat, gender, lokasi dan usia. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis iklan sesuai dengan budget dan kebutuhan atau tujuan bisnis Anda yaitu Awareness, Consideration, serta Conversion.

Google Ads

Jenis iklan digital yang satu ini tidak seperti dua media sebelumnya. Karena Anda bisa menjangkau pasar yang luas hanya berdasarkan keyword atau kata kunci yang Anda tentukan. Jadi, bisnis yang diiklankan akan muncul di halaman pencarian Google.

Konsumen akan mengetikan kata kunci tertentu sesuai dengan produk yang ingin dicari. Jika  Anda menggunakan kata kunci yang tepat, maka produk Anda kemungkinan besar akan muncul paling teratas di halaman pencarian.

  • Rutin Membuat Konten Menarik

Konten adalah salah satu cara Anda berinteraksi dengan para konsumen. Untuk itu, buatlah konten menarik secara rutin. Bentuknya bisa bermacam-macam, misalkan dengan memadukan foto, video dan animasi menjadi satu.

Dan untuk temanya, Anda bisa mengangkat isu-isu sosial yang sedang happening dan dikaitkan dengan produk bisnis Anda. Selain isi kontennya, tampilan juga harus diperhatikan agar terlihat menarik. Anda harus selalu melihat trend yang ada untuk menentukan desain yang tepat serta lebih kekinian.

Konten yang dibuat bisa ditampilkan melalui website bisnis Anda atau media sosial. Dengan cara ini, semakin banyak audiens baru yang akan mengetahui produk Anda.

  • Mengoptimalkan SEO dan SEM

Jika berbicara mengenai iklan digital, maka tidak jauh-jauh dari istilah SEO atau Search Engine Optimization dan SEM Search Engine Marketing. Keduanya merupakan cara yang digunakan untuk meningkatkan traffic pengunjung. Peningkatan jumlah pengunjung pada website bisnis Anda, bisa menjadikan website tersebut di posisi paling atas pada halaman pencarian.

Optimalkan kedua metode ini dengan cara memaksimalkan konten serta tampilan website bisnis Anda. Selain itu, memaksimalkan SEO dan SEM bisa dilakukan melalui tautan atau link yang tertera di website. Dengan begitu, akan semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website tersebut.

Website yang terus dioptimalkan dengan mengunggah secara rutin pada mesin pencarian seperti Google, maka sistem algoritma akan bekerja sehingga website bisnis Anda semakin dikenal oleh Google.

  • Manfaatkan Tools Analytics untuk Evaluasi 

Jangan hanya fokus pada kegiatan promosinya, namun juga pada evaluasi kinerja marketing yang sudah dilakukan. Kini, Anda bisa dengan mudah melihat performa iklan dan menganalisa seberapa besar dampak yang ditimbulkan dari iklan digital.

Anda cukup memanfaatkan fitur tools analytics yang tersedia pada media iklan digital. Adapun macamnya yaitu Instagram Insight, Facebook Ads Manager, dan Google Analytics. Penggunaan tool tersebut bisa membantu Anda mengevaluasi atas konten yang sudah dibuat, apakah efektif dan sesuai target atau belum.

Itulah tadi beberapa cara yang efektif untuk memaksimalkan iklan digital. Jika memungkinkan, gunakan semua media iklan digital yang ada agar jangakuan konsumennya jauh lebih luas. 

Related Posts