Home Administrasi Memahami Pengenaan, Perhitungan, dan Cara Cek Tagihan PBB secara mudah

Memahami Pengenaan, Perhitungan, dan Cara Cek Tagihan PBB secara mudah

by Greg Pascal
pajak bumi dan bangunan

Pajak bumi dan bangunan menjadi pajak yang harus dibayarkan oleh setiap pemilik tanah secara resmi di indonesia kepada negara. Besarnya pajak yang harus ditanggung dihitung dari harga beli tanah tersebut. Sehingga lama pembelian tanah serta wilayah tanah tersebut berada mempengaruhi jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Begitu juga apabila tanah tersebut dibangun rumah mewah atau apartemen maka perhitungan pajak yang dikenakan akan berbeda. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan pajak daerah kepada masyarakat menjadi adil. Di mana mereka yang memiliki tanah yang luas akan membayar harga pajak yang lebih tinggi, begitu juga jika di atas tanah tersebut dibangun hotel rumah mewah atau apartemen mewah maka penggunaan pajak bangunan akan lebih tinggi daripada dibangun jenis bangunan lainnya.

Dasar pengenaan pajak

Dasar pengenaan dari pajak PBB ini dihitung dari nilai jual objek pajak (NJOP). NJOP sendiri merupakan harga rata-rata dari jual beli tanah dan bangunan di tempat tersebut. Nilai NJOP semakin tahun akan semakin meningkat mengikuti harga tanah. Dan yang menerapkan nilai NJOP sendiri adalah Kementerian Keuangan. 

Kementerian keuangan menetapkan NJOP dengan beberapa pertimbangan, berikut yang menjadi bahan pertimbangan NJOP untuk bumi

1. Letak

Jika kondisi geografis dari tanah tersebut berada di wilayah perkotaan harganya cenderung lebih mahal jika dibandingkan di daerah desa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti strategisnya tanah, tingkat perekonomian masyarakat, gaya hidup masyarakat, dan sebagainya sehingga tidak membebani masyarakat itu sendiri.

2. Pemanfaatan

Tanah yang memiliki manfaat lebih dan menimbulkan nilai ekonomi, harga yang ditawarkan akan cenderung lebih tinggi. 

3. Peruntukan

Tanah jika diperuntukan untuk sawah memiliki NJOP yang lebih murah jika dibandingkan dengan tanah kavling. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak membebani para petani dan tanah produktif tersebut memberikan manfaat yang lebih sehingga menurunkan harga pajak. 

pajak bumi dan bangunan

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Kondisi lingkungan

Tanah di kota yang sama, namun yang satu di lingkungan elite dan yang satu tidak maka NJOP yang dikenakan juga berbeda. Begitu juga dengan yang terjadi jika wilayah tanah bergerak dan tidak meski berdekatan harganya akan berbeda.

Sedangkan untuk ketetapan NJOP bagi bangunan sendiri memiliki standar tertentu, berikut daftarnya

1. Bahan yang digunakan dalam bangunan

Semakin bagus bahan yang digunakan untuk pembuatan rumah hal tersebut akan mempengaruhi nilai mengenakan pajak otomatis akan lebih tinggi, karena pada dasarnya standar ini hampir sama dengan standar yang ditetapkan saat melaksanakan jual beli rumah tersebut.

2. Rekayasa

Model bangunan dan keunikan bangunan juga mempengaruhi pajak bumi bangunan yang cukup bervariasi ini.

3. Letak

Semakin strategis rumah tersebut seperti misalnya terletak di pinggir jalan utama atau dekat dengan kantor pemerintahan maka harga yang ditawarkan akan semakin tinggi begitu juga dengan pajak yang harus dibayarkan.

4. Kondisi lingkungan

Lingkungan yang bagus menurut tatanan sosial justru tidak selalu memiliki harga yang tinggi. Pengenaan pajak dengan kondisi lingkungan elite lah yang biasanya berkali-kali lipat dari tempat lain. 

Menghitung Pengenaan PBB

Jika anda penasaran dengan asal total tagihan PBB yang ada, anda bisa menghitung sendiri dengan menggunakan tarif yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dasar menghitung PBB adalah dengan nilai jual kena pajak (NJKP) di kalikan 0,5%. Sedangkan untuk menghitung NJKP adalah dengan mengalikan NJOP dengan tarif 20%. Jadi perhitungan singkatnya NJOP × 20% × 0,5%.

Contohnya, Ibu A memiliki sebidang tanah dengan nilai NJOP Rp 100.000.000,- maka cara menghitung jumlah PBB yang dikenakan adalah Rp 100.000.000,- × 20% × 0,5% = Rp 100.000,-. Jadi ibu A harus membayar pajak tahunan untuk tanahnya tersebut senilai Rp 100.000,-.

Memeriksa Tagihan Secara Online

Jika anda ingin sederhana dan tidak mau menghitung anda bisa langsung mengecek jumlah PBB yang terutang pada aplikasi cek PBB online bagi mereka yang tinggal di beberapa kota besar di Indonesia. Bagi wilayah lain yang belum terdapat aplikasi serupa, biasanya setiap bulan pembayaran pajak akan diberikan oleh kepala RT, RW, atau kelurahan setempat dan kepada mereka pula masyarakatnya dapat menitipkan pembayaran PBB yang terutang. 

Untuk aplikasi cek PBB online biasanya diharuskan untuk memasukkan nomor objek pajak selain itu ada juga yang mengharuskan memasukkan nama wajib pajak. Dan kedua hal tersebut dapat ditemukan di sertifikat yang anda miliki atau stroke pembayaran pajak di tahun sebelumnya.

Membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap masyarakat di suatu negara. Jika anda tinggal di Indonesia, maka taati juga pajak yang berlaku. Termasuk membayar pajak bumi dan bangunan tepat waktu. Karena uang pajak juga yang digunakan untuk memberikan fasilitas bagi yang membutuhkan. Memenuhi kewajiban terlebih dahulu sebelum meminta hak memang sangat penting untuk selalu dijalankan, jangan sampai justru ingin menang sendiri dan meminta sebaliknya. 

Related Posts