Home Perencanaan Melihat Biaya Melanjutkan Program Magister di Universitas Besar Indonesia

Melihat Biaya Melanjutkan Program Magister di Universitas Besar Indonesia

by Lara Nifa
Melihat Biaya Melanjutkan Program Magister di Universitas Besar Indonesia

Untuk Anda yang sedang merencanakan biaya pendidikan, khususnya melanjutkan pendidikan S2 atau program pascasarjana. Pengeluaran biaya yang harus Anda habiskan memang tidak murah, apalagi semuanya ditanggung oleh dana pribadi. Tentunya ada banyak perhitungan dan pertimbangan yang harus Anda lakukan, sebelum memutuskan terjun ambil program magister. 

Di Indonesia ada banyak beberapa universitas yang menawarkan program S2, baik itu kampus swasta dan negeri. Ada beberapa biaya yang harus Anda lihat, mulai dari biaya pendaftaran, biaya ujian masuk, biaya uang pangkal, biaya semester, dan lainnya. Jika Anda tertarik melanjutkan pendidikan S2, kami menyediakan beberapa pilihan kampus dan biayanya. 

Pilihan Universitas S2 dan Biaya Pendidikan 

Ada beberapa pilihan universitas untuk Anda yang ingin melanjutkan S2 di beberapa kampus besar dan ternama di Indonesia. Berikut ini kami akan memberikan beberapa penjelasannya secara lengkap, simak selengkapnya. 

Melanjutkan Pendidikan S2 di UI

Apabila melihat informasi dari situs resmi Universitas Indonesia (UI) menjelaskan apabila untuk melanjutkan program master atau magister tersebut secara menyeluruh. Ada beberapa biaya yang harus Anda persiapkan, mulai dari biaya operasional terkait pendidikan (BOP), Uang Pangkal (UP). mengenai BOP sendiri dibayarkan setiap semester. 

Lalu, untuk pembayaran terkait uang pangkal (UP) akan dibayarkan pada semester pertama saja. Jika Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia ada tiga program yang akan diberikan, mulai dari program reguler, khusus, dan warga negara asing. Tentunya mengenai biaya pendidikannya berbeda-beda antara satu sama lainnya. 

Untuk masing-masing beberapa programnya sendiri ada beberapa penawaran yang akan diberikan, tentunya Anda harus memahaminya. Untuk program reguler, BOP sekitar 11 juta sampai 24 juta rupiah dan UP nya sendiri antara 6 juta sampai 17 juta rupiah. Untuk program khusus, BOP nya antara 13-45 juta rupiah dan UP sekitar 7-35 juta rupiah. 

Selanjutnya untuk program WNA sendiri harga yang diberikan memang sedikit lebih mahal, biaya BOP nya saja 33 juta sampai 47 juta rupiah dan UP nya saja 14 juta sampai 68 juta rupiah. Nah, semuanya biaya di atas didasarkan pada beberapa fakultas yang tersedia, karena terdapat beberapa perbedaan harganya. 

Melanjutkan Pendidikan S2 di UGM 

Universitas Gadjah Mada terletak di Kota Yogyakarta, termasuk salah satu universitas favorit untuk melanjutkan program pendidikan S2. jika Anda tertarik untuk melangsungkan pendidikan magister tersebut bisa langsung melihat situs resminya tersebut. Dengan demikian, pastikan Anda memperhatikannya berdasarkan dari biaya yang dimiliki. 

Terdapat 8 fakultas yang menawarkan untuk melanjutkan pendidikan S2 di UGM, mulai dari Fakultas Biologi, Filsafat, Ekonomika dan Bisnis, Geografi, Farmasi, Hukum, Ilmu Budaya, dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Terkait biayanya sendiri berbeda-beda, tergantung dari fakultas yang diambil untuk melanjutkan program pendidikan S2 tersebut. 

Harga yang paling murah untuk Anda yang ingin mengambil Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, karena sekitar biaya yang harus dihabiskan dari 8,5 juta sampai 12,5 juta rupiah. Selanjutnya untuk Anda yang ingin ambil Fakultas Farmasi, maka biaya yang harus Anda habiskan sekitar 15 – 17 juta rupiah. 

Melanjutkan Pendidikan S2  di Unpad

Apabila Anda ingin melanjutkan pendidikan S2 ke Bandung, mungkin Anda bisa langsung memilih Universitas Padjadjaran. Kampus yang sudah ada sejaka tahun 1959 ini telah memiliki sekitar 19 program studi yang ada. Terdapat ada 2 program studi dan 5 program profesi yang ada untuk memenuhi kebutuhan pendidikan Anda tersebut. 

Biaya pendidikan reguler pada program magister tersebut ada beberapa penawaran harga yang harus Anda lihat dan perhitungkan. Untuk biaya pendidikan di 8 fakultas yang ada, biaya yang harus Anda habiskan sekitar 7 juta rupiah sampai 16 juta rupiah. Semuanya disesuaikan dengan program studi dan fakultas yang dipilih. 

Beberapa fakultas yang diberikan, mulai dari Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi. Semua beberapa fakultas tersebut bisa disesuaikan dengan minat dan kebutuhan yang diinginkan.

Melanjutkan Pendidikan S2 di ITB

Siapa yang tidak mengenal Institut Teknologi Bandung? Salah satu universitas terbesar dan terbaik di Indonesia. Tidak mengherankan banyak orang yang ingin dan tertarik untuk melanjutkan pendidikannya pada kampus ITB tersebut. Mengenai beberapa biaya semesternya tersebut disesuaikan dengan ketentuan tahun ajaran yang ada. 

Semuanya disesuaikan dan ditentukan dari kelas Indonesia, Reguler, Non Reguler, dan Internasional. Mengenai biayanya sendiri ada beberapa ketentuan, yaitu sekitar 13,5 juta rupiah sampai 41 juta rupiah. Apabila Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan tersebut, pastikan Anda memahaminya secara menyeluruh. Karena setelah Anda memahami seluruhnya, maka Anda bisa melakukan persaiapan dengan lebih matang, termasuk dalam urusan biaya ini.

Untuk Anda yang ingin melanjutkan studi S2, perhatikan terlebih dahulu mengenai biaya dan ketentuan yang harus dilakukan. 

Related Posts